[BENAR] Pernyataan Sikap Netral Universitas Indonesia (UI)

Atas munculnya video dukungan kepada calon presiden tertentu oleh segelintir oknum mengatasnamakan alumni Universitas Indonesia (UI) di media sosial, maka pihak kampus pun angat bicara. Dilansir dari tempo.co, merdeka.com, dan detik.com, Kepala Kantor Humas dan KIP Universitas Indonesia (UI) Rifelly Dewi Astuti menegaskan, lembaganya bebas dari segala bentuk politik praktis menjelang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019. Rifelly menjelaskan, sikap itu tertuang lewat surat pengumuman resmi bertanggal 6 Agustus 2018 dengan nomor: 537/ UN2.R2.4/HMI.04 Informatika/2018. “Statuta UI juga menekankan bahwa dalam menjalankan misi utama Tridharma Perguruan Tinggi  yang berasas kebenaran ilmiah dan kebhinekaan, UI harus bebas dari pengaruh, tekanan dan kontaminasi apapun termasuk kekuatan politik,” tutur Rifelly.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Atas munculnya video dukungan kepada calon presiden tertentu oleh segelintir oknum mengatasnamakan alumni Universitas Indonesia (UI) di media sosial, maka pihak kampus pun angat bicara. Dilansir dari tempo.co, merdeka.com, dan detik.com, Kepala Kantor Humas dan KIP Universitas Indonesia (UI) Rifelly Dewi Astuti menegaskan, lembaganya bebas dari segala bentuk politik praktis menjelang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

 

Rifelly menjelaskan, sikap itu tertuang lewat surat pengumuman resmi bertanggal 6 Agustus 2018 dengan nomor: 537/ UN2.R2.4/HMI.04 Informatika/2018. Pernyataan sikap tersebut, lanjut Rifelly, sesuai dengan Undang-Undang nomor 12 tahun 2012 pada penjelasan Pasal 8 ayat 1 yang menyatakan bahwa Pendidikan Tinggi terbebas dari pengaruh politik praktis.

 

“Statuta UI juga menekankan bahwa dalam menjalankan misi utama Tridharma Perguruan Tinggi  yang berasas kebenaran ilmiah dan kebhinekaan, UI harus bebas dari pengaruh, tekanan dan kontaminasi apapun termasuk kekuatan politik,” tutur Rifelly.

 

Selain itu, Rifelly kembali menegaskan, jika terdapat pihak-pihak yang menyebutkan bahwa UI mendukung partai atau tokoh politik tertentu maka hal tersebut bukanlah pernyataan dan bentuk dukungan resmi UI. “UI mengingatkan dan mengimbau segenap civitas akademika dan warga UI termasuk para alumni UI untuk menyampaikan hak konstitusionalnya atas nama pribadi. Artinya tidak menggunakan nama besar institusi UI,” tegasnya.

 

Dia juga mengingatkan dan mengimbau kepada segenap civitas UI untuk menciptakan lingkungan kampus yang bersih dari segala unsur politik. “Sebagai individu berpendidikan, mari kita ciptakan lingkungan kampus yang bersih dari segala unsur politik dan mendukung pelaksanaan politik negeri yang bersih, jujur dan adil,” pungkasnya.

 

Adapun, isi surat pengumuman nomor: 537/ UN2.R2.4/HMI.04 Informatika/2018, ialah sebagai berikut:

 

[…] Nomor: 537/UN2.R2.4/HMI.04 Informatika/2018

PENGUMUMAN

 

Universitas Indonesia (UI) adalah perguruan tinggi yang bebas dari segala bentuk politik praktis. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang RI nomor 12 tahun 2012 pada penjelasan Pasal 8 ayat 1 yang menyatakan bahwa Pendidikan Tinggi terbebas dari pengaruh politik praktis.

 

Statuta UI juga menekankan bahwa dalam menjalankan misi utama Tridharma Perguruan Tinggi yang berasas kebenaran ilmiah dan kebhinekaan, UI harus bebas dari pengaruh, tekanan dan kontaminasi apapun termasuk kekuatan politik.

 

Sehingga, jika terdapat pihak-pihak yang menyebutkan bahwa UI mendukung partai/tokoh politik tertentu maka hal tersebut bukanlah pernyataan dan bentuk dukungan resmi UI.

 

UI mengingatkan dan mengimbau segenap sivitas akademika dan warga UI termasuk para alumni UI untuk menyampaikan hak konstitusionalnya atas nama pribadi dan tidak menggunakan nama besar institusi UI.

 

Sebagai individu berpendidikan, mari kita ciptakan lingkungan kampus yang bersih dari segala unsur politik dan mendukung pelaksanaan politik negeri yang bersih, jujur dan adil.

 

Depok, 6 Agustus 2018

Kantor Humas dan KIP UI […]

 

=====

 

Referensi:

 

https://metro.tempo.co/read/1114430/universitas-indonesia-dukung-siapa-di-pilpres-2019-ini-jawabnya

https://www.merdeka.com/politik/bantah-klaim-ngabalin-ui-tegaskan-bebas-dari-politik-praktis.html

https://news.detik.com/berita/4152649/ui-larang-dosen-hingga-alumni-catut-kampus-untuk-politik-praktis