[BERITA] “Ini Klarifikasi BPPT Soal Kajian Potensi Tsunami Pandeglang”

http://bit.ly/2GJc8Q8

“Ini Klarifikasi BPPT Soal Kajian Potensi Tsunami Pandeglang

Jumat 06 April 2018 20:14 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Andri Saubani

(foto)
[ilustrasi] Papan evakuasi tsunami.
Foto: EPA

BPPT meminta maaf jika hasil kajian akademis telah membuat masyarakat resah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali mengklarifikasi bahwa paparan potensi tsunami di Jawa bagian barat adalah hasil kajian awal. Sumber-sumber tsunami adalah dari gempa bumi megathrust yang peta-petanya telah diterbitkan dalam buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017 yang disusun oleh Pusat Studi Gempa Nasional Puslitbang Perumahan & Pemukiman Balitbang Kementerian PUPR.

Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa, Wahyu W. Pandoe menjelaskan, dalam peta tersebut disebutkan dan digambarkan tiga potensi gempa bumi megathrust di lokasi yang terdekat dengan wilayah kajian yang terdiri atas Enggano (M8.4), Selat Sunda (M8.7), dan West-Central Java (M8.7).

“Tiga potensi gempa bumi ini jika terjadi akan menyebabkan tsunami yang berdampak besar di wilayah Sumatra bagian selatan, Selat Sunda, dan Jawa bagian barat,” ungkap Wahyu di gedung BPPT, Thamrin Jakarta, Jumat (6/4).

Dia menegaskan, potensi tsunami di Jawa bagian barat adalah hasil kajian akademis awal dari simulasi model komputer yang menggunakan sumber tsunami dari gempa bumi dengan berbagai variasi skenario. Potensi skenario terburuk adalah jika tiga gempabumi megathrust terjadi secara bersamaan dengan skala M9 dan menimbulkan tsunami.

“Meskipun ini adalah hasil kajian awal, tetapi telah mengindikasikan adanya potensi tsunami yang besar di sepanjang Pantai Jawa bagian barat,” kata dia.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tetap beraktivitas seperti biasa. Namun, tetap meningkatkan kewaspadaan serta tetap mengacu kepada informasi dari BMKG dan/atau BNPB sebagai lembaga resmi yang mendapat mandat resmi pemerintah untuk memberikan peringatan gempa bumi dan tsunami kepada masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan pemberitaan ini. Permohonan maaf BPPT kepada masyarakat Indonesia yang terdampak sekiranya hasil studi awal potensi tsunami di Jawa bagian barat, yang seharusnya hanya untuk konsumsi akademis ini, telah membuat keresahan masyarakat,” ungkap dia.”

======

Berhubungan dengan post sebelumnya di https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/622937128038826/

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/624696314529574/