(BENAR) Pertamina dan Pemerintah Kalrifikasi Isu BBM Naik Malam Ini

Foto: Kumparan.com

Debunk ini berisi iKlarifikasi dari pertamina selalu pemasok bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia. Menurut President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito, Harga BBM Pertamina masih tetap dan belum ada rencana penyesuaian harga. Disisi lain, Menteri ESDM Ignasius Jonan juga menegaskan tidak akan mengerek harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar, minyak tanah dan BBM penugasan jenis Premium.

======

(KATEGORI): KLARIFIKASI

======

(SUMBER): MEDIA DARING

======

(NARASI):

Beredar isu di media sosial secara berantai tentang rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) cukup meresahkan masyarakat.

Dalam pesan berantai melalui WA tertulis malam ini ada kenaikan harga BBM, yaitu premium Rp 9.500 per liter, pertalite Rp 11.000 per liter dan Pertamax Rp 14.000 per liter.

Berdasar rilis di laman www.pertamina.com tanggal 5 September 2018, PT Pertamina menegaskan harga BBM di SPBU Pertamina tidak mengalami penyesuaian.

“Harga BBM Pertamina masih tetap dan belum ada rencana penyesuaian harga,” tegas Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, Rabu (5/9/2018).

Sebagai salah satu badan usaha hilir migas, Pertamina akan terus memantau kondisi nilai tukar rupiah ini.

Adiatma mengatakan, Pertamina tetap mampu menjaga penyediaan dan melayani kebutuhan BBM di masyarakat.

Selaku Badan Usaha, Pertamina akan melaporkan setiap perubahan harga BBM kepada Pemerintah cq Menteri ESDM, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 tahun 2018 tentang perhitungan harga jual eceran BBM.

“Pertamina patuh pada aturan Pemerintah bahwa setiap penyesuaian harga harus dilaporkan dahulu,” jelas Adiatma.

Sementara itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan tidak akan mengerek harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar, minyak tanah dan BBM penugasan jenis Premium.

“Pemerintah tidak merencanakan kenaikan harga BBM dalam waktu dekat,” ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam konferensi pers di kantor Kementerian ESDM, Selasa (4/9) malam.

Alih-alih mengerek harga BBM, pemerintah ingin fokus menahan tekanan defisit transaksi berjalan. Misalnya, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menekan impor dan mendorong ekspor pada waktu bersamaan.

Patokan harga BBM per tanggal 4 September 2018 sebagai berikut (per liter).

Pertamax Rp 9.500
Pertamax Turbo Rp 10.700
Pertamax Dex Rp 10.500
Premium Rp 6.550
Pertalite Rp 7.800
Dexlite Rp 9.000
Bio Solar Rp 5.150

(sumber pertamina.com)

======

REFERENSI:

http://jateng.tribunnews.com/…/isu-harga-bbm-naik-signifika…

https://www.cnnindonesia.com/…/menteri-jonan-jamin-harga-bb…

https://www.idntimes.com/…/pt-pertamina-harga-bbm-tida…/full

https://www.pertamina.com/id/news-room/announcement/