[SALAH]: Video Orang Yang Telah di Makamkan Selama 4 Hari Kembali Hidup

Foto ilustrasi: beritakaltim.co

Debunk ini berisi sebuah video pembongkaran makam karena di orang yag dikubur diduga masih hidup setelah empat hari dimakamkan. Kejadian yang berlangsung di Kalimantan Selatan itu adalah sebuah info yang merujuk pada kategori DISINFORMASI. Karena faktanya Video tentang pembongkaran makam karena orang yang di dalamnya diduga masih hidup memang ada. Tapi, setelah diperiksa, ternyata orang tersebut memang benar-benar sudah meninggal dunia. Video tersebut juga adalah video tahun 2010 silam.

======

[KATEGORI]: DISINFORMASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL & YOUTUBE (https://www.youtube.com/watch?v=6wXsR6gduts)

======

[NARASI]:

“Di KM 7 Banjarmasin. Kalsel… seseorang yg telah meninggal dan sudah dimakamkan selama 4 hari menangis di dalam kubur. Warga sekitar yg mendengar tangisan itu penasaran. Dan ahirnya memberitahukan kepada pihak keluarga. Kemudian makam itu dibongkar lagi. Kejadian luar biasa terjadi. Ternyata orang itu hidup kembali…!!! Allah menunjukkan kekuasaan-Nya bahwa tidak ada yg tidak mungkin apabila Allah sudah berkehendak. Subhanallah. Subhanallah. Subhanallah.. . silakan saksikan sendiri tanpa rekayasa…!!!

Setelah dia normal kesehatannya, dia menangis tuk memohon kpd seluruh umat terutama saudara-saudaranya, agar jgn melalaikan Sholat, banyak mengingat Allah, banyak berbuat kebaikan karena waktu dikubur benar-benar sudah dipertanggung jawabkan,(kalian jgn menyesal kelak, kalian jgn sampai menyesal kelak) itu ucapan dia berulang-ulang. Subhanallah.

======

[PENJELASAN LENGKAP]:

Belum lama ini beredar kembali video lama yang menyebutkan bahwa ada mayat hidup kembali setelah makamnya di gali oleh warga sekitar. Mayat itu diklaim hidup kembali setelah 4 hari meninggal. Berita itu sudah muncul sejak tahun 2010 silam. Banyak yang menilai bahwa berita itu adalah palsu atau bohong.

Orang yang meninggal dan makamnya dibongkar lagi tersebut bernama Yadi. Dia merupakan warga Kelurahan Kelayan Selatan, Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan. Makam Yadi dibongkar setelah delapan jam dimakamkan, bukan empat hari seperti narasi yang banyak tersebar di media sosial.

Pembongkaran itu juga dilakukan atas permintaan keluarganya. Ceritanya, setelah pemakaman, istri Yadi seperti orang kesurupan dan menyakini suaminya masih hidup.

Dia minta makam suaminya dibongkar untuk memastikan. Yadi diceritakan meninggal karena tenggelam di sebuah sungai. Saat ditemukan, dia sekarat. Namun, kemudian pihak rumah sakit memastikan Yadi meninggal.

Setelah dimakamkan, istri Yadi masih tak percaya. Karena itu, akhirnya makam dibongkar. Jenazah Yadi dibawa ke rumah sakit untuk kembali diperiksa. Tim medis sebenarnya tetap menyatakan bahwa Yadi telah meninggal. Tetapi, keluarga tidak yakin karena menganggap tubuh Yadi masih hangat dan berkeringat. Akhirnya, setelah tak ada tanda-tanda kehidupan, keluarga pun pasrah dan jenazah kembali dimakamkan.

Pesan itu sempat menyebar beberapa kali. Terakhir, pesan tersebut sempat heboh di pengujung 2017. Pihak kepolisian setempat saat itu sempat menyebutnya hoax. Sebab, memang ketika itu tidak ada kejadian seperti disebutkan dalam pesan yang beredar di media sosial tersebut. Polisi tidak salah karena kejadian dalam video itu ternyata sudah lawas.

======

REFERENSI:

https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/30/05/2018/sudah-dikubur-hidup-lagi

https://www.dream.co.id/unik/warga-gempar-beredar-video-mayat-hidup-lagi-di-banjarmasin-1710097.html