[SALAH] JASAD SADDAM HUSSEIN MASIH UTUH MESKI DIKUBUR SEJAK TAHUN 2006

HOAX

 

Sebuah video yang menunjukkan pembongkaran makam Sadam Hussein tengah menjadi buah bibir. Bukan karena pembongkarannya, melainkan lantaran video tersebut diberi keterangan jika jasad Saddam Hussein masih utuh setelah dimakamkan selama 12 tahun.


===

KATEGORI : DISINFORMASI

===

SUMBER : FACEBOOK

https://www.facebook.com/zaen.aswaja/videos/pcb.1314295358714686/192870644851566/?type=3&theater&ifg=1

https://www.facebook.com/groups/945282195616006/permalink/1314295358714686/

LINK VIDEO : https://www.youtube.com/watch?v=zaHufMo3Iyw

===

NARASI : Assalamu’alaikum, Wallahu Akbar …

Pembongkaran jenazah Saddam Husain Presiden Iraq yang berkuasa dari sejak “Juli 1979 sampai Maret 2003”.

Namun ketika Amerika Serikat melakukan invasi ke Iraq, beliau kemudian diburu oleh pasukan sekutu dan akhirnya ditemukan pasukan AS sedang bersembunyi dalam lubang di sebuah rumah pertanian pada desember 2003.

Setelah menjalani persidangan, Saddam dieksekusi gantung (tepat dihari raya idhul adha 2006).

Beberapa waktu yang lalu kuburan Saddam Husein di buka untuk di pindahkan ke desanya, namun SUBHANALLAH mayitnya tetap utuh seperti baru dikuburkan meskipun usia wafatnya telah berlalu -+ 12 tahun lamanya, bahkan ketika wajahnya disingkap darah beliau masih terlihat sangat segar dan justru tercium darinya aroma wangi yang menyebabkan orang2 berebutan menciumnya seraya memekikkan Takbir dan Tahlil yang terus bergema hingga beliau dikuburkan kembali setelah disholati oleh ratusan kaum muslimin yang menyaksikan prosesi pemindahan jasad beliau.

ALLAHU AKBAR … Semoga beliau mendapatkan keluasan Ampunan dan Rahmat-Nya, serta di golongkannya sebagai Syuhada’ di hadapan ALLAH Azza Wajalla. Aamiin …

===

PENJELASAN : Sebuah video pendek yang menceritakan mantan Presiden Iraq Saddam Hussein beredar beberapa hari terakhir. Kebanyakan pengunggahnya menyebut apa yang ada dalam video tersebut merupakan pemindahan jasad Saddam. Katanya, setelah bertahun-tahun, jasad Saddam masih utuh.

Dalam status itu, terselip link video dari YouTube berjudul Jasad Saddam Hussein Masih Utuh, Dimakamkan 13 Tahun Lalu, Alm Saddam Hussein Masih Utuh. Berdasar penelusuran Jawa Pos di menu pencarian Facebook, tidak sedikit orang yang ikut menyebarkan kabar serupa.

Video-video tentang jasad Saddam Hussein masih utuh juga banyak tersebar. Bahkan, sebuah portal berita mainstream ikut membuat berita tentang kabar pemindahan makam Saddam yang jasadnya ditemukan masih utuh tersebut pada Senin kemarin (16/4). Dalam video itu, memang jasad Saddam Hussein tampak masih utuh. Namun, apa yang ada dalam video tersebut bukan kejadian baru. Melainkan rekaman pemakaman Saddam Hussein setelah meninggal karena eksekusi hukuman gantung.

Dikutip dari portal berita asal Jerman DW (Deutsche Welle), pada Sabtu malam, 30 Desember 2016, helikopter Amerika Serikat membawa jenazah Saddam dari Baghdad ke Tikrit. Lalu, pada Minggu pagi (31/12), jenazah Saddam dimakamkan di desa asalnya dekat Kota Tikrit.

Jawa Pos menemukan video serupa yang diunggah di YouTube pada 7 Januari 2007 oleh channel FTF80. Artinya, unggahan FTF80 itu dapat mematahkan klaim dari sejumlah netizen yang menyebarkan video serupa beberapa hari terakhir ini. Yakni, klaim bahwa video tersebut memuat pemindahan makam Saddam.

Entah apa yang mendasari video lawas itu disebar lagi dengan keterangan yang tidak benar. Namun, dari pencarian di search engine, beberapa hari terakhir memang sejumlah media internasional menurunkan tulisan tentang misteri jasad Saddam Hussein. Media-media yang menurunkan tulisan tersebut, antara lain, NDTV.com (New Delhi Television), Al Arabiya English, dan The Standard (media Kenya).

===

FAKTANYA : Video yang diklaim sebagai pemindahan makam Saddam Hussein tidak benar. Video tersebut merupakan pemakaman Saddam setelah dihukum gantung pada 2006.

===

REFERENSI :

https://www.bontangpost.id/read/2018/04/19/37068/hoax-video-jasad-saddam-hussein-masih-utuh/2/

https://www.jpnn.com/news/beredar-video-jasad-saddam-hussein-masih-utuh

http://jambi.tribunnews.com/2018/04/17/2006-meninggal-digantung-kini-geger-beredar-video-jasadnya-saddam-hussein-masih-utuh

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/630215940644278/