[BENAR] Klarifikasi Survei Calon Wakil Presiden Paling Disukai Masyarakat Bukan Dikeluarkan Lembaga Survei Indonesia

Beredar infografis Survei Calon Wakil Presiden Paling Disukai Masyarakat. Dalam infografis itu, dituliskan rilis survei itu dibuat oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Faktanya, Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia dan Peneliti Senior di Lembaga Survei Indonesia, mengklarifikasi dalam akun twitternya pada 29 Januari 2018 bahwa infografis tersebut tidak dikeluarkan oleh Lembaga Survei Indonesia, melainkan Lingkaran Survei Indonesia yang didirikan oleh Denny JA, mantan Direktur Lembaga Survei Indonesia. Perihal kesalahan itu, masyarakat memang masih sering sulit membedakan antara Lembaga Survei Indonesia dengan Lingkaran Survei Indonesia karena saat disingkat keduanya memakai singkatan yang sama, yakni LSI.

=====
Kategori: Klarifikasi

=====
Isi Klarifikasi Lengkap:

Pada bulan Januari 2018, beredar infografis Survei Calon Wakil Presiden Paling Disukai Masyarakat. Dalam infografis tersebut, muncul beberapa nama, yakni Muhaimin Iskandar, Dr. KH. M. TGB Zainul Majdi, Sohibul Iman, Zulkifli Hasan, dan Romahurmuzi. Pada bagian yang mengeluarkan rilis infografis itu tertulis bahwa rilis tersebut dibuat oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Infografis itu pun kini kembali beredar sebagai pesan berantai.

Faktanya, hasil survei yang ditampilkan oleh infografis tersebut bukan dikeluarkan oleh LSI. Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia dan Peneliti Senior di LSI, mengklarifikasi hal tersebut pada cuitannya di Twitter tertanggal 29 Januari 2018 yang menyatakan bahwa hasil survei pada infografis itu tidak dikeluarkan oleh LSI. “Poster ini menyebar ke grup-grup WA dan Facebook. Sekali lagi kami tegaskan @LSI_Lembaga tak pernah membuat survei seperti ini. Mohon nama @LSI_Lembaga dicabut dari grafis itu,” cuit Burhanuddin.

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dipastikan bahwa rilis survei itu bukan berasal dari LSI. Setelah melakukan penelusuran, ternyata survei tersebut dikeluarkan oleh Lingkaran Survei Indonesia milik Denny JA (LSI Denny JA). Berdasarkan pemberitaan di liputan6.com (27/1) dan tribunnews.com (28/1), diberitakan LSI Denny JA mengeluarkan rilis survei calon wakil presiden dengan nama-nama yang disebutkan pada infografis yang mencatut nama LSI.

Persoalan salah penamaan siapa yang mengeluarkan rilis survei tersebut dalam infografis disebabkan salah kaprah penamaan singkatan. Sebab, kedua lembaga survei tersebut menggunakan singkatan yang sama, yakni LSI. Padahal, keduanya merupakan lembaga survei yang berbeda. Jika Lembaga Survei Indonesia berdiri pada 17 September 2003, maka Lingkaran Survei Indonesia berdiri sekitar tahun 2005 oleh Denny JA, mantan Direktur Lembaga Survei Indonesia.

=====
Referensi:

https://twitter.com/BurhanMuhtadi/status/958142551466295296
http://news.liputan6.com/…/nama-cawapres-muda-religius-pend…
http://www.tribunnews.com/…/representasi-tokoh-muda-relijiu…
http://lsi.co.id/lsi/denny-ja-qa/
http://www.lsi.or.id/profil/1/profil-lsiprofil-lsi