[SALAH] “Ketum PDIP Nyatakan Jokowi Harus Berhenti Jadi Presiden”

Meme yang bertuliskan “Saya Nyatakan Jokowi Harus Berhenti Jadi Presiden” dengan menyertai foto Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dapat dikategorikan sebagai disinformasi. Faktanya Megawati saat Rakernas III PDIP di Bali pada Februari lalu dengan menggunakan hak preogratifnya sebagai Ketum PDIP menyatakan mendukung kembali Joko Widodo (Jokowi) sebagai Calon Presiden (Capres) dari PDIP.

=====

KATEGORI: Disinformasi

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

PENJELASAN:
Akun media sosial Facebook atas nama @MasWin SangPencerah menayangkan meme yang bertuliskan dengan dua narasi, pertama, “Saya Mendukung #2019GantiPresiden Secara Konstitusional”, dan kedua “Saya Nyatakan Jokowi Harus Berhenti Jadi Presiden” pada Senin (16/4).

Narasi yang pertama disertai latar belakang warna merah dan Bendera Merah Putih, sedangkan narasi yang kedua dibuat dengan menempelkan foto Ketum PDIP, Megawati.

Meme tersebut dapat dikategorikan disinformasi, karena Megawati tidak pernah menyatakan Jokowi harus berhenti menjadi Presiden. Faktanya, Megawati justru mendukung Jokowi menjadi Capres kembali.

Dukungan Megawati ini dinyatakan pada saat Rakernas III PDIP pada 23 Februari lalu. “”Dengan ini saya nyatakan, Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo,” tegas Megawati.

Dukungan Megawati kepada Jokowi tersebut menurut Ketua DPP PDIP, Andreas Pareira adalah hak prerogatif Megawati sebagai Ketua Umum PDIP. “Disampaikan tidak secara tiba-tiba. Ketua Umum PDI Perjuangan punya hak prerogatif untuk menyampaikan hal itu,” kata Andreas.

Diketahui sesaat setelah deklarasi dukungan untuk Jokowi tersebut, akun twitter @PDI_Perjuangan langsung membuat beberapa hashtag, yakni #M3gaBeriMandat #Bant3ngPilihJokowi #T3tap Jokowi #PDIPerjuanganM3nang #PDIPM3nang #Rakernas III PDIPerjuangan.

REFERENSI:
1. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=608364899532374&set=p.608364899532374&type=3&theater
2. https://nasional.tempo.co/…/megawati-resmi-umumkan-jokowi-s…
3.http://nasional.republika.co.id/…/p4luoj384-pdip-penunjukan…

Fact Checker: Dedy Helsyanto