[SALAH] Badai Pasir Terjadi Karena Spanduk #2019GantiPresiden

Badai Debu (atau Badai Pasir) adalah fenomena meteorologi alami yang umum terjadi di daerah gersang dan semi-kering, tidak ada hubungannya dengan aktivitas apapun yang dilakukan oleh manusia karena diluar kemampuan kendali kita. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.

——

(2) http://bit.ly/2Nc1cxS, post oleh akun “Wimbo Wisnu Wibowo” (facebook.com/bani.menclamencle), sudah dibagikan 2.407 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“BREAKING NEWS!
Bukan Hoax
(Simak beberapa video saat terjadinya badai pasir hebat di Tanah suci Mekkah di bawah ini)…”, selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

——

(2) Wikipedia: “Sebuah badai debu adalah fenomena meteorologi yang umum di daerah gersang dan semi-kering. Badai debu muncul ketika embusan angin depan atau angin kuat lain meniup pasir dan kotoran dari permukaan yang kering. Partikel halus diangkut oleh garam dan suspensi, suatu proses yang memindahkan tanah dari satu tempat dan menyimpannya di tempat lain.”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

——

(3) Organisasi Meteorologi Dunia: “Pasir dan badai debu biasanya terjadi ketika angin kencang mengangkat pasir dan debu dalam jumlah besar dari tanah kering yang gundul ke atmosfer. Selama dekade terakhir, para ilmuwan telah menyadari dampak pada iklim, kesehatan manusia, lingkungan dan banyak sektor sosial-ekonomi. Anggota WMO berada di garda terdepan dalam mengevaluasi dampak ini dan mengembangkan produk untuk memandu kebijakan kesiapsiagaan, adaptasi dan mitigasi.”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

——

(4) Teknik mencocok-cocokkan peristiwa, disebut juga “cocoklogi”, adalah salah satu teknik yang dipakai juga untuk materi perseteruan antara pihak pendukung pemerintah dengan lawannya, dan sebaliknya. Sebelumnya di 2015 akun “Jonru” menggunakan teknik yang sama untuk menyerang pihak lawannya dengan membangun premis menghubungkan antara Crane yang jatuh karena badai dengan kunjungan Jokowi yang saat itu sedang mendarat di Jeddah.

——

(5) Jonru Ginting: “Crane timpa ratusan jamaah di Makkah, saat Jokowi mendarat di Jeddah”, selengkapnya di http://bit.ly/2w3e2HV.

——

(6) Tribun Medan: “Ada banyak sekali kabar berita dari tanah suci yang melesat-lesat di internet sejak berita pertama dilansir (hampir bersamaan) oleh Arab News, Daily Mail, CNN, BBC, dan Al Jazeera. Namun Jonru hanya menyebarluaskan satu berita. Iya, hanya satu. Ditayangkannya kira-kira pukul 09.00 WIB, atau 10 jam setelah peristiwa terjadi. Judulnya: “Crane Timpa Ratusan Jamaah di Mekkah, Saat Jokowi Tiba di Jeddah.”

Berita ini sesungguhnya normal belaka. Tidak ada yang salah dalam paparannya. Ada dua sudut pandang yang dikedepankan sekaligus, yakni musibah robohnya crane dan kunjungan kerja Jokowi ke Saudi Arabia yang berlangsung dalam waktu bersamaan.

Akan tetapi, pemilihan judul, membuatnya menjadi multi tafsir. Apalagi, sebagian besar netizen di Indonesia punya kecenderungan malas membaca tapi gemar menyimpulkan dan mencecarkan ejekan, hinaan, dan makian.

Jonru paham benar kecenderungan ini. Karena itu dia memang tidak perlu menambahkan pendapatnya terkait berita ini. Cukup menyalin, mengedit di sana-sini, tepatnya mengurangi bagian yang tak perlu, dan menampilkannya di halaman akunnya yang memiliki pengikut puluhan ribu itu. Dia paham benar reaksi seperti apa yang akan datang dari pengikut-pengikutnya terhadap berita dengan judul seperti ini, dan, memang, ia sama sekali tak meleset.

Banyak kesimpulan yang mencuat dari salinan Jonru. Antara lain: Jokowi pembawa sial, Jokowi tak diterima tanah yang suci, Jokowi ditegur Allah, bahkan Jokowi jelmaan dajjal. Kesimpulan utamanya, crane roboh gara-gara Jokowi datang. Kesimpulan-kesimpulan ini kemudian disebarluaskan pula. Beberapa di antarnya dibumbui pula dengan penggalan dari teori konspirasi atau hadist atau ayat-ayat, juga pendapat dari pakar atau ahli ini dan itu.”, selengkapnya di http://bit.ly/2w4LaPB.

======

REFERENSI

(1) Wikipedia: “Badai debu

dari Wikipedia, ensiklopedia gratis

Untuk kegunaan lain, lihat badai Debu (disambiguasi) .
“Sandstorm” mengalihkan ke sini. Untuk kegunaan lain, lihat Sandstorm (disambiguasi) .
“Black blizzard” mengalihkan ke sini. Untuk manga Yoshihiro Tatsumi, lihat Black Blizzard (manga) .

Artikel ini membutuhkan kutipan tambahan untuk verifikasi . Tolong bantu memperbaiki artikel ini dengan menambahkan kutipan ke sumber yang dapat dipercaya . Materi yang tidak memiliki sumber daya dapat ditantang dan dihapus. (Mei 2018) ( Pelajari bagaimana dan kapan untuk menghapus pesan template ini )

Sebuah badai debu adalah fenomena meteorologi yang umum di daerah gersang dan semi-kering. Badai debu muncul ketika embusan angin depan atau angin kuat lain meniup pasir dan kotoran dari permukaan yang kering. Partikel halus diangkut oleh garam dan suspensi, suatu proses yang memindahkan tanah dari satu tempat dan menyimpannya di tempat lain.

Lahan kering di sekitar Afrika Utara dan Semenanjung Arab adalah sumber daratan utama debu di udara. Telah diperdebatkan bahwa [1] [ sumber tidak dapat diandalkan? ] Buruknya pengelolaan lahan kering Bumi, seperti mengabaikan sistem bera , meningkatkan ukuran dan frekuensi badai debu dari margin gurun dan mengubah baik iklim lokal maupun global, dan juga berdampak pada ekonomi lokal. [2]

Istilah badai pasir paling sering digunakan dalam konteks badai pasir gurun , terutama di Gurun Sahara , atau tempat-tempat di mana pasir adalah jenis tanah yang lebih umum daripada tanah atau batu, ketika, selain partikel-partikel halus mengaburkan visibilitas, jumlah yang cukup besar partikel pasir ditiup lebih dekat ke permukaan. Istilah badai debu lebih mungkin digunakan ketika partikel halus ditiup jarak jauh, terutama ketika badai debu mempengaruhi daerah perkotaan .

Isi
1 Penyebab
2 Efek fisik dan lingkungan
2.1 Dampak ekonomi
3 Badai debu luar angkasa
4 Lihat juga
5 Referensi
6 Tautan eksternal

Penyebab
Ketika kekuatan angin yang melewati partikel-partikel yang dipegang secara longgar meningkat, partikel-partikel pasir pertama mulai bergetar, kemudian menjadi garam (“lompatan”). Ketika mereka berulang kali menyerang tanah, mereka melepaskan dan memecah partikel debu yang lebih kecil yang kemudian mulai melakukan perjalanan dalam suspensi. Pada kecepatan angin di atas yang menyebabkan yang terkecil untuk ditangguhkan, akan ada populasi butiran debu yang bergerak oleh berbagai mekanisme: suspensi, garam dan creep . [2]

Animasi menunjukkan pergerakan global debu dari badai debu Asia .
Sebuah studi dari 2008 menemukan bahwa garam awal partikel pasir menginduksi medan listrik statis oleh gesekan. Garam pasir mengakuisisi muatan negatif relatif terhadap tanah yang pada gilirannya mengendurkan lebih banyak partikel pasir yang kemudian mulai beralkohol. Proses ini telah ditemukan untuk menggandakan jumlah partikel yang diprediksi oleh teori sebelumnya. [3]

Partikel menjadi longgar terutama karena kekeringan yang berkepanjangan atau kondisi kering, dan kecepatan angin yang tinggi. Bagian depan Gust dapat dihasilkan oleh aliran udara yang didinginkan oleh hujan dari badai petir yang intens. Atau, hembusan angin dapat dihasilkan oleh front dingin yang kering , yaitu, bagian depan dingin yang bergerak ke massa udara kering dan tidak menghasilkan curah hujan — jenis badai debu yang umum selama tahun-tahun Dust Bowl di AS. Setelah melewati bagian depan yang dingin, ketidakstabilan konvektif yang dihasilkan dari udara dingin yang menunggang di atas tanah yang dipanaskan dapat mempertahankan badai debu yang dimulai di depan.

Di daerah gurun, badai debu dan pasir paling sering disebabkan oleh aliran badai petir, atau oleh gradien tekanan kuat yang menyebabkan peningkatan kecepatan angin di area yang luas. Tingkat vertikal dari debu atau pasir yang diangkat sangat ditentukan oleh stabilitas atmosfer di atas tanah serta oleh berat partikulat. Dalam beberapa kasus, debu dan pasir mungkin terbatas pada lapisan yang relatif dangkal oleh inversi suhu rendah . Dalam kasus lain, debu (tetapi tidak pasir) dapat diangkat setinggi 20.000 kaki (6.100 m) tinggi.

Kekeringan dan angin berkontribusi pada munculnya badai debu, seperti halnya pertanian yang buruk dan praktik merumput dengan mengekspos debu dan pasir ke angin.

Salah satu praktik pertanian miskin yang berkontribusi terhadap badai debu adalah pertanian lahan kering . Khususnya teknik pertanian lahan kering yang buruk adalah pengolahan tanah intensif atau tidak memiliki tanaman yang didirikan atau tanaman penutup ketika badai menyerang pada saat-saat rentan sebelum revegetasi . [4] Dalam iklim semi-kering, praktik-praktik ini meningkatkan kerentanan terhadap badai debu. Namun, praktik konservasi tanah dapat diimplementasikan untuk mengendalikan erosi angin.

Efek fisik dan lingkungan

(foto)
Badai debu di Sahara, dilukis oleh George Francis Lyon

(foto)
Sydney diselimuti debu selama badai debu Australia 2009 .

Badai pasir dapat mengangkut dan membawa volume besar pasir secara tidak terduga. Badai debu dapat membawa sejumlah besar debu, dengan tepi terdepan yang terdiri dari dinding debu tebal sebanyak 1,6 km (0,99 mil) tinggi. Debu dan badai pasir yang datang dari Gurun Sahara dikenal secara lokal sebagai simoom atau simoon (ibm, simeun). The haboob (həbūb) adalah badai pasir lazim di wilayah Sudan di sekitar Khartoum , dengan kejadian yang paling umum di musim panas.

Gurun Sahara merupakan sumber utama badai debu, terutama Bodélé Depresi [5] dan seluas pertemuan Mauritania , Mali , dan Aljazair . [6]

Badai debu Sahara telah meningkat sekitar 10 kali lipat selama setengah abad sejak 1950-an, menyebabkan hilangnya lapisan atas tanah di Niger , Chad , Nigeria utara , dan Burkina Faso . [ rujukan? ] Di Mauritania hanya ada dua badai debu setiap tahun pada awal 1960-an, tetapi ada sekitar 80 tahun sekarang, menurut Andrew Goudie, seorang profesor geografi di Universitas Oxford. [7] [8] Tingkat debu Sahara yang datang dari pantai timur Afrika pada bulan Juni 2007 adalah lima kali yang diamati pada bulan Juni 2006, dan merupakan yang tertinggi yang diamati setidaknya sejak 1999, yang mungkin telah mendinginkan perairan Atlantik yang cukup untuk sedikit mengurangi badai kegiatan pada akhir tahun 2007.[9] [10]

Badai debu juga telah terbukti meningkatkan penyebaran penyakit di seluruh dunia. [11] Virus spora di tanah ditiupkan ke atmosfer oleh badai dengan partikel menit dan berinteraksi dengan polusi udara perkotaan. [12]

Efek jangka pendek dari paparan debu gurun termasuk peningkatan gejala segera dan memburuknya fungsi paru pada individu dengan asma , [13] peningkatan mortalitas dan morbiditas dari debu yang diangkut lama dari kedua Saharan [14] dan badai debu Asia [15] menunjukkan partikel-partikel badai debu yang diangkut panjang itu berdampak buruk pada sistem peredaran darah. Debu pneumonia adalah hasil dari sejumlah besar debu yang dihirup.

Paparan yang lama dan tidak terlindung dari sistem pernapasan dalam badai debu juga dapat menyebabkan silikosis , [16] yang jika tidak ditangani akan menyebabkan asfiksia ; silikosis adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan yang juga dapat menyebabkan kanker paru-paru . Ada juga bahaya keratoconjunctivitis sicca (“mata kering”) yang, dalam kasus-kasus berat tanpa perawatan segera dan tepat, dapat menyebabkan kebutaan . [ butuh rujukan ]

Dampak ekonomi
Badai debu menyebabkan hilangnya tanah dari lahan kering, dan lebih buruk lagi, mereka lebih suka membuang zat organik dan partikel yang kaya nutrisi, sehingga mengurangi produktivitas pertanian. Juga efek abrasif dari badai merusak tanaman tanaman muda. Badai debu juga mengurangi jarak pandang yang mempengaruhi pesawat dan transportasi jalan. Selain itu badai debu juga menciptakan masalah karena komplikasi pernapasan dalam debu. [17]

Debu juga dapat memiliki efek menguntungkan di mana deposit: Hutan hujan Tengah dan Amerika Selatan mendapatkan sebagian besar nutrisi mineral mereka dari Sahara; wilayah lautan besi yang miskin mendapatkan besi; dan debu di Hawaii meningkatkan pertumbuhan pisang . Di Cina utara dan juga di barat laut AS, endapan debu kuno yang dikenal sebagai loess adalah tanah yang sangat subur, tetapi mereka juga merupakan sumber badai debu kontemporer yang signifikan ketika vegetasi pengamanan tanah terganggu. [ diperlukan verifikasi ] [ sumber yang lebih baik diperlukan ]

Badai debu di luar bumi

(foto)
Badai debu 2001 Hellas Basin.

Informasi lebih lanjut: Iklim Mars § Pengaruh badai debu
Badai debu tidak terbatas pada Bumi dan telah diketahui terbentuk di planet lain seperti Mars . [18] Badai debu ini dapat meluas ke area yang lebih luas daripada di Bumi, terkadang mengelilingi planet, dengan kecepatan angin setinggi 60 mil per jam (97 km / jam). Namun, mengingat tekanan atmosfer yang jauh lebih rendah di Mars (kira-kira 1% dari Bumi), intensitas badai Mars tidak pernah dapat mencapai jenis angin badai yang dialami di Bumi. [19] Badai debu Mars terbentuk ketika pemanasan matahari menghangatkan atmosfer Mars dan menyebabkan udara bergerak, mengangkat debu dari tanah. Peluang terjadinya badai meningkat ketika ada variasi suhu yang besar seperti yang terlihat di khatulistiwa selama musim panas Mars. [20]”

(Google Translate Chrome extension, isi artikel selengkapnya dan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2wfuCnt).

——

(2) Organisasi Meteorologi Dunia: “Pasir dan badai debu biasanya terjadi ketika angin kencang mengangkat pasir dan debu dalam jumlah besar dari tanah kering yang gundul ke atmosfer. Selama dekade terakhir, para ilmuwan telah menyadari dampak pada iklim, kesehatan manusia, lingkungan dan banyak sektor sosial-ekonomi. Anggota WMO berada di garda terdepan dalam mengevaluasi dampak ini dan mengembangkan produk untuk memandu kebijakan kesiapsiagaan, adaptasi dan mitigasi.

Pasir dan badai debu adalah bahaya meteorologi yang umum di daerah kering dan semi-kering. Mereka biasanya disebabkan oleh badai – atau gradien tekanan kuat yang terkait dengan siklon – yang meningkatkan kecepatan angin di atas area yang luas. Angin yang kuat ini mengangkat sejumlah besar pasir dan debu dari tanah kering yang gersang ke atmosfer, mengangkutnya ratusan hingga ribuan kilometer jauhnya. Sekitar 40% aerosol di troposfer (lapisan terendah atmosfer Bumi) adalah partikel debu dari erosi angin. Sumber utama dari debu mineral ini adalah daerah kering Afrika Utara, Jazirah Arab, Asia Tengah dan Cina. Relatif, Australia, Amerika dan Afrika Selatan memberikan kontribusi kecil, tetapi tetap penting. Perkiraan global emisi debu, terutama yang berasal dari model simulasi, bervariasi antara satu hingga tiga Gigaton per tahun.

Setelah dilepaskan dari permukaan, partikel debu dinaikkan ke tingkat troposfer yang lebih tinggi oleh pencampuran turbulen dan aliran konvektif. Mereka kemudian dapat diangkut oleh angin untuk jangka waktu, tergantung pada ukuran dan kondisi meteorologi mereka, sebelum ditarik kembali ke permukaan lagi. Karena partikel partikel yang lebih besar lebih cepat daripada yang lebih kecil, ada pergeseran ke arah ukuran partikel yang lebih kecil selama pengangkutan. Debu juga dicuci keluar dari atmosfer oleh curah hujan. Umur rata-rata partikel debu di atmosfer berkisar dari beberapa jam untuk partikel dengan diameter yang lebih besar dari 10 μm, hingga lebih dari 10 hari untuk yang sub-mikrometrik.

Interaksi dengan cuaca dan iklim
Aerosol, terutama debu mineral, dampak cuaca serta iklim global dan regional. Partikel debu, terutama jika dilapisi oleh polusi, bertindak sebagai inti kondensasi untuk pembentukan awan hangat dan sebagai agen inti es yang efisien untuk generasi awan dingin. Kemampuan partikel debu untuk melayani seperti itu tergantung pada ukuran, bentuk dan komposisi mereka, yang pada gilirannya tergantung pada sifat tanah induk, emisi dan proses transportasi. Modifikasi komposisi mikrofisik awan mengubah kemampuan mereka untuk menyerap radiasi matahari, yang secara tidak langsung mempengaruhi energi yang mencapai permukaan Bumi. Partikel debu juga mempengaruhi pertumbuhan tetesan awan dan kristal es, sehingga mempengaruhi jumlah dan lokasi pengendapan.

Debu di udara berfungsi dengan cara yang mirip dengan efek rumah kaca: menyerap dan menyebarkan radiasi matahari memasuki atmosfir Bumi, mengurangi jumlah yang mencapai permukaan, dan menyerap radiasi gelombang panjang yang memantul kembali dari permukaan, memancarkannya kembali ke segala arah. Sekali lagi, kemampuan partikel debu untuk menyerap radiasi matahari tergantung pada ukuran, bentuk dan komposisi mineral dan kimia mereka. Distribusi vertikal debu di udara (profil vertikal) dan karakteristik permukaan yang mendasari juga diperlukan untuk mengukur dampak ini.

Dampak pada kesehatan manusia
Debu di udara memberikan risiko serius bagi kesehatan manusia. Ukuran partikel debu adalah penentu utama potensi bahaya bagi kesehatan manusia. Partikel yang lebih besar dari 10 μm tidak bernafas, sehingga hanya dapat merusak organ eksternal – sebagian besar menyebabkan iritasi kulit dan mata, konjungtivitis dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi mata. Partikel yang dapat dihirup, yang lebih kecil dari 10 μm, sering terjebak di hidung, mulut dan saluran pernapasan bagian atas, sehingga dapat dikaitkan dengan gangguan pernapasan seperti asma, tracheitis, radang paru-paru, rinitis alergi dan silikosis. Namun, partikel halus dapat menembus saluran pernapasan bagian bawah dan memasuki aliran darah, di mana mereka dapat mempengaruhi semua organ internal dan bertanggung jawab atas gangguan kardiovaskular.

Tergantung pada cuaca dan iklim, debu dapat tetap menggantung di udara selama berhari-hari, menyebabkan jangkitan alergi jauh dari sumbernya

(foto)
Peta meningitis sabuk (merah) dan daerah berisiko tinggi epidemi (coklat) semua daerah lain mungkin memiliki insiden yang lebih rendah dari wabah dan kasus sporadis (sumber: World Health Organization) Meningitis belt (merah), daerah berisiko tinggi (coklat), semua daerah lain mungkin memiliki insiden yang lebih rendah dari wabah dan kasus sporadis (sumber: WHO )

Beberapa penyakit menular dapat ditularkan oleh debu. Meningitis meningokokus, infeksi bakteri pada lapisan jaringan tipis yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang, dapat menyebabkan kerusakan otak dan, jika tidak diobati, kematian pada 50% kasus. Wabah terjadi di seluruh dunia, namun insiden tertinggi ditemukan di “sabuk meningitis”, bagian dari sub-Sahara Afrika dengan perkiraan populasi 300 juta. Wabah ini memiliki pola musiman yang kuat – banyak penelitian telah menghubungkan kondisi lingkungan, seperti kelembaban rendah dan kondisi berdebu, dengan waktu dan tempat infeksi. Para peneliti percaya bahwa menghirup partikel debu dalam cuaca kering yang panas dapat merusak mukosa hidung dan tenggorokan menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk infeksi bakteri. Selain itu, oksida besi yang tertanam dalam partikel debu dapat meningkatkan risiko infeksi.

Debu juga berperan dalam transmisi demam lembah – penyakit yang berpotensi mematikan – di Barat Daya Amerika Serikat dan di Meksiko Utara dengan bertindak sebagai pengangkut spora jamur Coccidioides.

Dampak terhadap lingkungan dan masyarakat
Endapan debu permukaan adalah sumber nutrisi mikro untuk ekosistem benua dan maritim. Debu Sahara dianggap menyuburkan hutan hujan Amazon, dan pengangkutan debu besi dan fosfor tahu untuk menguntungkan produksi biomassa laut di bagian lautan yang menderita kekurangan elemen tersebut. Tapi debu juga memiliki banyak dampak negatif pada pertanian, termasuk mengurangi hasil panen dengan mengubur bibit, menyebabkan hilangnya jaringan tanaman, mengurangi aktivitas fotosintesis dan meningkatkan erosi tanah.

Dampak deposit debu tidak langsung termasuk pengisian saluran irigasi, yang meliputi jalur transportasi dan mempengaruhi kualitas sungai dan aliran air. Pengurangan visibilitas karena debu di udara juga berdampak pada transportasi udara dan darat. Kondisi visibilitas yang buruk adalah bahaya selama pendaratan pesawat dan landas pendaratan dapat dialihkan dan keberangkatan tertunda. Debu juga dapat menjelajahi permukaan pesawat dan merusak mesin.

Debu dapat berdampak pada output pembangkit listrik tenaga surya, terutama yang bergantung pada radiasi matahari langsung. Penimbunan debu pada panel surya menjadi perhatian utama operator pembangkit. Menjaga kolektor surya bebas debu untuk mencegah partikel menghalangi radiasi yang masuk membutuhkan waktu dan tenaga.

(foto)

Peringatan Badai Pasir dan Debu
Proyek Pasir dan Badai Debu WMO dimulai pada tahun 2004 dan Sistem Penasihat dan Penilaian Bencana Peringatan Pasir dan Debu (SDS-WS) diluncurkan oleh Kongres Meteorologi Dunia ke-15 pada tahun 2007.”

(Google Translate Chrome extension, isi artikel selengkapnya dan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2nYQRKq).

——

(3) Salinan narasi selengkapnya yang digunakan oleh post sumber: “BREAKING NEWS!
Bukan Hoax
(Simak beberapa video saat terjadinya badai pasir hebat di Tanah suci Mekkah di bawah ini)

Hanya berselang beberapa hari sejak Jemaah Haji asal Kab. Majalengka, Jawa barat membentangkan spanduk #2019GantiPresiden yang dikomandoi #Mardani Ali Sera asal #PKS.

Kemarin malam 19 Agustus 2018/ 8 Dzulhijjah selepas waktu Maghrib saat wuquf di Padang Arafah, Mina dilanda angin badai pasir hebat.
Beberapa tenda jamaah haji asal Indonesia roboh berantakan.
Badai juga melanda kota Mekkah
Kain Kiswah Ka’bah di Masjidil Haram bahkan tersingkap dan robek.
Mari kita doakan semoga tidak ada banyak korban lagi.

Saya jadi merasa iba dengan jamaah haji yang niatnya untuk beribadah jadi terkotori oleh oknum2 politisi busuk yang mempolitisasi agama ini.

Mereka yang bertahun-tahun menabung dan lama menunggu antrian untuk bisa berangkat haji ke tanah suci, amalnya akan menjadi sia-sia karena niat awalnya sudah tidak suci lagi, hanya untuk berpolitik.”

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/731917330474138/