[BENAR] “PT. Dirgantara Indonesia Tak Dijual ke Pihak Asing”

PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) melalui akun media sosial resmi Twitternya @officialptdi membantah kabar yang mengatakan PTDI dijual ke pihak asing. Menurut PTDI, kabar tersebut bohong atau hoaks yang sudah pernah terjadi di tahun 2017.

=====

KATEGORI: Klarifikasi

=====

SUMBER: Media Sosial

=====

NARASI:
“Pemberitaan mengenai PT Dirgantara Indonesia (Persero) dijual ke pihak asing, kami nyatakan HOAX. Berita ini adalah berita bohong yang berulang dari tahun 2017 lalu,” tulis akun @officialptdi, Kamis (3/5).

=====

PENJELASAN:
PTDI melalui akun @officialptdi membantah kabar yang mengatakan PTDI dijual ke pihak asing. Menurut PTDI, isu ini adalah berita bohong atau hoaks yang sebelumnya pernah ada pada tahun 2017.

Setelah dilakukan penelusuran berita, faktanya pada tahun 2017, Manager Hukum dan Humas PTDI, Irfan Budiman pernah menyatakan isu penjualan PTDI yang tersebar di Whatsapp dan media sosial adalah tidak benar atau hoaks.

“Industri Pertahanan dilindungi UU No. 16 Tahun 2012 yang terjamin oleh negara eksistensinya, dengan demikian tidak boleh sebagian atau seluruh sahamnya dijual kepada pihak manapun dan 100 persen milik Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Irfan, (29/4/2017).

Sebelumnya sempat ramai dikabarkan aktifis Ratna Sarumpaet melalui media sosial Twitternya yakni @RatnaSpaet mengatakan bahwa PTDI telah berpindah tangan ke RRC. Namun setelah dilakukan penelusuran ke akun @RatnaSpaet sudah tidak ditemui cuitan tersebut, hanya screenshootnya saja yang tersebar di Twitter. Berikut narasi lengkapnya;

“Berita Duka “TERBODOH” Telah ditanda-tangani pelunasan pembayaran dari RRC kpd Pemerintah RI awal April 2017 oleh Pres @jokowi (disetujui dtdtngni Ket KPK, Ket DPR Ket Dewan Pertimbangan Presiden). Maka Kepemilikan PT,Dirgantara Indonesia, kini berpindah k tangan pemerintah RRC,” tulis akun @RatnaSpaet.

=====

REFERENSI:
1.https://twitter.com/officialptdi/status/991970306230181893
2. https://www.antaranews.com/…/kabar-ptdi-dijual-pemerintah-k…
3. https://news.detik.com/…/tentang-postingan-di-medsos-pt-di-…
4. https://www.viva.co.id/…/910349-pt-dirgantara-indonesia-dij…
5. https://chirpstory.com/li/391116