(SALAH): Desain Interior Langit-Langit Bandara Kertajati Mirip Lambang Iluminati

Debunk ini berisi Disinformasi dengan kecenderungan Fitnah mengenai desain interior langit-langit pada bandara Internasional Kertajati Jawa Barat yang diklaim oleh akun Facebook Rizky Mujadid mirip dengan logo atau lambang iluminati yang identik dengan mata satu. Menurut Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Virda Dimas sudah menyatakan. Berbagai ornamen di Bandara kawasan Majalengka itu justru mengaplikasikan unsur budaya Sunda.

======

(KATEGORI): DISINFORMASI & FITNAH

======

(SUMBER): FACEBOOK

======

(NARASI):

Bandar udarah internasional Jawa barat kertajati…..ada sedikit persamaan dengan lambang Dajjal….
Maaf ini hanya sebagai bentuk kewaspadaan ..mengingat ini sudah akhir zaman

======

(FAKTA & PENJELASAN):

Belum lama ini sebuah postingan di media sosial Facebook dengan akun bernama Rizky Mujadid menuai kecaman. Pasalnya akun itu memposting sebuah foto beserta narasi mengenai desain interior bandara Kertajati yang di klaim mirip dengan lambang iluminati.

Seperti dikutip oleh Infonawacita.com dari pemberitaan Antara pada Senin (11/1/2016) silam, Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Virda Dimas sudah menyatakan. Berbagai ornamen di Bandara kawasan Majalengka itu justru mengaplikasikan unsur budaya Sunda.

“Ketika BIJB akan melakukan pembangunan, mendapatkan detail tekniknya dari Dishub Jabar. Pada desain itu, konsultan pelaksananya sudah mengakomodasi kebudayaan Jawa Barat atau Sunda,” kata Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas di Bandung.

Ia melanjutkan, unsur budaya Sunda seperti Tari Merak, akan diaplikasikan pada atap bangunan terminal utama Bandara Kertajati.

“Bangunan ini cukup tinggi biayanya, lekukan, atap menggambarkan lekukan Merak. Simbolisasi Tarian Merak yakni tarian untuk menyambut kedatangan tamu. Jadi bandara ini dianggap referensi bagaimana Jawa Barat menerima tamu seperti Tarian Merak,” lanjutnya.

Unsur budaya Sunda lain yang diaplikasikan pada bandara ini adalah Batik Mendung khas Cirebon di ruang check in bandara. Serta menara ATC yang dibangun menyerupai senjata tradisional “kujang”.

Menurut dia, ornamen budaya Sunda lainnya diaplikasikan pada interiornya. Berupa Payung Geulis Tasikmalaya dan karpet di ruang tunggu bandara yang bermotif bulu Merak.

Seperti diketahui, Selasa (17/4/2018), Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat. Salah satu agenda kunjungan Kepala Negara RI itu adalah ke Bandara Kertajati yang merupakan juga bagian dari proyek infrastruktur pemerintahan Jokowi – JK. Di sana, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa pembangunan Bandara Kertajati memiliki berbagai kemanfaatan bagi masyarakat.

 

KESIMPULAN:

Postingan gambar cocoklogi oleh akun Rizky Mujadid adalah Sebuah tuduhan tanpa data fakta yang jelas. Hal dapat dikategorikan sebagai Disinformasi dengan kecenderungan fitnah.

Pada kenyataanya, desain-desain yang diterapkan pada bandara Internasional Kertajati Jawa Barat adalah kental dengan unsur budaya sunda. Desain langit-langit yang diklaim mirip dengan simbol dajjal adalah simbolisasi Tari Merak yang merupakan salah satu budaya Sunda.

======

REFERENSI:

Ada yang Menuduh Salah Satu Ikon Bandara Kertajati Sebagai Lambang Dajjal Padahal Itu Aplikasi Budaya Sunda