[SALAH] Memo SBY Dukung Jokowi-Ma’aruf Amin Pada Kamis Malam (9/8)

Pada Kamis malam (9/8) beredar melalui media pesan Whatsapp foto yang diklaim sebagai memo Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendukung pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma’aruf Amin. Merespon hal tersebut, dilansir dari timesindonesia.co.id, Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Imelda Sari, menyatakan bahwa foto memo tersebut adalah hoaks. Ia mengatakan, memo tulisan tangan tersebut sangat tidak logis dtulis SBY. Sebab, lokasinya penulisan surat tersebut tertulis di Cikeas. “SBY dari tadi di Kuningan. Kira kira logis tidak? Hoaks,” kata Imelda.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Narasi:

 

“Demi kepentingan bangsa dan negara, saya SBY dan Partai Demokrat sepakat untuk mendukung pasangan Bapak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.”

 

Cikeas, 9-8-2019

Dr Susilo Bambang Yudhoyono

 

=====

 

Isi Penjelasan Lengkap:

 

Pada Kamis malam (9/8) beredar melalui media pesan Whatsapp foto yang diklaim sebagai memo Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendukung pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma’aruf Amin. Merespon hal tersebut, dilansir dari timesindonesia.co.id, Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Imelda Sari, menyatakan bahwa foto memo tersebut adalah hoaks.

 

Ia mengatakan, memo tulisan tangan tersebut sangat tidak logis dtulis SBY. Sebab, lokasinya penulisan surat tersebut tertulis di Cikeas.

 

“SBY dari tadi di Kuningan. Kira kira logis tidak? Hoaks,” kata Imelda.

 

Senada dengan Imelda, dilansir dari wartaekonomi.co.id, Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan menyatakan bahwa memo yang tersebar adalah hoaks. Sebab, pihak Partai Demokrat belum memutuskan dan masih akan rapat majelis pada hari Jumat (10/8) pagi.

 

“Kami ucapkan selamatlah kepada Prabowo dan Sandi. Partai Demokrat besok masih akan rapat majelis tinggi. Kita tunggu besok pagi rapat majelis tinggi,” kata Syarief.

 

Bila melihat dari isi narasi dari foto yang diklaim sebagai memo SBY tersebut memang ada satu keanehan yang sangat jelas. Pada tanggal pembuatan memo tersebut dituliskan tanggal 9-8-2019. Tanggal tersebut tentunya salah, sebab tahun ini masih tahun 2018.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.timesindonesia.co.id/read/179737/20180810/003808/hoaks-memo-sby-dukung-jokowimaruf/

https://www.wartaekonomi.co.id/read190671/beredar-tulisan-tangan-sby-dukung-jokowi-waketum-demokrat-hoax.html