[KLARIFIKASI] UNIVERSITAS SEBELAS MARET NYATAKAN TAK ADA PENCABUTAN PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI

SUMBER : MEDIA DARING

PENJELASAN : Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo menyatakan bahwa tidak ada pencabutan penerima beasiswa bidikmisi bagi mahasiswa. Sempat beredar kabar bahwa ada pencabutan terkait penerimaan beasiswa Bidikmisi. Hal tersebut bermula dari adanya laporan yang diajukan oleh mahasiswa bernama Arief Noer Prayogi dari BEM Fisip UNS. Arief melapor sekaligus meminta bantuan kepada IKA Fisip lantaran pengajuannya atas beasiswa Bidikmisi jalur mandiri dan diploma ditolak.

Mendengar adanya kabar yang mulai simpang siur, pihak UNS pun langsung melakukan klarifikasi. Melansir dari solopos.com, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS Solo, Darsono, ia mengatakan jika mahasiswa yang telah menerima beasiswa Bidikmisi akan tetap berjalan. Beasiswa Bidikmisi sendiri merupakan beasiswa yang diajukan mahasiswa secara akademik. Namun hal tersebut bukan berarti secara keseluruhan akan langsung diterima.

Setelah melakukan pengajuan, proses akan dilanjutkan ke tahap seleksi yang dilakukan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dan bagi mahasiswa yang mengajukan beasiswa, mereka juga telah menandatangani perjanjian diatas materai. Bahwasanya bila tidak diterima dalam program beasiswa tersebut, maka mahasiswa akan membayar uang kuliah secara tunggal (UKT).

Daryono menambahkan, jika UNS hanyalah operator yang melakukan verifikasi program beasiswa Bidikmisi. Sedangkan untuk yang menentukan seseorang layak menerima atau tidak adalah Kemenristekdikti. Daryono juga menyatakan bahwa ini hanyalah kesalahpahaman saja dari pihak BEM Fisip, dengan peraturan penerimaan beasiswa Bidikmisi yang sudah berlaku selama ini.

REFERENSI :

http://www.solopos.com/…/beasiswa-bidikmisi-dicabut-ini-kla…