[BENAR] “BI Bantah Keluarkan Uang Berstempel 2019 Ganti Presiden dan Prabowo Satria Piningit”

Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara, Buwono Budi Santoso dan Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Agusman menyatakan pihaknya tidak pernah mengeluarkan uang berstempel 2019 Ganti Presiden dan Prabowo Satria Paningit, Heru Cakra Ratu Adil. Meski pun belum menemukan uang fisik dengan stempel tersebut, jika uang itu kembali ke BI, kata mereka, maka akan dimusnahkan karena dinilai tidak layak edar.

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====
Narasi :
“BI tidak pernah mengeluarkan uang rupiah yang berstempel ganti presiden 2019 dan Prabowo Subianto,” ujar Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Buwono Budi Santoso di Manado, Jumat (22/6)

=====

Penjelasan:
Sebelumnya ramai di media sosial terkait postingan uang yang berstempel 2019 Ganti Presiden dan Prabowo Satria Piningit, Heru Cakra Ratu Adil. Postingan ini pun direspon oleh netizen dengan berbagai komentar.

Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Utara, Buwono Budi Santoso pun angkat bicara guna meluruskan hal tersebut. Ia menyatakan dengan tegas bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan uang itu.

“BI tidak pernah mengeluarkan uang rupiah yang berstempel ganti presiden 2019 dan Prabowo Subianto,” ujar Buwono, Jumat (22/6).

Meski begitu, Buwono mengaku belum menemukan uang fisik dengan stempel tersebut. “Kami belum dapat uangnya sehingga belum dapat mengklarifikasi uang asli atau bukan,” katanya.

Di sisi yang sama, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Agusman menyatakan uang tersebut masih dapat digunakan bila masih tersebar di masyarakat. Namun, jika masuk kembali ke BI maka harus dimusnahkan karena dianggap tidak layak edar.

“Ya, intinya kalau uang sudah rusak atau ada diberi stempel atau apa masuk di BI, pasti dimusnahkan dan pasti dianggap tidak lagi layak edar,” tambah Agusman.

Terakhir, Agusman menyatakan telah mengambil langkah – langkah agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi masalah ini.

“Masa kita tarik, panik dong masyarakat. Kita harus pakai cara baik menjaga ketenangan Stabilisas,” pungkas Agusman.


=====
Referensi:
1. https://www.instagram.com/p/BkBxk1LACla/…
2. https://www.instagram.com/p/BkZUifuAB1z/…
3. https://www.merdeka.com/…/bi-akan-musnahkan-uang-berstempel…
4. https://economy.okezone.com/…/heboh-rupiah-berstempel-ganti…
5. https://economy.okezone.com/…/uang-berstempel-ganti-preside…
6. https://www.liputan6.com/…/kata-bi-soal-uang-berstempel-gan…