[BENAR] “KemenPAN-RB Bantah Terbitkan Laporan Penetapan e – Formasi untuk Pengangkatan CPNS 2016 – 2019”

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membantah menerbitkan Laporan Penetapan e-formasi tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak pengangkatan CPNS tahun 2016 – 2019. “KemenPAN-RB tidak pernah mengeluarkan surat itu. Belum ada penetapan formasi CPNS untuk honorer, apalagi payung hukumnya tidak ada,” kata Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmadja, Senin (14/5).

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
1. “KemenPAN-RB tidak pernah mengeluarkan surat itu. Belum ada penetapan formasi CPNS untuk honorer, apalagi payung hukumnya tidak ada,” kata Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmadja, Senin (14/5).

2. “Tidak jelas apa maksud pembuat surat tersebut menyebarkan iberita bohong itu melalui media sosial, karena KemenPAN-RB tidak pernah menerbitkan kebijakan e-formasi untuk non CPNS,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB, Herman Suryatman, Senin (14/5).

=====

Penjelasan :
Isu seputar CPNS lagi – lagi menghampiri KemenPAN_RB. Kali ini beredar surat yang mencatut nama lembaga pimpinan Menteri Asman Abnur itu terkait Laporan Penetapan e-formasi tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak untuk pengangkatan CPNS tahun 2016 – 2019 di media sosial.

Tak menunggu waktu lama pihak KemenPAN-RB pun telah membantah kabar tersebut. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmadja menjelaskan pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat tersebut dan belum ada dasar hukumnya.

“KemenPAN-RB tidak pernah mengeluarkan surat itu. Belum ada penetapan formasi CPNS untuk honorer, apalagi payung hukumnya tidak ada,” kata Setiawan, Senin (14/5).

Berita yang beredar di media sosial itu seolah-olah dikeluarkan KemenPAN-RB pada 1 November 2017. Isinya, berupa kuota formasi dari sejumlah instansi pemerintah pusat serta pemda yang ditetapkan dalam e-formasi. Informasi tersebut menyebutkan Kanreg, kode cepat, nama instansi, formasi, usul masuk dan ditetapkan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Herman Suryatman mengatakan tidak mengetahu motif penyebar kabar bohong tersebut. Dan meminta kepada masyarakat mengabaikannya serta mendapatkan informasi KemenPAN-RB hanya dari website resminya.

“Tidak jelas apa maksud pembuat surat tersebut menyebarkan iberita bohong itu melalui media sosial, karena KemenPAN-RB tidak pernah menerbitkan kebijakan e-formasi untuk non CPNS,” imbuh Herman.

“Itu semua berita bohong, dan abaikan saja. Kami akan selalu menginformasikan kebijakan CPNS melalui portal resmi, yakni www.menpan.go.id,” pungkas Herman.

=====

Referensi :
1. https://menpan.go.id/…/waspadai-hoax-penetapan-e-formasi-pe…
2. https://www.jpnn.com/…/berita-terbaru-soal-pengangkatan-hon…
3. https://www.liputan6.com/…/hati-hati-beredar-hoaks-penetapa…