[BENAR] KLARIFIKASI REBECCA, WANITA YANG DITUDING TEMBAK RAZAN AL-NAJJAR

 

Nama Rebecca belakangan menjadi bahan perbincangan lantaran dituding menjadi penyebab meninggalnya Razan Al-Najjar. Setelah foto-fotonya tersebar didunia maya, Rebecca akhirnya angkat bicara guna melakukan klarifikasi atas tudingan tersebut.

KATEGORI : KLARIFIKASI

===

SUMBER : MEDIA DARING

===

NARASI :

Suhair Nafal : “Tapi sekali lagi, bukan dia yang membunuh Razan,”.

===

PENJELASAN : Belakangan masyarakat dikagetkan dengan meninggalnya Razan al-Najjar, seorang perawat yang bekerja secara sukarela untuk Palestinian Medical Relief Society (PMRS). Razan bekerja di area yang hanya beberapa ratus meter dari rumah keluarganya. Naas saat tengah melakukan tugas, Razan ditembak mati oleh tentara Israel saat berlari menuju pagar perbatasan untuk menolong korban yang terluka di Gaza.

Namun belakangan, media sosial dibuat heboh dengan sosok perempuan yang dikabarkan menjadi penyebab meninggalnya Razan. Ia adalah, Rebecca yang dituding sebagai sniper Israel yang melontarkan peluru panas hingga menembus dada Razan. Foto-foto Rebecca pun menyebar dan menjadi viral di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Viralnya foto Rebecca berawal dari postingan Facebook milik Suhair Nafal, seorang wanita yang tinggal di Chicago. Suhair tanpa sengaja memposting perbandingan foto Rebecca dengan Razan untuk menganalogikan sikap Israel terhadap Palestina. Sehingga, terbentuk persepsi Rebecca adalah tentara pencabut nyawa Razan. Netizen dibuat memanas tatkala laman Facebook “Freedom for Gaza”, turut memasang pos milik Suhair dengan narasi “Ini pembunuh terlatih yang menembak seorang perawat Palestina berusia 21 tahun di Gaza saat dia membantu warga sipil yang terluka,”.

Tau postingannya menimbulkan polemik, Suhair akhirnya melakukan klarifikasi. Ia menjelaskan bahwa dia tidak pernah bermaksud untuk menyatakan bahwa Rebecca telah membunuh Razan.

Tapi sekali lagi, bukan dia yang membunuh Razan,” tegas Suhair.

Bantahan juga dilakukan oleh Rebecca sebagai pihak yang tersudut. Melalui sebuah unggahan video, Rebecca membantah keras semua tuduhan yang mengarah kepadanya. Rebecca menyebut dirinya dibebaskan sekitar dua setengah tahun lalu dari Israel Defense Forces (IDF). Ia juga membantah tudingan mengenai dirinya adalah seorang sniper. Ia mengaku tidak pernah menjadi sniper selama berada di IDF.

===

REFERENSI :

http://wartakota.tribunnews.com/2018/06/04/viral-tentara-israel-perempuan-ini-dituding-sniper-yang-bunuh-razan-ini-klarifikasi-dirinya?page=all

https://indopos.co.id/read/2018/06/04/140264/rebecca-sangkal-tuduhan-menembak-razan

https://www.youtube.com/watch?v=_3wxBPOR7yU