[SALAH] “Pose Dua Jari ‘Peace’ Rentan Duplikasi Sidik Jari”

Prosesnya tidak semudah seperti yang diberitakan: ambil foto lalu terjadi duplikasi sidik jari. Diperlukan jenis pencahayaan yang tepat untuk mengambil foto yang bisa menangkap pola sidik jari, lalu hasil pengambilan tersebut dicetak ke media yang akan digunakan untuk meniru sidik jari tersebut, setelah itu harus ada akses fisik ke sensor sidik jari di perangkat yang ingin diretas. Snopes.com memasukkan hal ini ke kategori “tidak terbukti”, selain itu artikel dan berita-berita yang temanya sama tidak lama setelah dipublikasikan sudah tidak bisa diakses.

======

KATEGORI
Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.
(2) https://goo.gl/mmAHJ4, sudah dibagikan 100.319 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“hilangkan berselfi dengan dua jari atau yang di sebut peace ( damai ) krn dengan selfi atau berfose seperti itu Akan terdeteksi sidik jari kita oleh para oknum yg tdk bertanggung jawab. …
SILAHKAN TONTON VIDEO INI
SEMOGA BERMANFAAT. .”

======

REFERENSI

(1) Mashable: “Kabar baiknya: “Benar-benar tidak semudah itu”
Menurut Jason Chaikin, Presiden perusahaan verifikasi biometrik Vkansee , penghalang masuk yang tinggi bagi para pencuri ini membuat kejahatan tidak sebanding dengan waktu. Ini adalah proses multistep yang rumit, dengan cetakan dan model yang diperlukan untuk membuat ulang jempol cetak yang sebenarnya setelah mereka diangkat secara digital.

“Pada akhirnya, itu benar-benar tidak mudah,” katanya kepada Mashable .

“Jika Anda melihat 100 gambar orang-orang yang menatap kamera megapiksel yang berkedip pada tanda, mungkin kurang dari 30 persen memiliki jenis pencahayaan yang tepat. Kedua, jika Anda memiliki gambar yang berfungsi, ada keahlian nyata untuk dapat mengambil foto. itu, ukur, bawa ke dalam aplikasi lain dan cetak dalam skala yang tepat dengan bentuk yang tepat dan kemudian transfer itu ke cetakan untuk kemudian membuat kesan. ”

Apa yang benar-benar membuat pencurian sidik jari mustahil adalah bahwa pencuri sebenarnya perlu secara fisik memiliki titik entri biometrik untuk membobol perangkat. Tentu, mereka mungkin bisa mendapatkan akses ke informasi sidik jari Anda setelah melakukan peretasan dan kerja keras, tetapi mereka akan membutuhkan tombol home iPhone Anda, misalnya, untuk mendapatkan akses ke sistem.

Menanggapi ancaman keamanan ini, Chaikin mengatakan perusahaan biometrik dan pembuat ponsel sama-sama menaikkan standar keamanan mereka. Perusahaannya membaca cetakan dengan resolusi 2000dpi, jauh di atas 500dpi standar. Lainnya bereksperimen dengan sensor yang menangkap pulsa dan berbagai tingkat tekanan ketika mereka membaca cetakan, yang dapat membantu menyingkirkan palsu.”

(Google Translate, selengkapnya di https://goo.gl/dva7Zc. Tautan ke artikel dengan bahasa asli (English): https://goo.gl/Yv4hNm).

——

(2) Snopes: “Mencetak Mengkhawatirkan

Dua artikel menggembar-gemborkan teknologi pencurian anti sidik jari menggebrak gelombang klaim bahwa peretas menduplikasi cetakan untuk mencuri identitas.

KLAIM
Peretas dapat mengekstraksi sidik jari dari selfie tanda perdamaian dan mencuri identitas orang. Lihat Contoh

RATING
BELUM TERBUKTI

ASAL

Pada 9 Januari 2017, gerai Jepang Shankei Shimbun menerbitkan sebuah artikel yang menyatakan bahwa peretas dapat menggunakan tanda-tanda perdamaian di narsis untuk mendapatkan sidik jari orang dan membahayakan keamanan biometrik mereka. Tidak lama setelah itu, artikel (dan cerita lain tentang topik yang sama) menjadi tidak dapat diakses.

Salinan yang diambil dari artikel Shankei Shimbum (diterjemahkan) melaporkan:

Memposting foto yang diambil dengan wajah dan tangan Anda di internet dapat menyebabkan individu dan sidik jari diidentifikasi. Selebritas di mana gambar sering ditampilkan sangat berbahaya untuk ditargetkan. Bahkan jika Anda tidak tunduk pada itu sendiri, ada juga risiko tercermin dalam foto-foto yang diambil oleh orang lain tanpa disadari.

Selain sidik jari, autentikasi ponsel cerdas juga menggunakan gambar wajah, iris mata yang memiliki pola berbeda di antara orang-orang. Informasi biometrik seperti itu juga digunakan untuk organisasi administratif dan kontrol masuk / keluar. Di masa lalu, untuk mencuri informasi biometrik individu, perlu untuk mengambil foto di dekat orang tersebut.

Namun, ketika informasi biologis tersedia di Internet, rintangan turun sangat banyak bagi para penjahat. Dalam eksperimen Institut Informatika Nasional, ditemukan bahwa bahkan gambar yang diambil pada jarak 3 meter dapat dibaca, dan memposting foto-foto “self-shot” di internet dengan mudah dicuri.

Artikel asli kurang tentang bahaya pencurian identitas menggunakan sidik jari, dan lebih banyak tentang upaya Institut Nasional Informatika untuk mengembangkan teknologi yang berpotensi mencegah pencurian tersebut di masa depan. Profesor dan peneliti Isao Echizen, yang bekerja di lab, mengatakan kepada media:

Informasi biometrik seperti sidik jari tidak dapat diubah selama masa hidup; Saya ingin mendidik mereka tentang cara melindungi mereka.

Artikel itu tidak secara eksplisit menyebutkan potensi para peretas untuk mencuri identitas, tetapi ketika klaim itu disaring ke dalam pers berbahasa Inggris, itu sangat membengkak menjadi klaim yang mengkhawatirkan:

Bagaimana selfie ANDA memungkinkan penjahat mencuri identitas Anda … dengan memperbesar FINGERS Anda: lensa HD berarti pencuri dapat meniru sidik jari Anda

Orang-orang yang mengunggah foto ke media sosial telah didesak untuk tidak menimbulkan tanda perdamaian karena penjahat dapat menggunakannya untuk melakukan pencurian identitas.

Selebriti dilihat sebagai mereka yang memiliki risiko tertinggi, tetapi dengan teknologi sidik jari meningkat, ponsel pintar orang-orang terlihat rentan dan penipu bahkan bisa masuk ke tempat kerja … Profesor Echizen melakukan eksperimen, yang menyimpulkan data dapat dipindai dari jarak tiga meter jika ujung jari terpapar.

Kutipan ini menjelaskan apa yang berpotensi mungkin, bukan apa yang seharusnya terjadi. Informasi tentang peran Echizen tentang teknologi pencurian anti sidik jari ditinggalkan sepenuhnya, meninggalkan kesan bahwa informasi itu muncul semata-mata sebagai peringatan keselamatan, bukan sebagai berita bisnis tentang teknologi yang sedang berkembang. Juga hilang dari laporan kemudian adalah pernyataan yang dibuat oleh Echizen tentang keamanan sidik jari dan kemajuan teknologi:

“Data sidik jari dapat diciptakan kembali jika sidik jari fokus dengan pencahayaan yang kuat dalam gambar,” kata Echizen kepada Yomiuri TV.

Dia menambahkan bahwa teknologi canggih tidak diperlukan dan siapa pun bisa dengan mudah menyalin sidik jari.

Namun NII mengatakan telah mengembangkan film transparan yang mengandung titanium oksida yang dapat melekat pada jari-jari untuk menyembunyikan sidik jari mereka, kata laporan itu.

Film ini mencegah pencurian identitas tetapi tidak mengganggu sidik jari yang efektif dalam verifikasi identitas, Sankei Shimbun melaporkan.

Meskipun artikel-artikel tersebut secara rutin mengacu pada “ pencurian identitas ” (biasanya ditafsirkan sebagai penggunaan akun keuangan dan dokumen identifikasi pribadi yang tidak sah), artikel-artikel tersebut juga menggambarkan situasi hipotetis di mana passcode sidik jari berpotensi untuk direplikasi. Dalam contoh tersebut, “peretas” akan membutuhkan perenderan sidik jari dan perangkat pribadi milik target mereka (seperti smartphone atau titik akses penjualan) untuk melakukan kerusakan apa pun:

Ini bukan pertama kalinya kami diperingatkan untuk tidak memfoto jari-jari kami. Pada tahun 2014, seorang peretas mendemonstrasikan hampir persis teknik yang dijelaskan di atas, di mana sidik jari seorang politisi Jerman direplikasi dari foto yang diambil di depan umum, dari jarak sekitar tiga meter. Cetakan 3D sidik jari dibuat dari gambar, yang dapat digunakan untuk membuka kunci telepon yang aman.

Tidak ada bukti yang disajikan untuk menunjukkan bahwa peretas saat ini menggunakan foto untuk menggandakan sidik jari untuk melakukan kejahatan atau mencuri identitas. Profesor itu mengutip kemungkinan bekerja dengan laboratorium yang mengembangkan teknologi untuk mengamankan sidik jari, dan mencatat bahwa teknologi apa pun tidak perlu disalin, karena orang meninggalkannya di permukaan sepanjang hari.

Meskipun ada kemungkinan bahwa perangkat berpotensi dikompromikan, berita utama yang dilebih-lebihkan membuat ancaman terdengar lebih masuk akal dan segera daripada yang dilakukan oleh profesor dengan penemuan baru.”

(Google Translate, https://goo.gl/p9LvsZ. Tautan ke artikel dengan bahasa asli (English): https://goo.gl/gogjH9).

——

(3) https://goo.gl/NU6Cib, “Waspada, Selfie dengan Pose Dua Jari Rentan Diretas Hacker

Jeko I. R.
13 Jan 2017, 20:30 WIB

(foto)
Ilustrasi foto selfie dengan peace pose. (Sumber: Mirror)

Liputan6.com, Tokyo – Foto selfie dengan pose dua jari (atau lebih sering disebut peace pose) ternyata rentan terkena serangan hacker. Pasalnya, para hacker memanfaatkan biometrik sidik jari pengguna yang diperlihatkan di foto untuk disalahgunakan.

Sebagaimana dilaporkan laman Mirror pada Jumat (13/1/2017), para peneliti di National Insitute of Informatics (NII) Jepang menemukan bahwa ukuran sidik jari manusia bisa dilihat secara jelas–bahkan lewat foto sekalipun–dari jarak tiga meter.

“Peace pose adalah gaya selfie yang mendunia. Di Jepang, pose ini juga populer. Sayangnya, kebanyakan tidak menyadari bahwa jari yang mereka perlihatkan bisa dimanfaatkan sejumlah pihak yang tak betanggung jawab,” kata Profesor Isao Echizen, peneliti keamanan dan media digital NII kepada harian Sankei Shimbun.

“Para hacker akan memanfaatkan metode biometrik sidik jari, di mana mereka akan mengurai dan mengimitasinya ke dalam salinan desain sidik jari yang baru. Singkat kata, mereka memalsukan sidik jari orang-orang hanya dengan melihat skema biometrik sidik jari korban,” Echizen meneruskan.

Meski begitu, para peneliti tengah berupaya untuk menciptakan proteksi agar para hacker tak dapat memalsukan sidik jari lewat foto. Solusi yang ditawarkan adalah menciptakan lensa dengan film titanium oxide transparan agar biometrik sidik jari pengguna tak lagi bisa dilihat dari foto.

Seperti diketahui, teknologi pemindaian sidik jari diklaim dapat memudahkan pengguna mengoperasikan smartphone. Sayangnya, pada Agustus 2015, sebuah cara baru untuk mencuri sidik jari ditemukan secara jarak jauh dan dalam skala besar.

Selain itu, kebanyakan smartphone memiliki sensor yang tidak terenkripsi, sehingga memungkinkan malware mendapatkan gambar langsung dari pemindai sidik jari. Yang menarik, smartphone Apple ternyata cukup aman, karena mereka mengenkripsi data sidik jari dari pemindai.

(Jek/Isk)”.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/618874261778446/