[SALAH] REKAMAN VIDEO WARGA REJANG BELONG YANG TERSENGAT LISTRIK

Kasat Reskrim Polres Rejang Lebong, AKP Chusnul Qomar : “ya untuk masyarakat jangan menelan mentah mentah berita yang belum diketahui kebenaran aslinya,”.

===

KATEGORI : HOAKS

===

SUMBER : MEDIA SOSIAL FACEBOOK (postingan telah dihapus seiring dengan tersebarnya video yang kemudian mendapat tanggapan langsung dari pihak kepolisian)

===

PENJELASAN : Jagat maya Kabupaten Rejang Lebong dihebohkan dengan beredarnya video yang menunjukkan seorang warga terbakar akibat tersengat aliran listrik. Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, si penyebar menyertakan tulisan yang menyebut bahwa kejadian dalam video itu berlangsung di wilayah Kelurahan Talang Benih, Kecamatan Curup, Rejang Lebong.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika informasi yang disampaikan oleh penyebar video adalah HOAX. Melansir dari bengkulunews.co.id, mereka yang melakukan konfirmasi langsung melalui kepolisian setempat, dinyatakan jika informasi tersebut adalah tidak benar alias HOAX.

Menurut Kasat Reskrim Polres Rejang Lebong, AKP Chusnul Qomar menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi yang belum diketahui kebenarannya. Saat ini, kepolisian setempat tengah melakukan penelusuran terhadap akun yang mengunggah video tersebut. AKP Chusnul juga mengingatkan masyarakat agar tidak asal membuat berita hoax, dikarenakan penyebar informasi palsu bisa dikenakan UU ITE dan juga dipidana.

===

REFERENSI :

http://www.bengkulunews.co.id/beredar-video-hoax-warga-curup-tersengat-listrik

===

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/629719724027233/