[SALAH] Tiket Pesawat Jakarta-Surabaya Jelang Lebaran Rp4 Juta Per Penumpang

Informasi tentang naiknya harga tiket pesawat Jakarta-Surabaya jelang lebaran di Media Sosial merupakan informasi yang tidak benar atau hoaks. Dilansir dari setkab.go.id, antaranews.com, liputan6.com, tribunnews.com, dan tempo.co, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan informasi mengenai naiknya tarif pesawat Jakarta-Surabaya adalah hoaks. Sebab, Budi Karya menjelaskan, berdasarkan ketentuan, tarif Jakarta-Surabaya maksimal Rp1,3 Juta dan pergi-pulang Rp2,6 Juta per penumpang. “Berdasarkan ketentuan maksimal tarif maskapai tersebut adalah Rp 1,3 juta atau PP sebesar Rp 2,6 juta. Saya telah mengatakan kepada operator maskapai penerbangan menetapkan tarif usahakan jangan sampai ke batas atas,” kata Menhub.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Sumber: Media Sosial

 

https://www.facebook.com/syukriy.abdullah/posts/10212669989281058

https://www.facebook.com/sferonica/posts/1888469124551577

https://www.facebook.com/andi.agus/posts/10212516286609499

https://www.facebook.com/syaiful.se.9/posts/2194263100588281

(dan masih banyak lagi)

 

=====

 

Narasi:

 

Harga Tiket Pesawat Lebaran Meroket Tak Terkendali tanpa ada kontrol lagi

———-

Sangat disesalkan saat terjadi kemacetan transportasi darat dimana-mana, bukannya dibantu untuk mengurangi kemacetan tersebut dengan menurunkan harga tiket pesawat lebaran tapi malak diambil kesempatan dalam kesempitan dengan menaikkan tiket pesawat yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah penerbangan nasional. seolah-olah tanpa ada kendali dari pemerintah dalam hal ini departemen perhubungan.

 

Sebagai contoh tiket pesawat Jakarta – Surabaya yang biasanya diluar lebaran pp bisa dapat dengan harga kurang dari Rp 1 juta/perorang saat ini bisa menjadi Rp 4 juta/perorang. ini bukan kenaikan tapi main gila, memegang monopoli lalu memainkan harga seenaknya.

 

Bagaimana tanggungjawab Pemerintah dan DPR serta media kok sampai hari ini tidak ada yang menyorotinya. ini untuk seluruh maskapai penerbangan mulai yang termahal Garuda, Citilink, Sriwijaya, Air Asia dan Lion semua sama kompak mengambil kesempatan dalam kesempitan.

 

Keadaan ini sangat mencekik masyarakat, seolah-olah seluruh uang THR harus diserahkan kepada maskapai penerbangan.

 

dengan sistem penjualan tiket online maka harga tiket pesawat mirip pembelian saham pada bursa saham, setiap saat harga tiket bisa naik, lalu turun sedikit lalu naik lagi tak terkendali

 

Kami meminta kepada Pemerintah dan DPR untuk menghentikan pratek main gila dari maskapai penerbangan nasional dan menyetop kenaikan tiket agar tidak melampaui 30 % dari biasanya. jika karena menimnya armada pesawat maka hendaknya menyewa pesawat asing khusus untuk operasi lebaran agar harga bisa ditekan.

 

Apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah dan masyarakat?

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Di media sosial sempat viral informasi mengenai harga tiket pesawat Jakarta-Surabaya jelang lebaran melonjak hingga Rp4 Juta per penumpang. Informasi tersebut terpantau tersebar sejak tanggal 28 Mei 2018 hingga 31 Mei 2018. Pihak Kementerian Perhubungan pun sudah angkat bicara dan menyatakan informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

 

Dilansir dari setkab.go.id, antaranews.com, liputan6.com, tribunnews.com, dan tempo.co, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan informasi mengenai naiknya tarif pesawat Jakarta-Surabaya adalah tidak benar atau hoaks.

 

“Itu berita bohong karena ada ketentuan tarif batas atas untuk jurusan tersebut,” tegas Budi Karya. Lebih lanjut Budi Karya menjelaskan, tarif Jakarta-Surabaya maksimal Rp1,3 Juta dan pergi-pulang Rp2,6 Juta per penumpang.

 

“Berdasarkan ketentuan maksimal tarif maskapai tersebut adalah Rp1,3 juta atau PP sebesar Rp2,6 juta. Saya telah mengatakan kepada operator maskapai penerbangan menetapkan tarif usahakan jangan sampai ke batas atas”, kata Menhub.

 

Budi mengatakan, maskapai penerbangan memiliki hak untuk menetapkan tarif keberangkatan ke batas atas. Namun, ia meminta kepada maskapai agar sebisa mungkin tidak menaikkan tarif ke batas atas. “Tapi tolong dilihat juga sedapat mungkin jangan sampai ke batas atas kalau mungkin masih ada batas-batas yang favorable buat masyarakat,” ucapnya.

 

Budi Karya menegaskan, bila ada maskapai yang menerapkan tarif melewati batas atas maka pihaknya akan memberikan sanksi. “Kami kasih sanksi di tujuan tertentu kami batalkan,” ujar Menhub.

 

=====

 

Referensi:

 

http://setkab.go.id/paling-tinggi-rp13-juta-menhub-sebut-tarif-pesawat-jakarta-surabaya-rp4-juta-hoax/

https://www.antaranews.com/berita/715570/pemerintah-pastikan-tiket-jakarta-surabaya-rp4-juta-itu-hoax

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3547768/menhub-harga-tiket-pesawat-jakarta-surabaya-rp-4-juta-hoaks

http://wartakota.tribunnews.com/2018/06/03/penjelasan-budi-karya-sumadi-soal-kabar-harga-tiket-jakarta-surabaya-rp-4-juta?_ga=2.10810612.1110570365.1528071745-1308271157.1528071745

https://bisnis.tempo.co/read/1094989/menhub-jamin-tak-ada-maskapai-pakai-tarif-di-atas-batas-atas