[BENAR] “Foto wanita Iran yang menonton Piala Dunia tanpa hijab menjadi viral”

“Seorang pengguna Reddit mengunggah foto yang diambil di Piala Dunia minggu ini oleh fotografer AP, Frank Augstein. Keterangan AP, yang dapat ditemukan di Shutterstock, cukup mudah, mengidentifikasi orang-orang di foto sebagai penggemar menunggu pertandingan antara Spanyol dan Iran di Rusia. Tetapi pengguna Reddit yang bermata elang, bersama dengan banyak orang lain, melihat detail penting tentang wanita dalam foto itu. Dalam ID yang dikenakan wanita itu, dia mengenakan jilbab – tetapi dalam foto yang diambil pada pertandingan, penutup kepala tidak bisa ditemukan.”, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Klarifikasi.

======

SUMBER

Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.

======

PENJELASAN

AP adalah singkatan dari “Associated Press”, https://www.ap.org/about/: “ABOUT US

The definitive source for news

The Associated Press is an independent, not-for-profit news cooperative headquartered in New York City. Our teams in over 100 countries tell the world’s stories, from breaking news to investigative reporting. We provide content and services to help engage audiences worldwide, working with companies of all types, from broadcasters to brands.”

======

REFERENSI

yahoo.com: “Foto wanita Iran yang menonton Piala Dunia tanpa hijab menjadi viral

Meghan DeMaria
Gaya Hidup Yahoo 24 Juni 2018

(foto)
Penggemar sepak bola Iran di Piala Dunia di Kazan, Rusia. (Foto: Frank Augstein / AP / Rex / Shutterstock)

Sebuah foto penggemar yang tampaknya biasa di Piala Dunia akan menjadi viral – dan melihat lebih dekat pada gambar menunjukkan alasannya.

Seorang pengguna Reddit mengunggah foto yang diambil di Piala Dunia minggu ini oleh fotografer AP, Frank Augstein. Keterangan AP, yang dapat ditemukan di Shutterstock, cukup mudah, mengidentifikasi orang-orang di foto sebagai penggemar menunggu pertandingan antara Spanyol dan Iran di Rusia.

Tetapi pengguna Reddit yang bermata elang, bersama dengan banyak orang lain, melihat detail penting tentang wanita dalam foto itu. Dalam ID yang dikenakan wanita itu, dia mengenakan jilbab – tetapi dalam foto yang diambil pada pertandingan, penutup kepala tidak bisa ditemukan.

Piala Dunia tahun ini adalah salah satu yang penting bagi wanita Iran juga. Perempuan dilarang menonton kegiatan olah raga pria sejak larangan de fakto diberlakukan setelah revolusi Islam 1979, kata Huffington Post . Tidak ada larangan hukum resmi, tetapi wanita telah ditangkap karena menghadiri acara olahraga pria di Iran di masa lalu. Namun pada hari Rabu, para wanita bergabung dengan orang banyak di Stadion Azadi di Teheran untuk menonton siaran langsung pertandingan Iran-Spanyol. Memang, itu bukan acara olahraga langsung yang diadakan di negara mereka, tetapi ini adalah awal.

Penggemar lainnya, seperti wanita dalam foto sekarang-viral, melakukan perjalanan ke Rusia untuk Piala Dunia. Dengan melihat peristiwa Piala Dunia di Kazan, wanita Iran memiliki kesempatan untuk menghibur tim negara mereka , hidup dari tribun. Beberapa wanita juga membawa tanda-tanda bersama mereka ke Piala Dunia, mengadvokasi perubahan dalam kebijakan Iran. “Mendukung perempuan Iran untuk menghadiri stadion,” kata salah satu tanda Piala Dunia .

Wanita dalam gambar itu belum diidentifikasi, dan tidak jelas mengapa dia mungkin pergi tanpa jilbab dari foto ID. Seorang pengamat Reddit berspekulasi bahwa itu mungkin karena jika foto itu diambil di Iran, dia mungkin diminta untuk memakainya. Komentator menambahkan bahwa beberapa wanita tidak mengenakan jilbab saat bepergian ke luar Iran. Itu bisa karena jilbab mungkin diperlukan di negara mereka karena aturan dan tidak harus karena keyakinan agama, komentar tersebut menjelaskan.

Apa pun kondisinya di sekitar wanita dalam foto khusus ini, sepertinya dia bersenang-senang bersorak-sorai di timnya.”

(Google Translate Chrome extension, tautan ke bahasa asli (English): https://yhoo.it/2MnV2K1).

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/669282623404276/