(SALAH): Foto Jalanan Yang diklaim ada Di Sumatera

HOAX

Debunk ini berisi Informasi Hoaks seorang pengguna facebook dengan nama Eko Supriadi yang dalam postingannya ia memasang foto sebuah jalan raya yang lengan dan diapit oleh hutan-hutan hijau. Akun tersebut mengklaim bahwa jalan tersebut berada di daerah Sumatera yang disertai dengan tagar #SALAM2PERIODE. Namun setelah ditelusuri lewat google image ternyata jalanan tersebut bukanlah di Sumatera seperti yang ada postingan itu melainkan merupakan sebuah jalanan yang berada di Australian bagian selatan dan bernama Kangaroo Island Road.

======

(KATEGORI): HOAKS

======

(SUMBER): FACEBOOK (https://www.facebook.com/eko.supriadi.967)

======

(NARASI):

#SALAM2PERIODE

Ini bukan HOAX lo… Ini Ada di SUMATRA

======

(PENJELASAN LENGKAP):

Belum lama ini beredar sebuah postingan di facebook dengan nama Eko Supriadi yang mengklaim sebuah jalan raya yang ia sebut berada di Sumatera.

Entah termasuk kelompok pendukung Joko Widodo alias Jokowi dengan Salam2Periode-nya atau bukan, namun akun tersebut cukup menjadi sorotan karena menyebarkan sebuah informasi Hoaks bernuansa kampanye.

Dalam hoaks itu, dia menyelipkan kalimat #Salam2Periode.

“#Salam2Periode ini bukan hoax lo…Ini ada di SUMATRA,’’ tulis akun Eko Supriadi pada Rabu (25/4).

Unggahan status itu disertai foto pemandangan jalan yang keren. Berliku-liku, mulus, dan membelah hutan. Entah apa maksud hastag salam 2 periode.

Memang belum tentu terkait dengan dukungan dua periode Joko Widodo. Tapi, yang pasti, foto yang diunggah akun Eko tersebut hoaks.

Berdasarkan penelusuran di google image, ternyata pemandangan itu bukan jalan di Sumatera. Tapi sebuah jalan di Australia bagian selatan.

Foto yang sama bisa Anda temukan di situs penyedia stok foto Alamy.com. Dikutip dari alovelyplanet.com, jalan tersebut membelah Taman Nasional Flinders Chase menuju ke Cape du Couedic, Pulau Kanggoro.

Entah paham atau tidak, Eko masih bersikukuh bahwa foto yang diunggahnya merupakan pemandangan jalan di Sumatera. Misalnya, ketika ada netizen yang bertanya, jalan itu ada di Sumatera mana.

’’Mantab. Arah ke Pekanbaru ya mo ke Medan?’’ tanya akun Facebook Nana Joko. Eko menjawab bahwa jalan itu ada di Damasraya, Sumatera Barat.

Ada netizen lain yang bertanya, jalan tersebut ada di Damasraya daerah mana. Eko menjawab ada di Sungai Rumbai, Kabupaten Damasraya, Sumbar.

Namun saat tulisan ini dibuat, postingan akun Eko Supriadi mengenai jalan raya tersebut pun telah dihapus.

======

REFERENSI:

https://www.jpnn.com/news/hoaks-foto-di-australia-kok-dipakai-untuk-salam2periode

https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20180427/281582356240672