[SALAH] Pengurusan SIM C Massal di Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang

Pesan berantai berisikan informasi pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) C massal yang beredar di sekitar Kabupaten Malang, Jawa Timur adalah hoaks. Dilansir dari klikapa.com,  Wakapolres Malang, Kompol Decky Hermansyah menegaskan, informasi pengurusan SIM massal yang disebarkan lewat media pesan Whatspapp (WA) itu tidak benar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. “Tidak benar itu (Informasi pengurusan SIM massal). Kami imbau masyarakat jangan sampai percaya dengan informasi itu,” terang Decky.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Sumber: Media Pesan Whatsapp

 

=====

 

Narasi:

 

Hallo dulirrrrrr.

Iki ono pembuatan sim massal di kromengan. Siapa yg mau daftar hrp siapkan fr copy Ktp 5 lbr dan ft copy kk 5 lbr. Uang pendaftaran rp 150 ewu. Bagi Yg berminat besok pagi hrp seturkan berkas ke sudimoro biar sy bawa sekalian . Bsk Sy mau ke kromengan. InsyaaAllah

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Beredar pesan berantai dengan informasi pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) C massal di Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang, Jawa Timur adalah hoaks. Dilansir dari klikapa.com, Wakapolres Malang, Kompol Decky Hermansyah menegaskan bahwa informasi SIM massal yang disebarkan itu tidak benar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

 

“ Tidak benar itu (Informasi pengurusan SIM massal). Kami imbau masyarakat jangan sampai percaya dengan informasi itu,” terang Decky.

 

Informasi tersebut, menurut Decky, tak hanya tersebar di Kecamatan Kromengan. Sebelumnya, pesan serupa sempat beredar di Kecamatan Sumber Pucung dan Kabupaten Malang. Adapun, setelah ditelusuri, Decky menjelaskan, pelaku penyebaran pesan berantai tersebut adalah pensiunan polisi.

 

“Setelah kami lakukan penelusuran, ternyata informasi itu dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Pelakunya seorang pensiunan Polri yang mengalami depresi,” ujarnya.

 

Sama dengan pernyataan Wakapolres Malang, Kasatlantas Polres Malang, AKP M Probandono Bobby Danuardi, membenarkan tidak ada program pengurusan SIM C massal. “Itu Hoaks,” katanya singkat.

 

=====

 

Referensi:

 

http://www.klikapa.com/read/7947/hoax-pengurusan-sim-massal-di-kabupaten-penyebarnya-ternyata-pensiunan-polisi-yang-stress-/1