[SALAH] “Batu Calcium Oxalate di Ginjal Karena Suka Sekali Konsumsi Soft Drinks”

“Secara keseluruhan, risiko pembentukan batu dari minuman soda tampaknya dipertanyakan. Jika benar, risiko ini hanya berlaku untuk asam fosfat yang mengandung soda, kebanyakan ditemukan dalam soda berwarna gelap.”, jadi bukan minuman bersoda secara keseluruhan atau semuanya, hanya yang mengandung asam fosfat saja. Selengkapnya di poin (1) bagian REFERENSI.

“Pada akhirnya, kami merasa bahwa alih-alih memusatkan perhatian pada jenis cairan yang mereka minum, kebanyakan pembentuk batu ginjal paling baik dilayani dengan memusatkan perhatian pada keseluruhan volume – bukan minuman yang Anda minum, melainkan seberapa banyak Anda minum . Konon, mengingat hubungan antara minuman soda dan obesitas, kita merasa bahwa minum air putih selalu menjadi alternatif yang lebih baik “, yang artinya: secara umum air putih adalah minuman yang lebih baik.

“Tapi jika Anda tidak yakin – atau jika Anda hanya ingin berhati-hati terhadap semua jenis batu ginjal – aturan yang baik adalah menjauhi terlalu banyak makanan asin dan daging dan protein hewani lainnya. Dan jangan lupa minum banyak air. Ini membantu mencairkan limbah dalam urin Anda untuk membuat batu lebih sulit terbentuk.”, selengkapnya di poin (3) bagian REFERENSI.

======

KATEGORI
Disinformasi.

======

SUMBER
Pesan berantai Whatsapp.

======

NARASI

“Ginjal seorang pasien yg baru diangkat krn mengalami pembengkakan. Dalam ginjal ditemukan banyak sekali batu/calcium oxalat. Pasien ini suka sekali mengkonsumsi soft drinks. Smoga jd pembelajaran buat kita semua. Anak2 harap dihindarkan dari soft drinks”.

======

REFERENSI

(1) KidneyStoners.org: “Secara keseluruhan, risiko pembentukan batu dari minuman soda tampaknya dipertanyakan. Jika benar, risiko ini hanya berlaku untuk asam fosfat yang mengandung soda, kebanyakan ditemukan dalam soda berwarna gelap. Bangkul ginjal yang ingin bermain aman bisa memilih untuk menghindari cola dan memilih soda non-cola atau minuman non-soda lainnya. Pembentuk batu ginjal cola-loving mungkin memilih cola yang tidak menggunakan asam fosfat. (Anda dapat dengan mudah memeriksa apakah ini ada di minuman Anda dengan membaca daftar bahan di sisi botol atau kaleng). Beberapa merek cola yang kami temukan yang tidak menggunakan asam fosfat termasuk Pepsi Natural dan Red Bull Cola *.

Pada akhirnya, kami merasa bahwa alih-alih memusatkan perhatian pada jenis cairan yang mereka minum, kebanyakan pembentuk batu ginjal paling baik dilayani dengan memusatkan perhatian pada keseluruhan volume – bukan minuman yang Anda minum, melainkan seberapa banyak Anda minum . Konon, mengingat hubungan antara minuman soda dan obesitas, kita merasa bahwa minum air putih selalu menjadi alternatif yang lebih baik yang tidak memiliki kalori dan murah jika Anda menggunakan variasi yang disaring atau keran.

* Kami tidak mendukung (atau mengkritik) merek soda tertentu dan hanya menggunakan nama merek dalam artikel ini sebagai contoh.”

Google Translate, selengkapnya di https://goo.gl/rhH3Jj. Tautan ke laman dengan bahasa asli (English): https://goo.gl/FxY727.

——

(2) NCBI (National Center for Biotechnology Information): “Hasil

Minum 2 atau lebih cola per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal kronis (adjusted odds ratio = 2,3; 95% confidence interval = 1,4 -3,7). Hasilnya sama untuk radang biasa (2,1; 1,3-3,4) dan karkas buatan (2.1; 0.7-2.5). Minuman berkarbonasi noncola tidak terkait dengan penyakit ginjal kronis (0,94; 0,4 -2,2).

Kesimpulan

Hasil awal ini menunjukkan bahwa konsumsi cola dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

Prevalensi penyakit ginjal kronis lebih dari dua kali lipat dari tahun 1988 sampai 2001, yang mempengaruhi lebih dari 20 juta orang dewasa di Amerika Serikat. 1 , 2 Karena kejadian penyakit ginjal dan biaya perawatan kesehatan yang terkait diperkirakan akan terus meningkat, 3 , 4 mengidentifikasi faktor risiko yang dapat dimodifikasi adalah prioritas kesehatan masyarakat. 5 , 6

Faktor risiko penyakit ginjal yang terdokumentasi dengan baik termasuk diabetes, hipertensi, dan riwayat keluarga. 7 , 8 Batu ginjal juga dapat meningkatkan risiko, 9 dan konsumsi minuman ringan telah dikaitkan dengan diabetes, 10 hipertensi, 11 dan batu ginjal. 12 – 14 Minuman Cola, yang diasamkan dengan asam fosfat, telah dikaitkan dengan perubahan urin yang dikenal untuk mempromosikan batu ginjal. 13 , 15 , 16 Rekomendasi saat ini untuk pasien dengan penyakit ginjal atau batu ginjal termasuk menghindari minuman cola, 17 , 18 namun ada bukti terbatas untuk mendukung rekomendasi ini.

Dalam tulisan ini, kami meneliti hubungan antara asupan minuman berkarbonasi dan penyakit ginjal kronis.”

Google Translate, selengkapnya di https://goo.gl/y3NTq9. Tautan ke laman dengan bahasa asli (English): https://goo.gl/Z7DBRx

——

(3) Web MD: “Bisakah Apa yang Anda Makan Memberi Anda Batu Ginjal?

Batu ginjal adalah persisnya – massa keras mineral dan garam yang terbentuk di ginjal . Makanan dan minuman tertentu mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kristal-kristal yang kadang-kadang terasa sakit ini. Batu-batu itu datang dalam beberapa jenis, dan makanan yang tidak begitu baik untuk satu jenis mungkin tidak baik untuk dimakan jika Anda memiliki jenis yang lain.

Jika Anda memiliki batu ginjal, tanyakan kepada dokter Anda apakah itu. Itu akan membantu Anda mengetahui makanan mana yang harus dihindari.

Tapi jika Anda tidak yakin – atau jika Anda hanya ingin berhati-hati terhadap semua jenis batu ginjal – aturan yang baik adalah menjauhi terlalu banyak makanan asin dan daging dan protein hewani lainnya.

Dan jangan lupa minum banyak air . Ini membantu mencairkan limbah dalam urin Anda untuk membuat batu lebih sulit terbentuk.

Batu Kalsium Oksetan
Lebih banyak orang mendapatkan jenis ini daripada yang lain. Ini terbentuk saat kalsium dalam kencing Anda dikombinasikan dengan oksalat, zat kimia yang alami dalam banyak makanan.

Jika Anda memiliki salah satu dari ini, hati-hati:

Makanan tinggi oksalat. Banyak tanaman mengandung oksalat, jadi sulit untuk menghindarinya sama sekali. Tapi beberapa makanan memiliki lebih dari yang lain. Cobalah untuk membatasi:

bayam
Perkelahian
Kacang almond dan kacang mete
Sup miso
Bubur jagung
Kentang panggang dengan kulit
Bit
Bubuk kokoa
Okra
Serealia Bran dan sereal gandum yang diparut
kentang goreng
Raspberi
Pemanis Stevia
Ubi jalar

Jika Anda makan atau minum makanan kaya kalsium pada saat yang bersamaan, mereka dapat membantu tubuh Anda mengatasi oksalat tanpa mengubahnya menjadi batu ginjal . Jadi pasangkan salad bayam Anda dengan keju rendah lemak. Atau campur kacang atau beri ke yogurt. Minum susu tidak menyebabkan batu ginjal.

Garam. Jika Anda makan banyak sodium, yang merupakan ramuan dalam garam, itu meningkatkan jumlah kalsium dalam urin Anda. Begitu Anda selesai makan, ada tambahan “batang” oksalat ke kalsium di ginjal . Itu bisa menghasilkan batu. Jadi batasi makanan kaleng, daging kemasan, makanan cepat saji, dan bumbu dalam makanan Anda.

Protein hewan Batasi daging sapi, babi, telur , keju, dan ikan , karena bisa meningkatkan kemungkinan Anda terkena kebanyakan jenis batu ginjal.

Vitamin C. Terlalu banyak bisa membuat tubuh Anda menghasilkan oksalat. Jadi jangan mengkonsumsi lebih dari 500 mg sehari.

Batu Kalsium Fosfat
Bentuk ini saat kalsium dalam urin dikombinasi dengan mineral fosfor. Jika Anda memiliki salah satu dari ini, Anda tidak perlu khawatir tentang oksalat. Tapi perhatikan:

Makanan protein hewani-kaya:

Daging organ, seperti hati ayam atau sapi
Susu, keju, dan produk susu lainnya
Telur
makanan laut
Makanan yang bisa membuat urine lebih basa , diantaranya:

Jus buah segar (kecuali jeruk, cranberry, dan nektarin)
Jus sayuran
Gula tetes
Makanan olahan Fosfor adalah aditif dan pengawet umum. Jadi batasi makanan cepat saji, botol herba, makanan beku, dan makan siang. Baca label bahan yang dimulai dengan “phos”.

Sodium . Kebanyakan orang Amerika sudah terlalu banyak. Bertujuan untuk tidak lebih dari satu sendok teh garam meja sehari.

Batu asam urat
Anda mendapatkan ini jika kencing Anda terlalu asam. Batu-batu ini mengandung asam urat, zat yang diproduksi tubuh saat memecah bahan kimia dalam makanan. Berbeda dengan batu kalsium oksalat dan kalsium fosfat, sodium bukan masalah khusus disini.

Protein hewan Makan terlalu banyak daging merah, unggas, telur, dan kerang melakukan dua hal. Itu membuat tubuh Anda membuat lebih banyak asam urat. Dan itu bisa merampok sistem sitrat Anda, zat yang membantu menjauhkan batu ginjal dan mungkin menjaga agar tetap ada dari tumbuh.

Untuk mendapatkan cukup protein, Anda bisa menukar daging dan unggas Anda untuk:

Kacang, kacang polong kering, kacang lentil, dan kacang tanah
Susu kedelai, mentega kedelai, dan tahu
Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kenari, dan kacang mete
Minuman manis Tart minuman seperti limun, limeade, dan jus buah secara alami tinggi sitrat yang membantu menjaga batu ginjal di teluk. Tapi tunggu dulu makanan dan minuman yang dibumbui dengan gula atau, terutama sirup jagung fruktosa tinggi. Mereka bisa menyebabkan batu.

Alkohol . Hal itu bisa membuat kadar asam urat dalam darah Anda naik.

Batu sistik
Ini berasal dari kondisi yang berjalan dalam keluarga. Ini membuat zat alami yang disebut sistein bocor ke dalam urin Anda. Batu sistin cenderung lebih besar dari jenis lainnya. Jika Anda memilikinya, Anda mungkin memiliki yang lain.

Beberapa masalah yang dapat Anda perhatikan:

Terlalu sedikit air . Minum banyak air untuk membantu mencegah sistin dari pembentukan batu.

Terlalu banyak asam. Batu sistin tumbuh lebih mudah dalam kencing asam. Itu kebalikan dari batu kalsium fosfat, yang disukai air seni alkalin. Jadi untuk jenis batu ini, hindari rasa lapar Anda akan daging dan makan lebih banyak buah dan sayuran , yang memiliki kadar asam lebih rendah.

Sodium : Sekali lagi, cobalah untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi kentang goreng, sup kalengan, daging kemasan, dan makanan asin lainnya.

Referensi Medis WebMD Ditinjau oleh Minesh Khatri, MD pada 14 September 2017″.

Google Translate, https://goo.gl/5eT5vQ. Tautan ke laman dengan bahasa asli (English): https://goo.gl/cQJLTV.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/614463495552856/