[SALAH] Proyek Meikarta Diberhentikan

Direktur Komunikasi Publik Lippo Group Danang Kemayan Jati membantah informasi pelepasan saham, dan juga pekerjaan konstruksi yang diisukan berhenti. Menurut dia, visi Lippo Group dalam pembangunan dan pengembangan adalah kemitraaan. Sejak awal, Lippo Group tidak pernah mengklaim memiliki 100 persen saham Meikarta. “Jadi, kalau ada yang bilang jual saham sekarang ini, itu hoaks. Kepemilikan Lippo Group tidak berubah, masih 50 persen,” sebut Danang kepada Kompas.com, Selasa (8/5/2018).

======

 

Kategori : KLARIFIKASI

 

======

 

Sumber : Media Sosial

Narasi :

 

Valid kan?
[8/5 17.54] Irwanpetr: Btw info guys…. kontraktor Meikarta sudah STOP kerjaan Meikarta …. China Constructionnya mau Cabut dr Meikarta …. di dlm group LIPPO sendiri lg Kacau Balau Rebutan Harta … Mochtar Riady udah sakit2an….

krn uang penjualan Meikarta yang diterima Lippo dari pembeli tidak disetorkan oleh Lippo kepada investor China karena adanya dispute biaya iklan yang mau di potongkan oleh Lippo kepada investor China sebesar Rp 2 T sehingga proyek mangkrak, demikian juga Total Persada menghentikan pekerjanya. Akhirnya investor China dan terutama konsumen akan menjadi korban.

Saham meikarta dari rp 8000 an jadi cuma rp 1600 an , bisa bangkrut yang beli saham nya, gila ini.
[8/5 17.54] Irwanpetr:

 

======

 

Penjelasan :

 

Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa proyek pembangunan unit di Meikarta diberhentikan, yang ramai diperbincangkan oleh warganet.

 

Informasi tersebut berisi tentang adanya kisruh mengenai biaya iklan yang menyebabkan investor asal China hengkang, pelepasan saham, hingga PT Total Bangun Persada Tbk selaku kontraktor pelaksana yang menghentikan pekerjaannya.

Direktur Komunikasi Publik Lippo Group Danang Kemayan Jati membantah informasi pelepasan saham, dan juga pekerjaan konstruksi yang diisukan berhenti.

Menurut dia, visi Lippo Group dalam pembangunan dan pengembangan adalah kemitraaan. Sejak awal, Lippo Group tidak pernah mengklaim memiliki 100 persen saham Meikarta.

 

“Jadi, kalau ada yang bilang jual saham sekarang ini, itu hoaks. Kepemilikan Lippo Group tidak berubah, masih 50 persen,” sebut Danang kepada Kompas.com, Selasa (8/5/2018).

 

Sementara itu, beredar informasi terkait PT Total Bangun Persada Tbk disertai dengan “memo internal” yang ditujukan kepada 15 sub-kontraktor untuk menghentikan sementara kegiatan konstruksi per Senin 30 April 2018 sampai waktu yang akan diinformasikan kemudian.

 

Terhadap informasi ini, PT Total Bangun Persada Tbk telah mengklarifikasinya melalui rilis yang dikeluarkan pada 1 Mei 2018 dan ditandatangani Sekretaris Perusahaan Mahmilan Sugiyo Warsana.

Menurut Mahmilan, perseroan mendapatkan kepercayaan untuk pekerjaan finishing di Tower EF pada Proyek Orange County.

 

Pada setiap pekerjaan konstruksi, perseroan senantiasa menjaga kualitas bangunan, keamanan, dan keselamatan di area proyek, termasuk di dalamnya memastikan pekerjaan yang dilaksanakan memenuhi persyaratan agar pembangunan dapat berjalan sesuai dengan mutu, waktu, dan biaya yang telah disepakati dengan pelanggan.

 

Pekerjaan finishing di Tower EF, Orange County, dimulai sejak 1 November 2017.

 

Saat Kompas.com mengonfirmasi tentang kontrak pekerjaan PT Total Bangun Persada Tbk, Mahmilan menjawab, “Kami mengerjakan empat tower  Orange County, yakni Tower C, D, E, dan F,” ujarnya, Selasa (8/5/2018).

 

Namun, ketika ditanya apakah perusahaannya mengerjakan proyek Meikarta secara keseluruhan, Mahmilan tidak ingin menjawabnya. “Saya tidak jawab ini ya. Penjelasan kami, bahwa saat ini yang kami kerjakan sesuai dengan yang tercantum dalam laporan keuangan kuartal I-2018, yaitu empat tower tadi,” ujar Mahmilan.

Fact Checker : Levy Nasution

 

Referensi :

 

https://properti.kompas.com/read/2018/05/08/225134421/proyek-meikarta-diisukan-berhenti-ini-jawaban-lippo-dan-kontraktor

 

About Levy Nasution 249 Articles
Journalist, traveller