[SALAH] Koran dari China yang Memuat Foto Anak di China yang Ber-KTP Bandung

Koordinator Yayasan Indonesia Tianghoa Culture Centre atau ITCC, Andre So, koran yang ada dalam unggahan warganet yang bernama Suherman bukanlah surat kabar China. “Kalau dari aksaranya itu Korea,” ujar Andre. Dari penelusuran foto yang digunakan diketahui, memang benar berita surat kabar berbahasa Korea itu terkait dengan penerbitan kartu identitas anak.

=====

Kategori = DISINFORMASI

=====

Sumber : Media Sosial Facebook

Narasi :

Di Cina anak-anak kecil ber KTP Bandung. Jadi Indonesia Hebat bisa buatkan KTP mereka. Slogan Pemerintahan skrng Koalisi Indonesia Hebat (KIH)

=====

 

Penjelasan :

 

Akun Facebook bernama Suherman menyebarkan informasi simpang-siur terkait isu yang berhubungan dengan China, yang sedang ramai dibicarakan di media sosial.

Dalam status Facebooknya, Suherman menuliskan status yang berisi “Di Cina anak-anak kecil ber KTP Bandung. Jadi Indonesia Hebat bisa buatkan KTP mereka. Slogan Pemerintahan skrng Koalisi Indonesia Hebat (KIH)” yang disertai gambar. Gambar yang dibagikan adalah potret sebuah surat kabar terbitan China.

Dilansir dari radarcirebon.com, Jawa Pos menghubungi Yayasan Indonesia Tionghoa Culture Centre atau ITCC, untuk mengetahui fakta unggahan dari status yang dibuat Suherman.

Koordinator ITCC Andre So menyatakan, koran yang ada dalam foto Suherman bukanlah surat kabar China. “Kalau dari aksaranya, itu Korea,” ujar Andre.

Dari penelusuran foto yang digunakan diketahui, memang benar berita surat kabar berbahasa Korea itu terkait dengan penerbitan kartu identitas anak. Tapi bukan di Jakarta, melainkan di Bandung, Jawa Barat. Beberapa koran nasional juga mewartakan hal yang sama.

Foto serupa yang digunakan surat kabar tersebut juga pernah dipakai situs majalah anak-anak Bobo. Sedangkan foto dengan sudut pandang berbeda, namun objek anak-anaknya sama, bisa ditemukan di berita Tribunnews yang berjudul “Peluncuran Kartu Identitas Anak Kota Bandung”.

Dalam keterangan foto di situs Tribunnews disebutkan, sejumlah anak memperlihatkan kartu identitas anak (KIA) yang baru diterima pada peluncuran KIA dan Akta Kelahiran Braile di Balai Kota Bandung, Rabu, 28 Desember 2016.

 

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

http://www.radarcirebon.com/bukan-foto-anak-di-tiongkok-ber-ktp-bandung.html

http://m.tribunnews.com/images/regional/view/1683139/peluncuran-kartu-identitas-anak-kota-bandung

http://bobo.grid.id/Info-Bobo/Serba-Serbi/Membuat-Ktp-Anak-Ternyata-Tidak-Ribet