[SALAH] Jadwal Perpindahan Maskapai Penerbangan Dari Terminal 2 ke Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta

Menjelang akhir Maret kemarin, beredar informasi melalui media pesan Whatsapp mengenai jadwal perpindahan maskapai internasional dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Informasi tersebut telah diklarifikasi oleh PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta sebagai informasi hoaks. Dilansir dari kontan.co.id dan kompas.com, Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Revianto mengatakan, pesan yang beredar tidak benar dan sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Adapun, Erwin menambahkan, proses finalisasi perpindahan airlines ke Terminal 3 hingga kini masih tahap rencana.

=====

Kategori: Hoaks

=====

Sumber: Media Pesan Whatsapp

=====

Narasi:

Bentuknya berupa gambar yang di dalamnya diinformasikan jadwal perpindahan maskapai internasional dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Informasi tersebut seperti, Malaysia Airlines pindah tanggal 9 April 2018, Turkish Airlines dan Oman Air pindah pada 21 April, Thai dan Srilankan Airlines pindah pada 1 Mei 2018, dan seterusnya.

=====

Penjelasan Lengkap:

Mendekati akhir bulan Maret 2018 kemarin, beredar informasi melalui media pesan Whatsapp mengenai jadwal perpindahan maskapai internasional dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Informasi berupa infografis itu telah mendapat tanggapan dari PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator Bandara Soekarno-Hatta. Melalui Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II menyatakan informasi itu adalah hoaks.

Dilansir dari kontan.co.id dan kompas.com, Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Revianto mengatakan bahwa informasi itu berasal dari sumber yang tidak jelas dan bukan berasal dari Angkasa Pura II.

“Sejak kemarin hingga hari ini (29/3) telah beredar time schedule perpindahan yang menggunakan logo Bandara Soekarno-Hatta dan PT Angkasa Pura II, kami pastikan itu tidak sepenuhnya benar atau hoaks,” ujar Erwin.

Atas tersebarnya informasi tersebut, Erwin mengimbau, pengguna jasa diharapkan tetap mengamati informasi yang selalu disiarkan secara resmi melalui siaran pers, videotron, serta akun media sosial PT Angkasa Pura II serta Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun, Erwin menambahkan, proses finalisasi perpindahan airlines ke Terminal 3 hingga kini masih tahap rencana.

“Jika sudah final dan atas persetujuan dengan pihak airlines, kami baru akan menyampaikan dengan terlebih dahulu disosialisasikan secara bertahap,” terang Erwin.

=====

Referensi:

http://industri.kontan.co.id/…/informasi-perihal-jadwal-per…
https://ekonomi.kompas.com/…/ap-ii-info-jadwal-perpindahan-…