[SALAH] KTP Bernama Selamat Idul Adha

Di data kependudukan Kota Surakarta tidak ada yang nama Selamat Idul Adha, bahkan didata nasional juga tidak ada.

 

======

 

Kategori : HOAKS

 

======

 

Sumber : Media Sosial

 

=======

 

Penjelasan :

 

Di Hari Raya Idul Adha ini di berbagai media sosial beredar gambar KTP Elektronik bernama Selamat Idul Adha dengan alamat di Baron Cilik RT04 RW06, Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

 

Namun, faktanya KTP tersebut adalah hasil suntingan. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua RT setempat, Tri Maryono (55), Rabu (22/8/2019) siang, tepat pada saat Hari Raya Idul Adha 2018.

 

Dia mengaku juga pernah ditanya oleh keluarga di Semarang terkait KTP hoaks bernama Selamat Idul Adha.

 

“Dulu saudara saya di Semarang pernah tanya orang dalam KTP itu, nemang benar tetangga saya, tapi namanya bukan itu (Selamat Idul Adha),” ucapnya.

 

 

Kata Iyon, nama sebenarnya orang dalam KTP tersebut asalah Nur Prakoso.

 

Kasus seperti ini berulang kali terjadi, bahkan Disdukcapil sampai memberikan pernyataan lengkapnya di tahun 2017.

 

Berikut penjelasan lengkap dari tim Teknik Informatika Disdukcapil Surakarta :

1. Secara gambar sebenarnya sudah nampak ada editan pada nama, dilihat dari jenis huruf yang berbeda, namun untuk data selain nama sebenarnya aslinya, dengan biodata inisial NP. Sehingga KTPEL nya asli namun di edit dibagian nama.

2. Di data base kependudukan Kota Surakarta tidak ada yang nama Selamat Idul Adha, bahkan didata base nasional juga tidak ada, justru yang ada namanya : Selamat Idul Fitri, yang alamatnya sekarang di daerah Kalimantan Timur dan berasal dari daerah Jawa.

Fact Checker : Levy Nasution


Referensi :

 

http://dispendukcapil.surakarta.go.id/20XIV/index.php/en/beritadanagenda/item/310-tidak-ada-ktp-el-atas-nama-selamat-idul-adha-yang-ada-selamat-idul-fitri/310-tidak-ada-ktp-el-atas-nama-selamat-idul-adha-yang-ada-selamat-idul-fitri

 

http://solo.tribunnews.com/2018/08/22/viral-di-media-sosial-foto-ktp-warga-solo-atas-nama-selamat-idul-adha-ternyata-hoaks

 

About Levy Nasution 309 Articles
Journalist, traveller