[SALAH] “Perbaikan Sistem Tiket Elektronik Commuterline Dilakukan Selama 14 Hari”

Direktur Utama dan VP Corporate Communication PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), Wiwik Widayanti dan Eva Chairunisa membantah isu yang mengatakan perbaikan sistem tiket elektronik dan penggunaan tiket kertas akan memakan waktu selama 14 hari ke depan.

=====

Sumber: Facebook

=====

Kategori: Hoaks

=====

Narasi :
“yang lg rame, sistem sdh bagus malah mundur:
# kembali ke zaman old
# yang awalnya tertib jadi ga tertib
# banyak yg ga beli Tiket
# orang dah kaya apa Tau- sikut menyikut.
# antrian panjang
# 14 Hari kedepan moga secepatnya kembali seperti sedia kala,” tulis akun Facebook, @rahman.kurnadi, Senin (23/7).

=====

Penjelasan:
Gangguan pada sistem tiket elektronik membuat PT. KCI menggunakan tiket kertas untuk para penumpangnya pada Senin (23/7). Tiket kertas yang dikeluarkan dijual seharga Rp 3.000 untuk perjalanan ke seluruh stasiun tujuan.

Di tengah informasi tersebut, nyatanya masih ada isu yang dinilai dapat merugikan pihak KCI dan para penumpang. Diisukan perbaikan sistem tiket elektronik atau penggunaan tiket kertas akan memakan waktu selama 14 hari ke depan.

VP Corporate Communication PT. KCI Eva Chairunisa membantah terkait isu tersebut. “Bohong itu, tadi pukul 10.00 WIB, Senin (23/7) penggunaan tiket baik KMT, THB, dan dari kartu bank lain sudah bisa diakses kembali,” kata Eva.

Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti juga menegaskan tiket kertas tersebut hanya berlaku selama sistem tiket elektronik tidak bisa dipakai dan tidak diberikan secara gratis. “Itu hanya digunakan saat sistem tak berjalan. Bukan seperti yang berita itu akan 14 hari, itu diberikan secara gratis, tidak. Kemarin KCI sudah keluarkan statement,” ujar Wiwik.

=====

Referensi:
1. https://www.facebook.com/rahman.kurnadi/posts/1120644408074962
2. https://akurat.co/…/id-260421-read-kabar-proses-perbaikan-s…
3. https://news.detik.com/…/pt-kci-kami-terpaksa-jual-tiket-ke…
4. https://www.republika.co.id/…/pcbw8j384-kci-tiket-krl-flat-…