[BENAR] PT MRT Klarifikasi Perihal Kebakaran di Stasiun Lebak Bulus

PT MRT memberikan klarifikasi atas terjadinya kebakaran di Stasiun Lebak Bulus. Dilansir dari kompas.com, gatra.com, dan detik.com, Corporate Secertary MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah menjelaskan, kebakaran yang terjadi bukan karena konsleting arus listrik untuk pengoperasian MRT Jakarta sebab di lokasi kejadian belum dialiri arus listrik sama sekali. “Informasi di media massa dan sosial media tentang kebakaran karena korsleting adalah tidak benar. Di lokasi kejadian sama sekali belum dialiri listrik,” ungkapnya.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Atas terjadinya kebakaran di Stasiun Lebak Bulus pada Selasa (3/7) dini hari, PT MRT memberikan klarifikasi. Dilansir dari kompas.com, gatra.com, dan detik.com, Corporate Secertary MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah menjelaskan, kebakaran yang terjadi bukan karena konsleting arus listrik untuk pengoperasian MRT Jakarta sebab di lokasi kejadian belum dialiri arus listrik sama sekali.

 

“Informasi di media massa dan sosial media tentang kebakaran karena korsleting adalah tidak benar. Di lokasi kejadian sama sekali belum dialiri listrik,” ungkapnya.

 

Menurut Tubagus, barang yang terbakar adalah sebuah gulungan kabel atau cabledrum. Selain itu, Tubagus menambahkan, peristiwa kebakaran itu terjadi setelah dilakukan pemasangan kabel di lokasi dan saat kejadian sudah tidak ada pekerja.

 

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan telah dilakukan pembersihan di lokasi pagi ini. Kegiatan proyek tetap berjalan seperti biasa,” ujarnya.

 

Tubagus memastikan bahwa insiden tersebut tidak berdampak pada progres pekerjaan di lapangan. Saat ini, penyebab insiden tersebut masih diinvestigasi.

 

Sambil menunggu hasil investigasi, Tubagus menambahkan, langkah-langkah pengamanan dilakukan, di antaranya memastikan penempatan material yang berpotensi terbakar di lokasi yang aman dan jauh dari jangkauan sumber api. Selain itu, Tubagus menyatakan, intensitas pemeriksaan ditingkatkan setelah pekerjaan di lapangan untuk memastikan tidak ada potensi bahaya yang tertinggal.

 

=====

 

Referensi:

 

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/03/13174531/pt-mrt-bantah-kebakaran-kabel-di-stasiun-lebak-bulus-karena-korsleting

https://www.gatra.com/rubrik/nasional/329985-MRT-Bantah-Kebakaran-Akibat-Korsleting-Listrik

https://news.detik.com/berita/d-4095579/bukan-korsleting-yang-terbakar-di-terminal-mrt-gulungan-kabel