[BENAR] SMS yang bertuliskan ‘Coblos Khofifah-Emil for Amien Rais Presiden 2019!’

“Tidak berasal dan atau bukan merupakan keputusan partai. PAN Jawa Timur juga sudah menghubungi nomor penyebar SMS tersebut, namun tidak aktif,” Bendahara PAN Jatim, Agus Maimun.

 

======

 

Kategori : KLARIFIKASI

======

 

Penjelasan :

 

Beredar dua pesan singkat SMS di wilayah Surabaya yang isi pesannya berkaitan dengan seruan mencoblos Khofifah-Emil untuk Amien Rais Presiden 2019.

 

Pesan pertama bertuliskan ‘Coblos Khofifah-Emil for Amien Rais Presiden 2019! cloo.glcWf6Xx -PAN JATIM’.

SMS yang kedua itu bertuliskan ‘Demi Amien Rais presiden 2019 coblos Khofifah-Emil qoo.glcWf6Xx -DPP PAN’.

 

Dikutip dari cnnindonesia.com, salah satu anggota Timses Khofifah – Emil, yang juga menjabat sebagai Bendahara PAN Jatim, Agus Maimun menegaskan bahwa SMS tersebut sebenarnya hampir sama dengan SMS yang mengatasnamakan BM PAN beberapa waktu lalu.

“Sebenarnya kita sudah klarifikasi. Kami merasa dirugikan dengan adanya SMS itu. SMS itu bertendensi provokatif dan bukan berasal dari kami,” tuturnya.

Dia juga merasa SMS itu merugikan PAN. Alasannya, SMS tersebut mencoba mengaitkan antara Pilgub dan Pilpres secara tidak berdasar. Pasalnya, kontestasi di daerah tidak ada sangkut pautnya dengan kontestasi nasional Pilpres.

 

“Tidak berasal dan atau bukan merupakan keputusan partai. PAN Jawa Timur juga sudah menghubungi nomor penyebar SMS tersebut, namun tidak aktif,” katanya.

Dia mengimbau pada siapapun dan pihak manapun untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan kegaduhan politik dan berdampak tidak baik di Jawa Timur.

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

 

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180625120049-32-308804/sms-amien-rais-presiden-2019-beredar-di-surabaya

 

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4080890/beredar-sms-coblos-salah-satu-paslon-begini-klarifikasi-bm-pan

About Levy Nasution 278 Articles
Journalist, traveller