[SALAH] FACEBOOK AKAN DITUTUP PADA 24 APRIL 2018

Insiden skandal Cambridge Analytica seminggu kebelakang memang mengundang perhatian global. Namun hal tersebut tak lepas dari pemberitaan palsu yang dibuat oleh segelintir orang. Yang terbaru, sebuah akun di Facebook memposting bahwa Facebook akan ditutup pada tanggal 24 April 2018. Seolah sudah pasti terjadi, banyak pengguna Facebook lain yang berkomentar dan mempercayai postingan di akun tersebut.
 
===
 
KATEGORI : HOAKS
 
===
 
SUMBER : MEDIA SOSIAL FACEBOOK (postingan telah dibagikan sebanyak 79.426 kali)
 
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1348493491918221&id=100002727503039
 
===
 
NARASI : Mulai 24 april FB Indonesia akan di tutup.
Well come kembali di jaman batu.
Ucapkan slmt tinggal utk tmn” di Fb kalian sblm di tutup.
 
===
 
PENJELASAN : Kabar Facebook ditutup atau diblokir untuk pengguna media sosial Indonesia pada 24 April 2018 bikin heboh dan viral sejak sepekan terakhir. Netizen khususnya para pengguna facebook pun sontak mempertanyakan kebenaran postingan tersebut.
 
Melansir dari tribunnews.com, diketahui jika informasi tersebut tidak sesuai dari fakta alias HOAX. Seperti yang kita ketahui, pemerintah sendiri memang bisa memberikan sanksi tegas dengan memblokir Facebook lantaran data satu juta pengguna Indonesia ikut bocor dalam skandal Cambridge Analytica (CA).
 
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara dalam berbagai kesempatan tidak pernah menyinggung akan memblokir Facebook. Ia justru mengatakan bahwa Kominfo tak segan memblokir Facebook namun tetap harus sesuai dengan prosedur yang ada. Itupun dengan pertimbangan jika ditemukan bukti bahwa Facebook digunakan sebagai sarana menghasut atau adu domba.
 
Rudiantara memastikan jika penyidik menemukan unsur dugaan pidana dalam kebocoran data pengguna Facebook di Indonesia, peluang memblokiran Facebook akan semakin besar. Sementara ini, kedua hal tersebut belum bisa dibuktikan, masih dalam penyelidikan dan menunggu hasil audit. Jika hasil audit keluar, pemerintah bisa dengan mudah menakar potensi permasalahan yang dapat timbul dari adanya kebocoran data yang terjadi sepekan lalu.
===
 
REFERENSI :
 
http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/04/20/heboh-kabar-facebook-ditutup-24-april-ini-hoax-atau-benar?page=all
 
https://tekno.kompas.com/read/2018/04/17/14333587/viral-kabar-facebook-bakal-diblokir-24-april-hoaks-atau-fakta