[SALAH] PLTU Paiton Meledak

Kabar yang menyebutkan listrik padam di wilayah Probolinggo dan sekitarnya akibat meledaknya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton merupakan informasi yang tidak benar. Dilansir dari timesindonesia.co.id dan wartabromo.com, Sukirman Hadi Prayitno selaku Supervisor Umum dan CSR PT. Pembangkit Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkit (UP) Paiton menegaskan, gangguan listrik yang terjadi bukan disebabkan meledaknya PLTU Paiton. Atas gangguan itu, lanjut Sukirman, suplai listrik menjadi tidak maksimal. “Gak ada, hoaks itu. Ngawur itu. Seluruh sistem Jawa Bali yang gangguan. Lebih detailnya PLN APP Probolinggo yang lebih paham,” tegasnya.

 

=====

 

Kategori: Disinformasi

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Facebook

 

https://www.facebook.com/andik.jhubegh/posts/1554909167987885?__tn__=-R

 

=====

 

Narasi:

 

PLTU paiton meledak …

Mati lampu serentak sejawa timur 😲😡

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Padamnya listrik di wilayah Probolinggo dan sekitarnya memunculkan desas-desus di kalangan warganet. Desas-desus yang kemudian santer ialah kabar bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur telah meledak. Menanggapi hal tersebut, pihak PLTU Paiton pun membantah kabar tersebut.

 

Dilansir dari timesindonesia.co.id dan wartabromo.com, Sukirman Hadi Prayitno selaku Supervisor Umum dan CSR PT. Pembangkit Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkit (UP) Paiton menegaskan, gangguan listrik yang terjadi bukan disebabkan meledaknya PLTU Paiton. Atas gangguan itu, lanjut Sukirman, suplai listrik menjadi tidak maksimal.

 

“Gangguan di sistem transmisi itu, yang menyebabkan listrik mati. Semua PLTU yang gangguan, ini kita di PJB sudah bisa masuk sistem, lagi pemulihan,” ujarnya.

 

Sukirman juga menegaskan, tidak ada bagian di pembangkit listrik Paiton yang meledak. “Gak ada, hoaks itu. Ngawur itu. Seluruh sistem Jawa Bali yang gangguan. Lebih detailnya PLN APP Probolinggo yang lebih paham,” tegas Sukirman.

 

Senada dengan Sukirman, dilansir dari liputan6.com dan cnnindonesia.com, Manajer Teknis PLN Rayon Probolinggo Kadek Adi Dwi Purwaka menyatakan bahwa padamnya listrik di wilayah Probolinggo dan sekitarnya disebabkan adanya gangguan transmisi.

 

Untuk menghindari terjadinya pemadaman listrik total (blackout) se-Jawa-Bali karena suplai 70 KV mengalami gangguan, Kadek mengatakan, PT. PLN (Persero) melakukan sejumlah pemadaman di daerah Jawa Timur dan Bali.

 

“Saat ini padamnya listrik dikarenakan gangguan transmisi. Akibatnya tak hanya Probolinggo, beberapa kota lain juga padam,” katanya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.timesindonesia.co.id/read/182087/20180905/194647/hoaks-pltu-paiton-meledak/

http://www.wartabromo.com/2018/09/05/netizen-sebut-pembangkit-meledak-pltu-paiton-gak-ada-hoax-itu/

https://www.liputan6.com/regional/read/3637493/penyebab-gangguan-di-pltu-paiton-hingga-bikin-bali-padam-listrik-total

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180905182510-20-327947/pltu-paiton-alami-gangguan-sebagian-jawa-dan-bali-mati-lampu

https://kumparan.com/wartabromo/pltu-paiton-terganggu-listrik-jatim-bali-padam-1536137982005218842