[SALAH] SPBU di Cipinang Meledak dan Terbakar

Foto: Facebook Iwan Septiawan Ramadhan Asmady

Sebuah Video beredar di media sosial disertai keterangan terjadinya kebakaran disertai ledakan yang terjadi di SPBU daerah Cipinang. Namun Kasie Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaiman menegaskan video yang beredar itu hoaks..

======

[KATEGORI]: MISINFORMASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN LENGKAP]:

Media sosial diramaikan dengan video yang disebut-sebut sebagai kebakaran di sebuah SPBU di Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (23/5). Bahkan, dalam unggahan itu disebutkan SPBU sempat meledak.

Berikut pesan viral di jejaring media sosial :

Peringatan buat kita semua !!!!!
Org tua keluar mobil mengisi BENSIN
Anak anak maen hp didalam mobil
Menyebabkan sebuah PELEDAKAN !!!
Pom bensin Cipinang meledak dan terbakar.

Terkait menyebarnya informasi itu, Kasie Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaiman menegaskan video yang beredar itu hoaks.

“Hoaks itu,” ujar Gatot saat dikonfirmasi kumparan, Rabu (23/5).

Gatot memastikan, kebakaran yang ada di dalam video itu merupakan peristiwa pada Senin (21/5). Kebakaran juga melanda rumah penduduk di Cipinang Muara, Jakarta Timur, bukan SPBU.

“Itu kebakaran rumah bukan SPBU. SPBU-nya enggak apa-apa,” imbuh dia.

Kebakaran memang melanda permukiman padat penduduk di Cipinang Muara, Jakarta Timur, Senin (21/5). Akibat kebakaran itu, sedikitnya 40 rumah hangus terbakar.

Petugas mengerahkan 16 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Api baru berhasil dipadamkan setelah 1 jam proses pemadaman.

[KESIMPULAN]:

Perisitiwa kebakaran memang terjadi di daerah Cipinang Pada senin lalu dan terdapat SPBU di samping wilayah yang terbakar. namun informasi SPBU terbakar adalah tidak benar dan masuk kedalam kategori MISINFORMASI.

======

REFERENSI:

https://kumparan.com/@kumparannews/hoax-buster-tidak-benar-spbu-di-cipinang-meledak-dan-terbakar

SPBU di Jakarta Terbakar Hebat, Penyebabnya Diduga dari HP ?