(SALAH): Inilah Presiden Jokowi Tidur di Pengungsian Selama di Lombok

Debunk ini berisi Informasi dari sebuah foto yang beredar melalui pesan berantai whatsapp yang menyebut bahwa selama di Lombok Presiden Jokowi tidur di pengungsian menggunakan sleeping bag. Namun setelah ditelusuri menggunakan google search image, pria yang tidur itu adalah Ganjar Pranowo yang kini menjadi Gubernur Jawa Tengah.

======

(KATEGORI): DISINFORMASI

======

(SUMBER): MEDIA SOSIAL

======

(NARASI):

Inilah Presiden Jokowi tdr di pengungsian selama di Lombok, bangga sekali memiliki pemimpin seperti ini yang tdk ada 2nya, semua yang dikerjakan berhasil, jerih lelahmu tdk sia-sia pak semua Tuhan perhitungkan, kami rakyatmu berdoa agar selalu diberi kesehatan.

======

(PENJELASAN):

Belum lama ini, beredar sebuah foto lewat pesan berantai aplikasi chatting whatsapp. Dalam foto tersebut terlihat seorang pria yang diklaim sebagai Jokowi yang sedang tertidur menggunakan sleeping bag di tempat pengungsian selama berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dalam pesan tersebut disebutkan bahwa “inilah Presiden Jokowi tidur di pengungsian selama di Lombok”. Namun, setelah di telusuri menggunakan google search image ternyata pria yang sedang tidur di sebuah pengungsian adalah Ganjar Pranowo yang saat itu sedang menjadi relawan bencana di Lombok.

Artikel yang memuat foto tersebut adalah tribunnews.com yang berjudul “Pelantikan Gubernur Diajukan, Ganjar Pranowo Terpaksa Persingkat Aksinya Jadi Relawan Lombok”.

Artikel yang terbit pada 3 september 2019 tersebut berisi Ganjar Pranowo mempersingkat jadwalnya sebagai relawan bencana di Lombok, NTB, menjadi dua hari.

Hal itu dilakukannya menyusul menerima kabar pelantikan gubernur terpilih diajukan pada 5 September 2018. Senin (3/9/2018) siang ini Gubernur Jateng terpilih tersebut bakal langsung terbang ke Semarang.

Ganjar Pranowo dijadwalkan menjalani relawan bencana Lombok selama tiga hari, dari Minggu (2/9/2018) sampai Selasa (4/9/2018).

(KESIMPULAN):

Foto pria yang beredar di grup Whatsapp tersebut bukanlah Presiden Jokowi seperti yang diklaim, melainkan adalah Gubernur Jawa tengah Terpilih Ganjar Pranowo.

======

REFERENSI:

http://jateng.tribunnews.com/2018/09/03/pelantikan-gubernur-diajukan-ganjar-pranowo-terpaksa-persingkat-aksinya-jadi-relawan-di-lombok