[BENAR] “Anies Baswedan Bantah Tunjuk Sudirman Said jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta”

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membantah dirinya menunjuk atau memilih langsung mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said untuk menggantikan Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. “Tidak, saya ingin membantah yang ditulis itu. Kemarin saya sudah kirim teks langsung ke pemrednya karena yang ditulis di (salah satu media) sebagian itu fiktif,” ujar Anies, Selasa (4/9).

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Tidak, saya ingin membantah yang ditulis itu. Kemarin saya sudah kirim teks langsung ke pemrednya karena yang ditulis di (salah satu media) sebagian itu fiktif,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Selasa (4/9).

=====

Penjelasan:
Diinformasikan dari satu pemberitaan media daring bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memilih mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said untuk menggantikan Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Mengetahui hal tersebut, Anies menjelaskan yang dituliskan itu tidak sepenuhnya benar. “Tidak, saya ingin membantah yang ditulis itu. Kemarin saya sudah kirim teks langsung ke pemrednya karena yang ditulis di (salah satu media) sebagian itu fiktif,” ujar Anies, Selasa (4/9).

Anies yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa keputusan pergantian Sandiaga Uno yang akan bertarung di Pilpres 2019, berada ditangan partai pengusung yakni Gerindra dan PKS.

“Cek ke partai saja ya bukan ke saya karena pengusulannya di partai,” tegas Anies,

Seperti yang pernah disampaikan, Anies hanya ingin pendampingnya kelak sesuai dengan Undang-undang. Mengikuti ketentuan dan peraturan negara, selama memenuhi dirinya akan menerima.

“Merujuknya pada Undang-undang karena ini adalah sebuah posisi yang diaturnya pakai ketentuan pemerintah ketentuan negara. Selama sesuai dengan ketentuan negara maka sah secara proses,” pungkas Anies.

=====

Referensi:
1. https://www.jawapos.com/…/bantah-ss-jadi-wagub-dki-anies-it…
2. https://www.gatra.com/…/342078-Anies-Bantah-Sudirman-Said-J…
3. https://breakingnews.co.id/…/anies-bantah-tunjuk-sudirman-s…
4. http://news.metrotvnews.com/…/1bVGBXPk-anies-bantah-meminta…