(SALAH): Politisi Demokrat Sebut Rocky Gerung Dekat Dengan Gus Dur

Kolase/TribunWow.com - Rocky Gerung, Alissa Wahid, dan Gus Dur

Debunk Ini berisi Klarifikasi dari Anak KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Anissa Wahid perihal pernyataan politisi partai Demokrat, Rachland Nashidik dalam akun twitternya yang menyebutkan bahwa Gus Dur mempunyai kedekatan dengan Rocky Gerung dan menjadikannya sebagai Ghost Writer bagi mantan presiden ke-4 Republik Indonesia tersebut.

======

(KATEGORI): DISINFORMASI

======

(SUMBER): https://twitter.com/RachlanNashidik/status/984636528574906369

======

(NARASI):

Abdurrahman Wahid adalah sahabat lekat @rockygerung. Gus Dur tak pernah lupa ucapkan Selamat Natal padanya.

Saat memimpin Forum Demokrasi, statement-statement Gus Dur selalu ditunggu dan selalu jadi berita.

Siapa yang ia percaya jadi Ghost Writer?

Rocky Gerung.

======

(PENJELASAN LENGKAP):

Belakangan ini nama Rocky Gerung santer menjadi pemberitaan di berbagai media lantaran pernyataannya dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa (10/04/2018). Mantan dosen filsafat Universitas Indonesia itu menyebut bahwa Kitab Suci adalah fiksi belaka.

Belum lama ini, Wakil Sekretaris Jendral Partai Demokrat Rachland Nashidik melalui akun Twitternya yang diunggah pada Jumat (13/4/2018) menyatakan jika Rocky Gerung dipercaya Gus Dur untuk menjadi Ghost Writernya.

Menanggapi Statement tersebut, Putri mendiang Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Alissa Wahid memberikan klarifikasi atas pernyataan Rachland Nashidik.

Menurutnya, Gus Dur sama sekali tidak memiliki ghost writer. Alissa Wahid mengaku jika hingga akhir hayatnya, Gus Dur selalu menulis sendiri pemikirannya. Jika meminta bantuan, itu hanya mengetikkan saja.

Dalam cuitan lainnya, Rachland Nashidik juga menyebut bahwa Kolom Gus Dur yang selalu memikat tentu ditulis beliau sendiri. Tapi pernyataan Gus Dur sebagai Ketua Forum Demokrasi ditulis oleh Rocky Gerung. Tentu atas persetujuan Gus Dur yang selalu membaca lagi isinya. Saya saksi hidup tentang ini, tulisnya di Twitter.

Alissa Wahid pun kembali menaggapi cuitan itu dengan jawaban “ Ya kalau itu mah bukan ghostwriter, bang. You are deliberately misleading people with your comment (Anda dengan sengaja menyesatkan orang-orang dengan komentar Anda-red)”.

“Gus Dur nggak punya ghost writer, tapi punya tukang ketik: anaknya sendiri. Banyak lho pengetiknya. Tahun 2000an setelah beliau lengser, ada sulaiman, mas munib, dll”.

 

KESIMPULAN:

Pencatutan nama Gus Dur oleh wakil sekjen DPP Partai Demokrat yang menyatakan bahwa ada kedekatan khusus dengan Rocky Gerung perlu dipertanyakan kembali.

Tidak ada bukti dan sumber yang mendukung bahwa pernyataan kedekatan tersebut benar adanya, juga klafikasi dari Alissa Wahid yang secara terang-terangan menolak hal tersebut.

======

REFERENSI:

twitter.com/AlissaWahid

http://lampung.tribunnews.com/2018/04/14/rocky-gerung-disebut-ghost-writer-nya-gus-dur-putrinya-beri-pengakuan-mengejutkan?page=3

http://www.melekpolitik.com/2018/04/13/hoax-politisi-demokrat-sebut-rocky-gerung-dekat-dengan-gus-dur/amp/?__twitter_impression=true