[SALAH] “Maaf, foto ditutup sebagian karena dilarang memperlihatkan aurat”

Foto yang digunakan di gambar hasil tangkapan layar hasil suntingan oleh post sumber adalah foto tahun 2016, bukan foto sebenarnya yang digunakan oleh Liputan6. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2wjII7T, post oleh akun “Riza Iqbal” (facebook.com/riza.iqbal), sudah dibagikan 11 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“… Jangan ikuti orang2 pesimis yg meremehkan kemampuan atlet2nya. Mungkin bagi orang2 pesimis itu berjuang adalah menyingkirkan pesaing dengan volume kardus, bukan dengan prestasi.

Maaf, foto ditutup sebagian karena dilarang memperlihatkan aurat …”, selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

——

(2) Klarifikasi Sandiaga di 2016: “”Beberapa hari belakang banyak beredar foto saya yang disinyalir kurang bisa diterima oleh sebagian kalangan masyarakat. Oleh karena itu saya meminta maaf dari lubuk hati yang terdalam. Yang pertama, saya pakai celana dalam. Pastilah, nggak mungkin nggak pakai celana dalam. Kedua, celana ini adalah yoga pants hadiah ulang tahun dari istri saya dan biasanya saya pakai nggak ada masalah. Saya pernah pakai waktu umrah dan event-event lain, jadi mohon maaf,” ungkap Sandiaga.”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2PacJy8, KapanLagi: “Bikin Heboh Ada Yang ‘Menonjol’ di Celana, Sandiaga Uno Curhat

Jum’at, 26 Agustus 2016 10:18
Penulis: Arai Amelya

(foto)
Sandiaga Uno © Merdeka

Kapanlagi Plus – Dalam beberapa hari terakhir, nama Sandiaga Uno tengah jadi bahan perbincangan di kalangan netizens. Bukan karena aksi politik atau masalah bisnis, tapi karena sebuah foto yang mendadak viral. Dalam foto yang bikin gempar itu, pria berdarah Gorontalo ini dituding tidak mengenakan celana dalam. Wew, kok bisa sih?

Insiden yang jauh dari aroma politik ini bermula saat calon Gubernur DKI Jakarta dari partai Gerindra itu tengah melakukan kunjungan di sebuah lokasi. Bersama dengan tim sukses dan warga setempat, Sandiaga pun berfoto. Namun netizens yang memiliki pengamatan begitu jeli, melihat ada kejanggalan di foto Sandiaga. Di mana mereka menuding Sandiaga tak memakai celana dalam sehingga organ pribadinya menonjol.

(foto)
Inilah foto Sandiaga yang bikin heboh itu

Tak butuh waktu lama, netizens pun berdebat seru hingga membully Sandiaga di foto yang pertama kali dinggah oleh akun Facebook bernama Muhammad Fajar itu. Banyak netizens menyayangkan Sandiaga jika benar-benar tak memakai celana dalam sehingga bagian pribadinya jadi perbincangan. Meski begitu, ada juga netizens yang menyalahkan sang pengunggah foto karena bisa mempengaruhi perspektif orang yang membaca dan melihat foto itu hingga mempermalukan Sandiaga yang tak tahu apa-apa.

Tak tahan jadi perbincangan hal yang sedikit konyol, pria berusia 47 tahun itupun akhirnya memberi penjelasan resmi lewat video. Dalam video berdurasi satu menit itu, Sandiaga tampil bersama sang istri, Nur Asia. Dengan begitu bijaksana, mantan Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) ini pun curhat.

(video)

“Beberapa hari belakang banyak beredar foto saya yang disinyalir kurang bisa diterima oleh sebagian kalangan masyarakat. Oleh karena itu saya meminta maaf dari lubuk hati yang terdalam. Yang pertama, saya pakai celana dalam. Pastilah, nggak mungkin nggak pakai celana dalam. Kedua, celana ini adalah yoga pants hadiah ulang tahun dari istri saya dan biasanya saya pakai nggak ada masalah. Saya pernah pakai waktu umrah dan event-event lain, jadi mohon maaf,” ungkap Sandiaga.

Hmm, apakah menurutmu kali ini netizens cukup lebay?

(kpl/aia)

Editor: Arai Amelya”.

——

(2) [SALAH] Gambar hasil suntingan di berita “Sandiaga Tak Yakin Indonesia Raih Juara di Asian Games 2018”, post sebelumnya di http://bit.ly/2LuuJBa, menggunakan artikel yang sama.

——

(3) Narasi selengkapnya oleh post sumber: “ASIAN GAMES TERMEGAH UNTUK ATLET-ATLET TERBAIK

Sampai hari ini, atlet2 Indonesia sudah memperoleh 20 Medali Emas, 14 Medali Perak dan 27 Medali Perunggu. Inilah peraihan Medali terbaik Indonesia selama Indonesia mengikuti Asian Games sejak tahun 1951.

Sebelumnya banyak yg mengira bahwa pada Asian Games ke-4 tahun 1962 di Jakarta, Indonesia meraih 21 Emas, 26 Perak dan 30 Perunggu. Data tersebut berdasarkan sumber di Wikipedia. Data di Wikipedia tersebut juga mengutip dari data Olympic Council of Asia (OCA), badan resmi untuk olahraga tingkat Asia.

Namun di dokumen arsip nasional, tercantum jelas Indonesia berada di peringkat kedua dengan 11 Emas, 12 Perak dan 28 Perunggu. Associated Press juga menyebut bahwa Indonesia memperoleh 11 Medali Emas.

Ternyata informasi dari OCA selama ini memang keliru. Pada tanggal 27 Agustus 2018, situs resmi OCA merubah informasi soal medali emas Indonesia pada Asian Games 1962. Dari sebelumnya 21 Emas, menjadi 11 Medai Emas, 12 Medali Perak dan 28 Medali Perunggu..

Asian Games ke-18 ini belum selesai, masih banyak peluang bagi atlet2 terbaik Indonesia untuk menambah perolehan medali. Kita doakan saja yg terbaik untuk putra2 terbaik bangsa.

Jangan ikuti orang2 pesimis yg meremehkan kemampuan atlet2nya. Mungkin bagi orang2 pesimis itu berjuang adalah menyingkirkan pesaing dengan volume kardus, bukan dengan prestasi.

Maaf, foto ditutup sebagian karena dilarang memperlihatkan aurat.

– Tyva -“.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/736817469984124/