[SALAH] “TGB ialah Adik Ipar Luhut Binsar Pandjaitan”

Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) membantah informasi di Wikipedia yang menuliskan dirinya mempunyai hubungan kekerabatan dengan Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan. “Istri saya memang bermarga Panjaitan, kadang ditanyain juga ada hubungan saudara nggak sama Pak Trimedya Panjaitan kali yang lain sama Panbers, yang grup musik itu. Sekarang dengan Pak Luhut, he-he-he…. Intinya, info itu tidak benar,” ujar TGB kepada detikcom, Jumat (13/7/).

=====

Sumber: Wikipedia

=====

Kategori: Hoaks

=====

Narasi :
(Pada laman Wikipedia, Luhut Binsar Pandjaitan)
Hubungan: Muhammad Zainul Majdi (adik ipar)

(Pada laman Wikipedia, Muhammad Zainul Majdi)
Hubungan: Luhut Binsar Pandjaitan (kakak ipar)

=====

Penjelasan:
Isu ini pertama kali diangkat oleh Politisi Gerindra, Andre Rosiade. Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra tersebut mengaku menemukan potongan screenshot informasi dari Wikipedia di media sosial. Ia hanya ingin TGB atau Luhut mengklarifikasi hal tersebut, karena masyarakat bertanya – tanya.

TGB yang mengetahui kabar ini pun memberikan klarifikasinya. Gubernur NTB yang Hafidz Quran itu menyatakan istrinya memang bermarga Pandjaitan, tapi bukan saudara dari Luhut.

Bahkan lanjut TGB, istrinya juga sering dikaitkan tidak hanya dengan politisi yang bermarga sama, tapi grup penyanyi ternama juga.

“Istri saya memang bermarga Panjaitan, kadang ditanyain juga ada hubungan saudara nggak sama Pak Trimedya Panjaitan kali yang lain sama Panbers, yang grup musik itu. Sekarang dengan Pak Luhut, he-he-he…. Intinya, info itu tidak benar,” ujar TGB kepada detikcom, Jumat (13/7/).

Selain TGB, Wikipedia berbahasa Indonesia juga turut memberikan klarifikasinya melalui akun Twitter @idwiki. Pihak Wikipedia menyatakan memang ada yang menyunting artikel TGB dan Luhut dengan menuliskan adanya hubungan kekerabatan. Revisi hubungan kekerabatan ini dilakukan pada, Rabu 11 Juli 2018.

Wikipedia menyatakan suntingan di atas merupakan bentuk vandalisme. Dan kini situs yang terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja, telah memperbaiki suntingan tersebut.

Wikipedia pun menyatakan sikapnya yang netral dalam hal apapun. “Karena Wikipedia terbuka untuk semua kalangan, maka Wikipedia akan tetap netral dalam hal ini,” tulis akun @idwiki, Jumat (13/7).

Peristiwa ini juga memancing komentar dari politisi lainnya, diantaranya Politisi PAN, Saleh Partaonan Daulay. Ia meminta Wikipedia untuk mencegah peristiwa serupa agar tak kembali terulang.

“Saya kira memang kelebihan dan kekurangannya di situ. Kelebihannya siapa saja boleh melakukan informasi tambahan, kekurangannya bisa juga orang memasukkan informasi yang bisa saja tak benar. Karena itu, ke depan saya berharap Wikipedia semakin ketat pengawasan,” kata Saleh, Sabtu (14/7/).

Di sisi lain, Sekjen PPP, Arsul Sani menilai berita bohong atau hoaks yang ditujukan kepada TGB ini berasal dari kelompok politik yang terkesan menghalalkan segala cara dalam mengekspresikan sikap politiknya. “Berkembangnya kultur politik seperti ini seharusnya menyadarkan para elite politik berhati-hati dan santun dalam ekspresi di ruang publik,” ujar Arsul, Sabtu (14/7).

Andre yang pertama kali mempertanyakan informasi yang berkembang di media sosial ini, pun meminta agar Wikipedia lebih berhati – hati dalam menyuguhkan informasi, khususnya untuk tokoh publik yang dikenal luas.

Andre pun menegaskan kalau cara seperti ini dalam berpolitik, bukanlah mainan Gerindra. “Kami nggak tahu siapa yang edit. Karena kami dapat di medsos, karena kami ingin klarifikasi utuh dari TGB dan Luhut karena ini di medsos. Bukan mainan kita,” kata Andre, Sabtu (14/7).

Terakhir, TGB pun berpesan kepada semua pihak untuk tidak percaya pada isu hoax. “Pesan saya untuk kita semua, yuk bersihkan ruang publik dari hoax, jangan gunakan sentimen primordial secara berlebihan dan bangun keadaban publik yang baik. Kita semua bersaudara,” tegas TGB.

=====

Referensi:
1. https://twitter.com/idwiki/status/1017704619894456322
2. https://news.detik.com/…/cek-wikipedia-gerindra-tuding-tgb-…
3. https://news.detik.com/…/tgb-istri-saya-bermarga-pandjaitan…
4. https://news.detik.com/…/tgb-diisukan-ipar-luhut-pan-tunjuk…
5. https://www.viva.co.id/…/1053949-koalisi-jokowi-geram-tgb-d…
6. https://news.detik.com/…/isu-hubungan-tgb-luhut-gerindra-mi…
7. https://news.detik.com/…/gerindra-isu-tgb-ipar-luhut-bukan-…