[SALAH] “Karena Trauma dan Paranoid, Polisi Bisa Langsung Tembak Jika Kabur Saat Razia”

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen M. Iqbal membantah isu yang mengatakan karena kondisi psikis polisi yang cenderung paranoid dari trauma berbagai peristiwa terakhir, jika masyarakat kabur dari razia polisi, maka bisa langsung ditembak. “Enggak bener itu, hoax. Anggota polisi tetap siap siaga. Enggak benar itu, mana mungkin orang kabur ditembak. Pokoknya itu hoax. Tidak benar,” tegas Brigjen Iqbal, Rabu (16/5).

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Enggak bener itu, hoax. Anggota polisi tetap siap siaga. Enggak benar itu, mana mungkin orang kabur ditembak. Pokoknya itu hoax. Tidak benar,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen M. Iqbal, Rabu (16/5).

=====

Penjelasan :
Ditengah ramainya peristiwa teror bom dan berita bohong atau hoaks yang mengikutinya, patut disesalkan adanya pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab yang mencoba menyudutkan aparat keamanan atau kepolisian.

Terkini ada hoaks yang beredar melalui pesan berantai Whatsapp yang menyudutkan Korps Pimpinan Jendral Tito Karnavian dengan menyebutkan bahwa karena psikologis polisi yang paranoid dan panik, polisi bisa langsung menmbak jika ada masyarakat sipil yang kabur saat dirazia. Berikut narasi lengkapnya.

“Mohon izin mengingatkan Terkait dengan situasi saat ini Mohon ditekankan kepada sanak famili jika ada razia polisi jangan sampai kabur seandainya ada ketidaklengkapan Karena hal ini sangat berbahaya mengingat saat ini kondisi psikis anggota polisi cenderung paranoid karena trauma Dan bisa langsung menembak Demikian semoga bermanfaat”.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen M. Iqbal mengklarifikasi dengan menyatakan isu tersebut tidak benar. “Enggak bener itu, hoax. Anggota polisi tetap siap siaga. Enggak benar itu, mana mungkin orang kabur ditembak. Pokoknya itu hoax. Tidak benar,” tegas Brigjen Iqbal, Rabu (16/5).

=====

Referensi :
1.https://nasional.kompas.com/…/hoaks-pesan-berantai-polisi-b…
2.https://nasional.kompas.com/…/pesan-berantai-polisi-bisa-la…