[BENAR] “Tribun News Tidak Menuliskan Densus 88 Mengamankan Barang Bukti Al Quran saat Menggeledah Rumah Driver Ojol Terduga Teroris di Medan”

Media Daring Tribun News membantah informasi yang mengatakan pihaknya menuliskan Densus 88 mengamankan barang bukti berupa Al Quran di rumah driver ojol berinisial MYR terduga pelaku teroris yang di tangkap di Medan, Sumatera Utara. Penyesatan informasi dengan modus mengubah bagian isi berita Tribun News yang di sebar pada grup Whatsapp itu diketahui berbunyi “Dalam penggeledahan tersebut, petugas mengamankan sejumlah barang bukti yaitu, Al Quran besar 1 buah, Al Quran kecil 1 buah, kaset CD dan buku notes warna merah berisikan foto kopi KTP”. Padahal isi bagian berita yang sebenarnya dalam artikel Driver Ojol Teroris Ditangkap, Sang Ayah Ungkap Fakta Tak Terduga saat Polisi Geledah Rumah Pelaku, berbunyi “Dalam penggeledahan tersebut, petugas mengamankan sejumlah kaset CD, dan buku notes warna merah berisikan foto kopi KTP.” tulis Tribun Video.com, Senin (21/5).

=====

Sumber: Media Sosial dan Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
1. “Fenboi ISIS depresi berat jadinya gini Hoax disebar di WAG soal penangkapan teroris di Medan yang katanya barang buktinya Al Quran, biar pada benci polisi. Hati2 gaes, poto pertama dan kedua adalah hoax, beritanya pada foto ketiga dan ini link aslinya: http://video.tribunnews.com/…/driver-ojol-teroris-ditangkap… … ,”tulis akun @qitmr, Minggu (20/5).

2. “Dalam penggeledahan tersebut, petugas mengamankan sejumlah kaset CD, dan buku notes warna merah berisikan foto kopi KTP.” tulis tribun video.com, Senin (21/5).

=====

Penjelasan :
Pelintiran informasi atas peristiwa bom atau aksi terorisme belum juga tenggelam. Kali ini ada pihak yang tidak bertanggungjawab merubah bagian isi berita dari satu media daring.

Pemberitaan tribunnews.com yang berjudul “Driver Ojol Teroris Ditangkap, Sang Ayah Ungkap Fakta Tak Terduga saat Polisi Geledah Rumah Pelaku,” Kamis (17/5) ada yang dirubah di bagian isi beritanya. Perubahan isi bagian berita itu berbunyi “Dalam penggeledahan tersebut, petugas mengamankan sejumlah barang bukti yaitu, Al Quran besar 1 buah, Al Quran kecil 1 buah, kaset CD dan buku notes warna merah berisikan foto kopi KTP”.

Perubahan isi bagian berita tersebut beredar di grup Whatsapp. Seperti yang diunggah akun twitter @qitmr (Ano). Akun twitter ini turut memberikan klarifikasi dari disinformasi tersebut. “Fenboi ISIS depresi berat jadinya gini Hoax disebar di WAG soal penangkapan teroris di Medan yang katanya barang buktinya Al Quran, biar pada benci polisi. Hati2 gaes, poto pertama dan kedua adalah hoax, beritanya pada foto ketiga dan ini link aslinya: http://video.tribunnews.com/…/driver-ojol-teroris-ditangkap… … ,”tulis akun @qitmr, Minggu (20/5).

Pihak tribunnews.com pun juga telah menyatakan bahwa informasi yang tersebar di grup Whatsapp dimana ada screenshot bagian isi berita tribun yang menuliskan Densus 88 menjadikan Al Quran sebagai barang bukti adalah tidak benar. Tulisan yang benar adalah “Dalam penggeledahan tersebut, petugas mengamankan sejumlah kaset CD, dan buku notes warna merah berisikan foto kopi KTP,” tulis tribun, Senin (21/5).

======

Referensi :
1. https://twitter.com/qitmr/status/998202945429688322
2. http://manado.tribunnews.com/…/hoax-yang-menyatakan-barang-…
3. http://video.tribunnews.com/…/driver-ojol-teroris-ditangkap…