[SALAH] “Orang-orang China di Terminal 1C Cengkareng Malam Ini”

“Pertama, kita tidak bisa benar-benar tahu profesi seseorang berdasarkan ciri-ciri fisiknya. Soal badan tegap potongan tentara (cepak), tidak sulit menemukan yang serupa, misalnya di pusat kebugaran. Tidak semua orang yang tegap dan rambutnya cepak potongan tentara pasti berarti yang bersangkutan memang betul tentara.”, selengkapnya di bagian REFERENSI.

======

KATEGORI
Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.
(2) https://goo.gl/tNHjC4, sudah dibagikan 1.077 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Orang-orang China di terminal 1C Cengkareng malam ini. 01.24 Wib, Rabu, 21 Maret 2018.

Mereka pekerja atau NANANINA…?
(Cepak & Tegap)
Waspada boleh, Su’udzon jangan 😊”.

======

REFERENSI

Post sebelumnya di https://goo.gl/Ftw1rP, [DISINFORMASI] “Ternyata Mereka Sudah didepan Mata Badan Tegap Potongan Tentara Berbahasa Mandarin”:

“Pertama, kita tidak bisa benar-benar tahu profesi seseorang berdasarkan ciri-ciri fisiknya. Soal badan tegap potongan tentara (cepak), tidak sulit menemukan yang serupa, misalnya di pusat kebugaran. Tidak semua orang yang tegap dan rambutnya cepak potongan tentara pasti berarti yang bersangkutan memang betul tentara.”

“Keempat, kalau memang curiga dengan orang asing, misalnya soal overstay, seharusnya lapor. Sudah ada fasilitas daring (online), kontaknya juga jelas (selengkapnya cek bagian REFERENSI), jadi kalau memang niat lapor caranya tidak terlalu sulit. Jadi yang perlu dilakukan adalah lapor, bukan malah bikin status di Facebook.”

“Kelima dan terakhir, tidak sulit membuat framing seperti ini. Kita cukup ada di pusat keramaian, contohnya di Bandara, tinggal cari kumpulan orang-orang yang ciri-ciri fisiknya cocok dengan framing yang kita mau, ambil foto, kasih narasi, sudah jadi. Di status tersebut kebetulan bahannya tentara, bisa saja lain kali ada yang framing menuduh sekelompok perempuan cantik yang sedang berkumpul: ambil foto, bikin status, dinarasikan mereka adalah anggota Girl Band. Padahal tidak semua perempuan cantik adalah anggota Girl Band.”

“Kesimpulan: inti dari status tersebut adalah menyebarkan berita yang tidak jelas kebenarannya.”

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/616861435313062/