[SALAH] Dua Tahun Menikah, Suami Ceraikan Tsamara Hanya Gara-Gara Pantatnya Hitam

Judul berita ‘Dua Tahun Menikah, Suami Ceraikan Tsamara Hanya Gara-Gara Pantatnya Hitam’ di suratkabar.id ini telah di edit. Judul berita aslinya adalah ‘Setahun Menikah, Suami Ceraikan Istri Hanya Gara-Gara Pantatnya Hitam’. Tidak ada nama Tsamara Amany di berita tersebut. Pasutri yang dikabarkan bercerai dalam berita itu disebut bernama Rini (26) dan Suwardjo (31).

 

=====

 

Kategori = HOAKS

 

=====

 

Sumber : Media Sosial Facebook

 

 

Narasi :

 

 

Urusan laporin si pantat hitam paling cepat

 

 

=====

 

Penjelasan :

 

 

Tsamara Amany, politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dijadikan bahan hoaks alias kabar bohong di media sosial oleh akun Facebook Amat Jeck.

 

Tsamara yang sekarang berstatus janda. Difitnah oleh pembuat hoaks menggunakan berita soal perceraian pasutri gara-gara pantat hitam.

 

Melalui akun Facebooknya, Amat Jeck membagikan gambar dari screenshot berita dari media daring suratkabar.id, yang berjudul ‘Dua Tahun Menikah, Suami Ceraikan Tsamara Hanya Gara-Gara Pantatnya Hitam’, Selasa (1/5).

 

Namun, faktanya screenshot dari berita tersebut itu telah di edit. Judul berita aslinya di suratkabar.id adalah ‘Setahun Menikah, Suami Ceraikan Istri Hanya Gara-Gara Pantatnya Hitam’, pada 6 Juli 2017.

 

Dilansir dari jpnn.com, tidak ada nama Tsamara Amany di berita tersebut. Pasutri yang dikabarkan bercerai dalam berita itu disebut bernama Rini (26) dan Suwardjo (31).

 

Beberapa media yang pernah memuat kisah Rini dan Suwardjo tersebut menuliskan sumbernya dari JPNN (Jawa Pos Group). Di JPNN, berita itu dari Radar Surabaya (Jawa Pos Group) yang mengangkat perkara perceraian yang disidangkan di Pengadilan Negeri Surabaya.

Fact Checker : Levy Nasution

 

Referensi :

 

https://www.jpnn.com/news/tsamara-psi-disasar-hoaks-perceraian-akibat-berpantat-hitam?page=1

 

http://www.suratkabar.id/44153/news/setahun-menikah-suami-ceraikan-istri-hanya-gara-gara-pantatnya-hitam

 

https://www.jpnn.com/news/setahun-berumah-tangga-istri-hanya-sekali-disentuh

 

About Levy Nasution 385 Articles
Journalist, traveller