[SALAH] “Masih Mau Bilang Serbuan Aseng China Komunis Adalah Hoax?”

KTP yang tercecer di Bogor tersebut adalah KTP rusak/invalid yang sedang dalam proses pengangkutan, insiden sudah direspon oleh yang berkaitan dan proses investigasi sedang berlangsung. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari beberapa anggota FAFHH.

——

(2) http://bit.ly/2GU5BkS, post oleh akun “Rakyat Jakarta”. Sudah dibagikan 9.016 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(3) http://bit.ly/2J7SLVr, post oleh akun “Daqwah Islami”. Sudah dibagikan 2.294 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(4) http://bit.ly/2J75Wpr, post-post oleh akun-akun lainnya di Facebook (public posts).

——

(5) http://bit.ly/2LAyC8S, cuitan oleh akun Twitter “Hulk” (@hulk_idn). Sudah dibagikan 954 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

(1) “Hanya terjadi di Rezim DILAN (mukiDI siaLAN)

Masih mau bilang “Serbuan Aseng China Komunis” adalah Hoax???

Saat sebagian warga negara kekurangan blanko KTP, telah ditemukan Ribuan KTP di Pertigaan Salabenda Kemang Bogor atas nama Aseng China Komunis

Saat nya Pribumi sadar dan bangkit melawan, sebelum negri Dongeng benar benar terjajah oleh Aseng China Komunis

#2019GantiPresiden”.

——

(2) “Hanya terjadi di Rezim DILAN #mukiDI

Saat sebagian warga negara kekurangan blanko KTP, telah ditemukan Ribuan KTP di Pertigaan Salabenda Kemang Bogor atas nama Aseng China Komunis
Saat nya Pribumi sadar dan bangkit melawan, sebelum negri Dongeng benar benar terjajah oleh Aseng China Komunis”.

——

(3) “Seperti yang hulk bocorkan tanggal 9 maret 2018 lalu bahwa sedang dibuat KTP di Beijing China paling lambat akhir Mei tahun ini | dan terbukti berita 26 Mei 2018 hari ini banyak KTP data asing yang jatuh berceceran!

Hulk tidak pernah berbohong! @marierteman”.

——

(4) Variasi narasi lainnya.

======

PENJELASAN

http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2J91XsB, tirto.id: “Mendagri Minta Kejadian E-KTP yang Tercecer di Bogor Diinvestigasi

(foto)
ilustrasi KTP-el. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Oleh: Yulaika Ramadhani – 27 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit

“Saat ini, semua KTP elektronik rusak yang terjatuh tersebut sudah masuk gudang.”

tirto.id – Insiden tercecernya sejumlah KTP elektronik atau E-KTP di Jalan Raya Salabenda Semplak, Kabupaten Bogor, Sabtu Siang (26/5) ditanggapi pihak Kemendagri. Bahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mempertanyakan kenapa insiden semacam ini bisa terjadi dan memerintahkan investigasi.

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Dr Zudan Arif Fakrulloh menyatakan KTP elektronika yang ditemukan terjatuh di Jalan Raya Salabenda Semplak, Kabupaten Bogor sudah diamankan.

“Saat ini, semua KTP-elektronik rusak yang terjatuh tersebut sudah masuk gudang,” kata Zudan kepada Tirto Minggu (27/5/2018).

Ia juga menjelaskan bahwa Sesditjen Dukcapil I Gede Suratha sudah melakukan Pengecekan di lapangan dengan jajaran Polsek Kemang dan Polres Kabupaten Bogor.

Menurutnya, hasil pengecekan tersebut menunjukkan bahwa KTP elektronika yang tercecer tersebut adakah KTP elektronik rusak/invalid dan diangkut dari gudang penyimpanan sementara di Pasar Minggu ke Gudang Kemendagri di Semplak Bogor.

“Untuk rekan-rekan ketahui KTP elektronik rusak tersebut tahun percetakannya 2013,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, semua KTP elektronik yang jatuh dari mobil pengangkut sudah diamankan dan dikembalikan ke mobil pengangkut untuk selanjutnya dibawa ke Gudang Penyimpanan di Semplak. Proses tersebut disaksikan oleh petugas Kemendagri yang ditugaskan melaksanakan pemindahan barang dari Pasar Minggu ke Semplak.

“Truk itu tidak hanya mengangkut KTP-elektronik saja saja. Namun, juga mengangkut lemari, komputer rusak, dokumen-dokumen, dan lain-lain. Truk tersebut juga dikawal dengan mobil sehingga ketika ada barang yang jatuh bisa diketahui,” lanjutnya.

Zudan juga menjelaskan KTP-elektronik rusak/invalid yang dibawa ke Semplak sebanyak 1 dus dan 1/4 (seperempat) karung. Ia menambahkan, jumlah kepingnya tidak dihitung karena merupakan gabungan dari sisa-sisa pengiriman sebelumnya.

Ia menambahkan, saat ini permasalahan telah ditangani Polres Kabupaten Bogor dan rencananya pagi ini beberapa staf yang mengawal barang tersebut dan Sopir akan dimintai keterangan. Zunda juga meluruskan berita terkait kabar yang beredar terkait KTP-el

“Tidak ada WNA dalam KTP-el yang rusak itu,” katanya.

Namun, kejadian ini tentu mencoreng Kemendagri sebagai pihak yang bertanggung jawab soal KTP elektronik yang tercecer. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memerintahkan biro hukum untuk segera turun melakukan investigasi di Dirjen Dukcapil.

“Siapa yang tanggung jawab, pasti ada unsur sabotase. Walau KTP-elektronik rusak atau invalid, kenapa tidak langsung dihancurkan dan kenapa harus dipindahkan ke gudang dukcapil di Bogor?” kata Tjahjo kepada Tirto.

Ia juga mempertanyakan perihal truk yang mengangkut KTP-elektronik tersebut. Menurutnya, tidak seharusnya KTP-elektronik diangkut dengan truk terbuka.

“Apa tidak ada truk tertutup, kok pakai mobil terbuka dan tidak dijaga? walau hanya ratusan yang tercecer, yaitu sejumlah 2 dus mi instan dan tidak ada nama palsu atau WNA, apapun itu harusnya tetap waspada,” katanya.

Ia juga memerintahkan kepada Dirjen Dukcapil untuk segera memusnahkan KTP-el yang rusak tersebut, untuk menghindari penyalahgunaan.

“Saya berpendapat sebagai Mendagri, ini sudah bukan kelalaian tapi sudah unsur kesengajaan. Kalau memang disalahgunakan saya minta polisi mengusutnya,” pungkasnya.

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani”.

——

(2) http://bit.ly/2sfe8d1, detik.com: “Sabtu 26 Mei 2018, 22:41 WIB

2 Kardus e-KTP Beralamat Sumatera Selatan Tercecer di Bogor

Farhan – detikNews

(foto)
Foto: Istimewa

Bogor – Warga di simpang Salabenda, Desa Parakansalak, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor dihebohkan dengan sejumlah KTP (Kartu Tanda Penduduk) Elektronik yang jatuh tercecer di tengah jalan raya. e-KTP yang diduga berjumlah ratusan hingga ribuan tersebut jatuh dari truk yang mengangkutnya.

Ugan, pengemudi ojek pangkalan yang ditemui di sekitar lokasi menyebut, KTP yang jumlahnya ribuan tersebut jatuh tercecer dari mobil truk terbuka tepat di traffic light pertigaan Salabenda, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor sekitar pukul 13.15 WIB, Sabtu (26/5/2018).

“Pas saya baru sampai sini, tiba-tiba sudah ramai. Itu ada dua kardus mie rebus isinya KTP elektronik jatuh dari mobil truk terbuka. Sama warga dipanggil-panggil kan itu sopirnya, terus berhenti, terus dikumpulin lagi, diambilin lagi sama sopir dibantuin sama tukang ojek sini,” kata Ugan ditemui di pangkalan ojek Salabenda, Sabtu (26/5/2018) petang.

Menurutnya, pada KTP-KTP elektronik yang tercecer tersebut terdapat tulisan Pemerintah Sumatera Selatan. “Di KTP itu ada tulisan Sumatera Selatan, mungkin asalnya dari sana. Masa berlakunya juga ada yang sampai 2017 ada yang seumur hidup. Tapi belum tahu kan itu KTP mau dibawa ke mana dan mau diapain,” kata Ugan.

“Saya kira itu jumlahnya sampai jutaan ya. Kan itu kardus-kardus itu isinya KTP semua, itu kata sopir truknya. Banyak itu kardusnya, nah KTP yang jatuh itu dari dua kardus kalau nggak salah,” imbuh Ugan.

Ugan menyebut, truk dengan bak terbuka tersebut datang dari arah Jalan Raya Yasmin-Salabenda, Kota Bogor menuju Jalan Raya Parung-Bogor, Kabupaten Bogor.

“Jadi saya kira ini mobil datang dari sana, bisa jadi dia baru keluar tol BORR itu. Katanya KTP itu juga sempat tercecer di Kayu Manis (Jalan Raya Simpang Yasmin-Salabenda) masuk Kota Bogor,” kata Ugan mengutip keterangan sopir pengangkut e-KTP.

Usai mengumpulkan kembali KTP-KTP yang tercecer dan menyimpannya di bak mobil, kata Ugan, sopir yang tidak diketahui namanya tersebut melanjutkan perjalanan ke arah Parung yang berbatasan dengan Jakarta dan Banten.

“Kalau pelat nomor mobilnya saya nggak tahu, saya juga nggak tanya-tanya siapa namanya,” kata Ugan.

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak kepolisian terkait ribuan KTP Elektronik yang tercecer di tengah jalan raya tersebut. Informasi ini juga teraebar di media sosial instagram.

(bag/bag)”.

======

CATATAN

Untuk cuitan oleh akun @hulk_idn, berhubungan dengan post sebelumnya di https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/612911542374718/ dan https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/612521262413746/.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/648464118819460/