[SALAH] “”Bangkai” KM Sinar Bangun Ditemukan”

@sutopo_pn: “Beredar foto KM Sinar Bangun di dasar Danau Toba. Foto ini Hoax. Foto editan. Hingga saat ini bangkai kapal belum ditemukan secara pasti. Apalagi difoto di dasar danau. Kedalaman dasar Danau Toba 490 m, kondisi gelap, dingin dan belum ada alat/penyelam hingga di dasar danau. https://t.co/zSLrfvXVBT”, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2N1NVIa, post oleh Page Facebook “KataKita” (facebook.com/pageKataKita), sudah dibagikan 146 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(2) http://bit.ly/2MiWBsw, post-post oleh akun-akun lain di Facebook (public posts).

======

NARASI

“”BANGKAI” KM SINAR BANGUN DITEMUKAN

Basarnas dan Mahakarya Geo disaksikan oleh Menteri Sosial Bapak Idrus Marham, pada pukul 11:12 WIB telah menemukan dan mengidentifikasi posisi kapal Sinar Bangun

“Nga Dapot Be Hape Kapal’ šŸ˜‡

Alhamdulillah segala Puji bagi Tuhan YME.
Sekitar pukul 11:12 WIB tim survey Basarnas dan Mahakarya Geo Survey – IAITB yg dipimpin langsung oleh Kepala Basarnas serta disaksikan oleh Menteri Sosial Bapak Idrus Marham, telah menemukan dan mengidentifikasi posisi kapal Sinar Bangun di koordinat:

2 deg 47ā€™ 3.835 N
98 deg 46ā€™ 10.767 E
Kedalaman 450 meter.

Selanjutnya kami serahkan hasil ini kepada pihak berwenang untuk langkah-langkah strategis berikutnya.

Mengingat kondisi kedalaman yg mencapai 450 meter, kami usulkan untuk memobilisasi ROV ECA H1000 semi work class untuk membantu proces pengangkatan kapal yang diperkirakan banyak korban masih terperangkap di dalam badan kapal.

Terima kasih atas doa dan dukungan luas dari masyarakat akan upaya pemetaan Hydrography khususnya untuk misi Search and Rescue.

Salam, Hydrography untuk Negeri

Atas nama Tim Basarnas, Mahakarya Geo Survey – IAITB

*N. Henky Suharto*.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2130518090552964&id=100007843805001”.

======

PENJELASAN

http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: ā€œKoneksi yang Salah

Ketika judul, gambar, atau keterangan tidak mendukung kontenā€.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2MnM8vX, @sutopo_pn: “Beredar foto KM Sinar Bangun di dasar Danau Toba. Foto ini Hoax. Foto editan. Hingga saat ini bangkai kapal belum ditemukan secara pasti. Apalagi difoto di dasar danau. Kedalaman dasar Danau Toba 490 m, kondisi gelap, dingin dan belum ada alat/penyelam hingga di dasar danau. https://t.co/zSLrfvXVBT”

——

(2) http://bit.ly/2lC8yOS, kompas.com: “[HOAKS] Foto Kapal Sinar Bangun di Dasar Danau Toba

MELA ARNANI
Kompas.com – 26/06/2018, 09:32 WIB

(foto)
Beredar foto yang menyebutkan bangkai kapal Sinar Bangun ditemukan di dasar Danau Toba. Foto ini hoaks.(Twitter)

HOAKS! Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

AKARTA, KOMPAS.com – Beredar foto yang menyebutkan bahwa objek kapal dalam foto itu adalah bangkai Kapal Motor Sinar Bangun yang ditemukan di dasar Danau Toba. Foto ini dipastikan tidak benar alias hoaks. Pelurusan soal kebenaran foto ini disampaikan Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya, @Sutopo_PN, Selasa (26/6/2018).

Sutopo mengatakan, hingga saat ini penemuan bangkai kapal belum dipastikan. “Beredar foto KM Sinar Bangun di dasar Danau Toba. Foto ini hoax. Foto editan. Hingga saat ini bangkai kapal belum ditemukan secara pasti. Apalagi difoto di dasar danau. Kedalaman dasar Danau Toba 490 meter, kondisi gelap, dingin dan belum ada alat/penyelam hingga di dasar danau,” demikian twit Sutopo.

@Sutopo_PN
Beredar foto KM Sinar Bangun di dasar Danau Toba. Foto ini Hoax. Foto editan. Hingga saat ini bangkai kapal belum ditemukan secara pasti. Apalagi difoto di dasar danau. Kedalaman dasar Danau Toba 490 m, kondisi gelap, dingin dan belum ada alat/penyelam hingga di dasar danau. 4:57 AM – Jun 26, 2018

Sebelumnya, sejumlah warganet mengunggah berita soal penemuan bangkai kapal Sinar Bangun disertai dengan foto sebuah kapal yang berada di dasar perairan. Salah satunya dibagikan oleh warganet berikut ini:

@aznilripos
Bangkai Kapal Sinar Bangun Ditemukan di Dasar Danau Toba detakindonesia(dot)co(dot)id/read/detail/2019/bangkai-kapal-sinar-bangun-ditemukan-di-dasar-danau-toba
10:46 PM – Jun 25, 2018

Dua objek di Danau Toba Sebelumnya, ditemukan dua objek di Danau Toba berjarak 2,5 kilometer dan 2 kilometer arah Barat Daya dari lokasi jatuhnya KM Sinar Bangun. Basarnas masih terus bekerja menganalisa objek tersebut.

Kepala Basarnas M Syaugi, di Pelabuhan Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Senin (25/6/2018), mengatakan, tim khusus masih berada di tengah danau guna menganalisa dua objek itu, apakah merupakan bangkai KM Sinar Bangun atau kapal lain yang pernah tenggelam di Danau Toba. Jika objek itu benar merupakan KM Sinar Bangun yang tenggelam, maka akan ditindaklanjuti mengenai upaya menarik kapal dari danau. Jika Basarnas tak mampu, akan meminta bantuan semua pihak termasuk masyarakat. Sementara, terkait jumlah penumpang, berdasarkan data Posko SAR Gabungan di Pelabuhan Tigaras, total penumpang adalah 188 orang. Dari 188 penumpang tersebut, 21 orang selamat, 3 orang meninggal dunia, dan 164 orang lainnya dinyatakan hilang.

(video)
Tim Basarnas masih belum bisa memastikan dua objek yang ditemukan di dasar Danau Toba, Sumatera Utara. (Kompas TV)
Penulis: Mela Arnani
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary”.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/670067456659126/