[SALAH] “Kebersamaan Pemimpin Depok dengan Robot Prabowo – Jokowi (Wowi)”

Akun instagram Fathir Fajar Sidiq (@fathirfs) yang mengatakan adanya kebersamaan pemimpin Depok dengan robot pemersatu perbedaan yaitu Robot Wowi atau singkatan dari Prabowo – Jokowi adalah tidak benar adanya. Setelah dilakukan penelusuran berita, Robot Wowi sesungguhnya singkatan dari Water Wizard, yang mampu memisahkan air kotor dengan air jernih, hasil karya pelajar Madrasah Aliyah (MA) Technonatura, Depok, Jawa Barat. Robot ini meraih juara dua dalam ajang International First Global Challenge Olympic Robot Competition di Washington D.C., Amerika Serikat pada Juli 2017 lalu.

=====

KATEGORI: Disinformasi

=====

SUMBER: Media Sosial

=====

NARASI:
“Kebersamaan Pemimpin Depok bersama Robot Wowi, robot pemersatu perbedaan, singkatan dari Prabowo Jokowi. Robot aj bisa bersatu, apalagi Depok. Selamat Milad Kota Depok ke 19, Bersatu untuk Depok yang Unggul, Nyaman, Religius.
.
.
.
#depokfriendlycity
#hutdepok19,” tulis akun Instagram Fathir Fajar Sidiq (@fathirfs), Jumat (27/4).

=====

PENJELASAN:
Informasi yang dituliskan akun instagram @fathirfs menuai polemik. Pasalnya robot Wowi yang merupakan singkatan dari Prabowo – Jokowi dipertanyakan kebenarannya.

Seperti akun Facebook bernama Cahyo Budiman yang mempertanyakan maksud dari akun instagram @fathirfs. Cahyo menganggap postingan tersebut hanyalah mencari sensasi berlebihan. Berikut narasi lengkapnya;

“MAKSUDNYA APA??
Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Depok bernama Fathir Fajar Sidiq ini sudah “kebablasan” sepertinya. Jelas-jelas nama robot inovatif buatan pelajar Madrasah Aliyah (MA) Technonatura, Depok itu ada Wo-Wi kepanjangan dari “Water Wizard”, kenapa juga “diplesetkan” menjadi Prabowo-Jokowi???
Cari sensasinya berlebihan, pengen Pemkot Depok dapat WOW ya??? Gue kasih WOW sebentar lagi yaa…seloooowww ??,” tulis Cahyo, Jumat (27/4).

Setelah dilakukan penelusuran berita, robot tersebut bernama Water Wizard atau disingkat Wowi. Robot tersebut adalah mampu memisahkan air kotor dan air jernih yang disimulasikan dengan bola.

Robot Wowi sendiri adalah karya pelajar MA Technonatura, Depok, Jawa Barat. Mereka berhasil meraih juara dua dalam ajang International First Global Challenge Olympic Robot Competition yang berlangsung di Washington D.C., Amerika Serikat pada Juli 2017 lalu.

Kepala Sekolah MA Technonatura, Tras Rustamaji, tak mengira anak didiknya bakal meraih prestasi gemilang pada level internasional. “Kami sama sekali tak menyangka, karena kami melawan negara-negara yang sudah maju dalam dunia robot. Kita sebagai guru hanya memonitor dan membimbing. Selanjutnya anak-anak yang berjuang,” kata Tras, Selasa (8/8/2017).

Ia juga menjelaskan keikutsertaannya di ajang ini karena mendapat undangan langsung dari Kedutaan Besar Indonesia di Amerika Serikat. “Kami awalnya senang ikut lomba robot dan beberapa kali menang, seperti di ajang Inaicta. Atas prestasi inilah kami diusulkan oleh Kedubes. Saat kami dinyatakan siap, ya, kami bilang oke,” tuturnya.

Sementara itu, Ahmad Hisyam selaku koordinator Tim Robotic MA TecnoNatura, bersyukur atas apresiasi yang diberikan Pemkot Depok. Apalagi, pihaknya juga diberi kesempatan terhormat untuk menunjukkan kecanggihan robot mereka saat apel HUT Kota Depok ke-19.

“Tentu ini menjadi kebanggaan bagi kami atas apresiasi yang diberikan. Kita jadi lebih terpacu untuk meningkatkan prestasi kami. Demi mengharumkan nama negara, khususnya Kota Depok,” katanya, Jumat (27/4).

=====

REFERENSI:
1. https://www.instagram.com/p/BiDsUmRn0ZZ/?taken-by=fathirfs
2.https://www.facebook.com/cahyo.putranto.9/posts/1649606238463117
3. https://www.viva.co.id/…/944296-wowi-robot-ciptaan-pelajar-…
4. https://www.depoknews.id/hut-kota-depok-wali-kota-beri-pen…/
5. https://netz.id/…/siswa-madrasah-di-depok-juara-robot-di-am…
6.http://www.netralnews.com/…/madrasah.aliyah.depok.raih.pera…
7. http://www.beritasatu.tv/…/pelajar-depok-raih-medali-perak-…