[SALAH] Gempa Susulan Di Bali Pada Pukul 00.30 WIB

Informasi mengenai akan adanya gempa susulan dari akun @dDBThezite pada pukul 00.30 WIB atau sekitar jam 01.30 WITA dini hari merupakan informasi yang tidak benar atau hoaks. Dilansir dari liputan6.com dan viva.co.id, Hardi, pejabat BMKG Wilayah III Denpasar menegaskan bahwa informasi dari cuitan akun tersebut hoaks. “Informasi itu tidak bisa diprediksi sampai dengan saat ini. Mohon bantuannya untuk meng-counter hoaks,” jelas Hardi.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Sumber: Media Sosial dan Media Pesan Whatsapp

 

https://twitter.com/dDBThezite/status/1026079521072717830

 

=====

 

Narasi:

 

Mohon share kpd tmn2,,  info dr BMKG gempa susulan akan terjadi di seluruh bali pada tengah malam,,dprediksikan terjadi lbh besar pukul 00.30 Wib

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Gempa yang baru saja terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dibarengi juga berbagai pesan berantai atau informasi yang tak jelas pangkalnya di berbagai media. Salah satu informasi yang beredar ialah mengenai akan terjadinya gempa susulan pada pukul 00.30 WIB atau sekitar 01.30 WITA dini hari.

 

Informasi tersebut dicuitkan oleh akun @dDBThezite pada tanggal 5 Agustus 2018 pukul 05.16. Namun, informasi yang disebarkan oleh akun tersebut ternyata merupakan kabar bohong atau hoaks.

 

Dilansir dari liputan6.com dan viva.co.id, Hardi, pejabat BMKG Wilayah III Denpasar menegaskan bahwa informasi dari cuitan akun tersebut hoaks. “Informasi itu tidak bisa diprediksi sampai dengan saat ini. Mohon bantuannya untuk meng-counter hoaks,” jelas Hardi.

 

Senada dengan Hardi, dilansir dari tribunnews.com, Yohanes Agus Tiawan , Staff Pusat Gempa Regional 3 BMKG Denpasar, membantah informasi tersebut dan menyatakannya sebagai hoaks. Ia menegaskan, hingga saat ini belum ada aplikasi yang mampu memprediksi terjadinya gempa.

 

Untuk mendapat informasi yang tepat, Yohanes mengimbau, warga untuk mengikuti informasi perkembangan gempa dari BMKG.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.liputan6.com/news/read/3610507/hoaks-gempa-susulan-tengah-malam-gegerkan-warga-bali

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1061549-awas-ada-hoax-bali-diguncang-gempa-besar-tengah-malam

http://bali.tribunnews.com/2018/08/05/beredar-pesan-berantai-terjadi-gempa-susulan-pukul-0030-wita-bmkg-hoax?page=all