[SALAH] Abu Bakar Baasyir Meninggal Dunia

Informasi dari pesan berantai Whatsapp yang menyebutkan Abu Bakar Baasyir meninggal dunia adalah informasi yang keliru. Dilansir dari detik.com, Achmad Michdan, anggota Tim Pengacara Muslim (TPM) meluruskan, sosok yang disebutkan meninggal sebenarnya ialah M Basri bukanlah Baasyir. “Itu informasinya tertukar, itu salah. Yang meninggal adalah Ustaz Basri, bukan Ustaz Ba’asyir,” ujarnya.

 

=====

 

Kategori: Disinformasi

 

=====

 

Sumber: Pesan Berantai Whatsapp

 

=====

 

Narasi:

 

Inna lillahi wa inna Illaihi raaji’uun.

 

Telah berpulang KH Abu Bakar Baasyir semoga Allah tempatkan Almarhum disisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran, aamiin ya Rabb.

 

lahul Fatihah

 

https://m.kiblat.net/2018/07/09/ustadz-basri-wafat-dalam-tahanan-tpm-minta-ustadz-abu-bakar-baasyir-dirumahkan/

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Beredar pesan berantai melalui media pesan Whatsapp yang menyebutkan Abu Bakar Baasyir meninggal dunia. Dalam pesan itu, disertakan pula sebuah laman berita yang berasal dari portal kiblat.net. Namun, Tim Pengacara Muslim (TPM) telah memastikan informasi tersebut salah.

 

Dilansir dari detik.com, Achmad Michdan, anggota TPM, memastikan bahwa yang meninggal dunia ialah M Basri dan bukan Baasyir. “Itu informasinya tertukar, itu salah. Yang meninggal adalah Ustaz Basri, bukan Ustaz Ba’asyir,” ungkapnya.

 

Senada dengan Michdan, dilansir dari liputan6.com, Hasyim, tangan kanan Abu Bakar Baasyir, memastikan kabar tersebut tidak benar. “Tidak benar itu. Itu berita mlintir, hoaks,” ujarnya.

 

Informasi yang keliru itu bila disimak secara menyeluruh memelintir pemberitaan dari portal berita kiblat.net. Sebab, dalam porta berita tersebut sudah jelas disebutkan yang meninggal dunia ialah M Basri. Pemelintiran konten berita itu berasal dari narasi pesan berantainya, yang berisikan ucapan bela sungkawa untuk Abu Bakar Baasyir.

 

Perihal kondisi kesehatan Abu Bakar Baasyir, dilansir dari timesindonesia.co.id, Kepala Lapas Gunung Sindur, David Gultom mengatakan bahwa kondisinya sehat. “Hoaks pak, saat ini beliau (Abu Bakar Baasyir) sehat wal afiat,” ujarnya.

 

Meski begitu, David mengatakan, kondisi kesehatan Baasyir saat ini memang tidak bisa ditinggalkan sendirian. Sehingga, ia tinggal di blok khusus bersama seorang napi yang direkomendasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

 

=====

 

Referensi:

 

https://news.detik.com/berita/4107645/tpm-luruskan-isu-yang-meninggal-ustaz-basri-bukan-baasyir

https://www.timesindonesia.co.id/read/176135/20180710/203432/hoaks-beredar-kabar-abu-bakar-baasyir-wafat/

https://www.liputan6.com/news/read/3584658/kabar-abu-bakar-baasyir-meninggal-di-tahanan-hoax