(SALAH): Surat Panggilan Wawancara Calon Pegawai Bank Indonesia

Debunk ini berisi Informasi palsu perihal surat panggilan wawancara bagi calon karyawan Bank Indonesia (BI). Direktur Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan menegaskan bahwa surat tersebut palsu. Junanto meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus-modus seperti ini. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terkait janji-janji atau iming-iming dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

======

(KATEGORI): HOAKS

======

(SUMBER): MEDIA SOSIAL

======

(PENJELASAN):

Belum lama ini beredar di media sosial surat edaran yang mengatasnamakan Bank Indonesia (BI) yang berisi panggilan wawancara calon pegawai BI dapat dipastikan hoaks.

Surat yang beredar itu dilengkapi tanda tangan di atas materai yang mengatasnamakan Human Resources Development (HRD) BI, Rozik Boedioro Soetjipto.

Surat palsu ini disertai lampiran yang menyebutkan 20 nama calon pegawai yang dinyatakan lolos seleksi. Nama-nama tersebut diminta untuk hadir ke lokasi menggunakan agen travel yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Surat palsu tersebut bernomor 0318/HRD/BANKINDONESIA/III/2018. Hal dalam surat tertulis panggilan wawancara calon karyawan(i), dilengkapi keterangan terdapat tiga lampiran.

Direktur Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan menegaskan bahwa surat tersebut palsu. BI juga menyampaikan klarifikasi soal ini melalui akun resmi Twitter BI, @bank_indonesia.

Junanto mengatakan, pihak BI menerima laporan dari masyarakat terkait surat bodong tersebut.

“Masyarakat kan ada yang mengonfirmasi ke BI,” kata Junanto saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/9/2018).

Junanto meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus-modus seperti ini. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terkait janji-janji atau iming-iming dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Dalam perekrutan, BI sama sekali tidak memungut biaya apapun,” ujar Junanto.

Informasi resmi dari BI akan disampaikan melalui laman website BI, media sosial BI, atau masyarakat dapat mengonfirmasi ke kontak call center 131. Saat ini, BI memang tengah membuka ekrutmen pegawai baru pada 1-6 September 2018. Informasi seputar rekrutmen ini dapat diakses melalui laman https://pcpmbi.experd.com.

======

REFERENSI:

https://ekonomi.kompas.com/…/hoaks-surat-panggilan-wawancar…