[BENAR] “Indo Barometer Bantah Buat Hasil Survei Pilpres 2019 antara Jokowi dan Prabowo”

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari menyatakan pihaknya tidak pernah membuat meme hasil survei Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 antara Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di beberapa daerah. “Secara tegas Indo Barometer menyatakan meme hasil survei Pilpres 2019 tersebut hoax alias tidak benar. Kami dari Indo Barometer mengklarifikasi, bahwa data tersebut tidak benar dan bukan bersumber dari Indo Barometer,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari, Minggu (12/8).

=====

Sumber: Media Daring dan Media Sosial

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Secara tegas Indo Barometer menyatakan meme hasil survei Pilpres 2019 tersebut hoax alias tidak benar. Kami dari Indo Barometer mengklarifikasi, bahwa data tersebut tidak benar dan bukan bersumber dari Indo Barometer,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari, Minggu (12/8).

=====

Penjelasan:
Selain Charta Politik, Lembaga Riset Independen Indo Barometer juga dicatut namanya untuk menyebarkan kabar bohong atau hoaks seputar pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Kabar bohong yang tersebar melalui pesan berantai Whatsapp tersebut berbentuk meme dengan isi foto Jokowi dan Prabowo, ditambah logo Indo Barometer serta hasil survei di beberapa daerah, yakni Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Sumatera Utara (Sumut) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari menyatakan meme itu bukan berasal dari pihaknya. “Secara tegas Indo Barometer menyatakan meme hasil survei Pilpres 2019 tersebut hoax alias tidak benar. Kami dari Indo Barometer mengklarifikasi, bahwa data tersebut tidak benar dan bukan bersumber dari Indo Barometer,” ujar Qodari, Minggu (12/8).

Ia pun menambahkan bahwa Indo Barometer tidak akan tinggal diam dengan hoaks yang merugikan tersebut. “Indo Barometer akan mempertimbangkan langkah hukum untuk pelaku penyebar meme tersebut. Indo Barometer juga menghimbau kepada para pihak untuk tidak menyebarkan hoax ini,” kata Qodari.

Indo Barometer melalui Grup Facebook Indo Barometer juga telah memposting pernyataan sikapnya sebagai berikut;

“Press Release

Indo Barometer Pertimbangkan Langkah Hukum Pembuat Hoax Meme Survei Pilpres 2019

Salam Hormat,

Sehubungan dengan beredarnya meme hasil survei Pilpres 2019 yang ramai di medsos dan terus menyebar di group-group Whatsapp mengatasnamakan Indo Barometer dalam dua hari ini, maka Indo Barometer menyatakan bahwa hasil survei itu tidak pernah dilakukan oleh Indo Barometer.

Dalam meme tersebut terdapat foto Jokowi dan Prabowo yang menyertakan logo Indo Barometer dengan hasil survei Pilpres 2019 di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan.

Dalam hal ini, secara tegas Indo Barometer menyatakan meme hasil survei Pilpres 2019 tersebut Hoax alias tidak benar. Kami dari Indo Barometer mengklarifikasi, bahwa data tersebut tidak benar dan bukan bersumber dari Indo Barometer.

Selanjutnya, Indo Barometer akan mempertimbangkan langkah hukum untuk pelaku penyebar meme tersebut. Indo Barometer juga menghimbau kepada para pihak untuk tidak menyebarkan hoax ini.

Jakarta, 12 Agustus 2018

Dr. M. Qodari, S.Psi, MA (Direktur Eksekutif Indo Barometer)”

=====

Referensi:
1. https://politik.rmol.co/…/Meme-Survei-Prabowo-Menang-Telak,…
2. https://news.detik.com/…/ramai-meme-prabowo-menang-di-surve…
3.https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=2109728605768342&id=457052057702680