[EDUKASI] “Beberapa Tips Untuk Mengurangi Rasa Khawatir Menggunakan Facebook”

“Tidak perlu menghapus akun Facebook, beberapa tips ini bisa mengurangi rasa khawatir menggunakannya.”

“1. Hapus preferensi iklan, kamu bisa mengunjungi link ini untuk melakukannya https://www.facebook.com/ads/preferences, ada beberapa pengaturan yang bisa kamu ubah. Salah satunya adalah informasi ini: “(foto, silakan cek tangkapan layar ke dua)

“2. Berhenti menggunakan dua fungsi ini, perasaan dan check-in. Kedua fungsi ini dimanfaatkan untuk mendapatkan profil tentang sikap, suasana hati, serta lokasimu. Data ini lah yang pernah dimanfaatkan oleh Cambridge Analytica”

“3. Nonaktifkan fitur facial recognition. Menuju pengaturan (di Facebook) lalu pilih Linimasa dan Penandaan, cek beberapa pengaturan yang bisa kamu ubah di penandaan.”

“4. Kuatkan setelan privasimu. Ini paling sederhana, setel privasimu pada laman profil agar hanya bisa dilihat oleh teman saja, atau teman dari teman.”

“5. Hapus aplikasi pihak ketiga yang tidak berguna. Bocornya data yang dipakai oleh Cambridge Analytica ternyata berasal dari aplikasi “thisisyourdigitallife” semacam kuis-kuis yang biasa dipakai pengguna Facebook, revoke akses mereka dengan menuju pengaturan > aplikasi”

“6. Kurangi aktifitas “Log in with Facebook”. Memang fitur ini sangat berguna bagi kamu yang malas mendaftar sebuah aplikasi atau website baru. Namun, setelah kamu melakukannya, aktifitasmu akan terkam oleh kedua belah pihak.”

“7. Buat ponselmu sulit untuk diretas. Akses ke mikrofon, kamera bisa dilakukan dari jauh jika ponselmu sudah diretas. Penggunaan geo-tagging pada Instagram atau mengizinkan penggunaan mikrofon pada aplikasi messenger adalah penyulutnya.”

======

REFERENSI
https://mobile.twitter.com/PoliTwika/status/978815150432989184

======

SUMBER
https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/619878741677998/