[BENAR] Rio Rizki Bukan Peraih Medali Emas Termuda Di ASIAN Games 2018

Perihal kabar dirinya sebagai peraih medali emas termuda di ajang ASIAN Games 2018, Rio Rizki Darmawan, atlet dayung Indonesia, beri klarifikasi. Dilansir dari tirto.id, Rio mengatakan, dirinya kaget saat dirinya ditulis berusia 15 tahun oleh panitia dalam laman resmi ASIAN Games 2018. Ia mengaku, saat umurnya 15 tahun, ia baru masuk SMA dan mulai belajar dayung. “Iya saya kaget. Orang tua juga. Umur segitu saya SMP kelas 3 mau ke SMA, baru belajar dayung,” katanya. Fakta tanggal lahir sebenarnya dari Rio Rizki Darmawan ialah 27 November 1998.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Rio Rizki Darmawan, atlet dayung Indonesia, yang baru saja menikmati medali emas pada ajang ASIAN Games 2018 bersama timnya sempat dikabarkan menjadi atlet termuda yang pernah meraih emas pada ajang tersebut. Informasi mengenai usia Rio Rizki terpampang di laman resmi ASIAN Games 2018. Di laman tersebut dituliskan bahwa pemudia asal Tompi Bugis, Sulawesi Tengah lahir pada tanggal 11 Februari 2003.

 

Namun, si atlet dayung membantah bahwa dirinya berusia 15 tahun. Dilansir dari tirto.id, Rio mengatakan, dirinya mengaku kaget saat ditulis oleh panitia berusia 15 tahun. Menurutnya, saat umurnya masih 15 tahun, ia baru masuk ke SMA dan baru mulai belajar dayung.

 

“Iya saya kaget. Orang tua juga. Umur segitu saya SMP 3 mau ke SMA, baru belajar dayung,” ujarnya kepada tirto.id (24/8).

 

Rio lahir pada tanggal 27 November 1998. Berbeda dengan atlet dayung Indonesia yang biasa berasal dari daerah Wakatobi dan berinteraksi dengan air, Rio justru tidak mengenalnya sama sekali.

 

Ukuran tubuh Rio yang di atas rata-rata usia SMP-lah yang menjadi salah satu alasan dinas olahraga setempat menawarkan Rio untuk bergabung ke Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar dulu. Saat itu, ia masih berusia 15 tahun dan memang belum mencatatkan medali apapun. Aksinya baru dikenal pada saat Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016 lalu.

 

“Semoga kemenangan di Asian Games ini bisa memberi saya dan tim kesempatan lebih besar main di Olimpiade 2020 nanti,” harapnya.

 

Rio memang anggota termuda dari tim dayung yang berlaga dalam ASIAN Games 2018. Rata-rata usia atlet dayung dalam satu tim berusia 20 tahun ke atas. Saat ini, Rio masih berusia 19 tahun dan akan berusia 20 tahun pada November mendatang.

 

Pemberitaan tentang tanggal lahir Rio Rizki juga dilakukan oleh mercusuar.web.id. Pada artikel berjudul ‘Atlet Sulteng yang Mengharumkan Merah Putih’, Rio dituliskan kelahiran tanggal 27 November 1998, sama seperti yang ditulis oleh tirto.id.

 

=====

 

Referensi:

 

https://tirto.id/klarifikasi-rio-rizki-soal-atlet-peraih-emas-termuda-di-asean-games-cUP7

https://mercusuar.web.id/atlet-sulteng-yang-mengharumkan-merah-putih/